Buah Yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi (Dok:Popmama.com)

10 Buah yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi

Ester | Kesehatan | 24-06-2022

PARBOABOA – Salah satu nutrisi penting untuk tubuh kita adalah vitamin C. Di bawah ini kami akan memberikan 10 rekomendasi buah yang mengandung vitamin C paling tinggi yang wajib kamu konsumsi untuk kebutuhan nutrisi harian kamu. Buah apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini.

Buah-buahan adalah salah satu makanan pokok Indonesia. Tidak hanya sebagai makanan pokok, namun buah-buahan juga memiliki banyak sekali nutrisi dan vitamin di dalamnya yang baik untuk tubuh.

Salah satu nutrisi yang baik untuk tubuh dan tersedia di dalam buah-buahan adalah vitamin C. Vitamin C termasuk ke dalam antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit-penyakit kronis atauberbahaya.

Tidak hanya itu, vitamin C juga memiliki manfaat lainnya yang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat itu antara lain adalah:

  1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Membantu proses pemulihan seseorang.
  3. Sebagai sumber antioksidan tinggi.
  4. Dapat memproduksi kolagen.
  5. Menjaga kulit agar tetap sehat dan kencang.
  6. Dapat mencegah terjadinya anemia defisiensi besi.
  7. Membantu mengontrol tekanan darah.
  8. Membantu menurunkan kolesterol.
  9. Membantu mencegah penyakit asam urat.
  10. Menurunkan resiko penyakit kronis dan berbahaya.

Setelah mengetahui beberapa manfaat vitamin C yang baik untuk tubuh, tentu kamu sudah paham bukan mengapa vitamin yang satu ini sangat penting. Meskipun memiliki manfaat yang penting untuk tubuh, faktanya buah-buahan menjadi salah satu makanan pokok Indonesia yang jarang dikonsumsi.

Menurut data Southeast Asian Food and Agriculture Science and Technology (SEAFAST) Center, Institut Pertanian Bogor (IPB), tingkat mengonsumsi buah di Indonesia masih tergolong rendah yaitu 180 gram per harinya.

Padahal, asupan buah-buahan di dalam tubuh kita diperlukan sebanyak 400gram perharinya. Di dalamnya juga dibutuhkan asupan Vitamin C harian yang diperlukan tubuh untuk menjaga stamina.

Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C tinggi agar kebutuhan nutrisi harian kamu terpenuhi.

Di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi buah yang mengandung vitamin C tinggi untuk memenuhi asupan harian kamu. Buah apa sajakah itu? Berikut kami berikan ulasannya.

1. Jambu Biji

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa jeruk adalah sumber vitamin C paling tinggi saat ini. Padahal jambu bijilah yang berada di deretan paling tinggi sebagai buah vitamin C. Di dalam satu buah jambu biji, terdapat 200mg asam askorbat, dimana angka tersebut jauh lebih banak dibandingkan yang ada di jeruk.

2. Pepaya

Buah yang mengandung vitamin C selanjutnya adalah papaya. Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa papaya hanya mampu melancarkan BAB. Padahal, kandungan vitamin C di dalmanya termasuk besar yakni 94mg. Angka ini berada lebih tinggi sedikit di atas jeruk.

3. Kiwi

Sudah bukan rahasia lagi jika kiwi adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Di dalam sebuah kiwi terdapat 64mg vitamin C atau setara dengan 71% kebutuhan harian orang dewasa.

4. Jeruk

Jika membahas buah yang mengandung vitamin C tinggi, kita tentu tidak bisa lepas dari jeruk. Memang, jeruklah yang paling dikenal dengan buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. di dalam jeruk terdapat 82,7 mg vitamin C yang setara dengan 91% asupan per hari.

5. Stoberi

Selanjutnya adalah stoberi. Siapa sangka jika buah berwarna merah ini memiliki vitamin C yang tinggi dan baik untuk tubuh. Faktanya, 125gram stroberi mengandung 52mg vitamin C. Meskipun lebih sedikit dibandingkan jeruk, namun stoberi tetap baik untuk dikonsumsi siapa saja.

6. Nanas

Jika kamu bosan dengan buah-buahan yang di atas kamu dapat mencoba menggantinya dengan nanas. Ya, nanas memang dikenal sebagai salah satu buah dengan sumber vitamin C tinggi yakni 79,3mg vitamin C. Angka ini setara dengan 885 kebutuhan harian seseorang dalam mengonsumsi vitamin C.

7. Mangga

Buah selanjutnya adalah mangga. Di dalam mangga terdapat 60mg vitamin C atau detara dengan 66% kebutuhan harian seseorang. Tidak hanya itu, di dalam mangga juga tersedia nutrisi tambahan lainnya yakni serat, fitokimia, dan lain sebagainya.

8. Lemon

Mirip dengan jeruk, lemon adalah salah satu buah yang sudah dikenal memiliki sumber vitamin C tinggi. Di dalamnya terdapat 83mg vitamin C atau yang setar dengan 92% kebutuhan orang dewasa dalam sehari.

9. Leci

Leci adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C namun jarang diketahui banyak orang. Hal itu terbukti dari fakta bahwa di dalam segalas leci terdapat 151% kebutuhan vitamin C seseorang. Vitamin C yang disediakan oleh leci baik untuk sisntesis kolagen dan kesehatan pembuluh darah.

10. Kesemek

Selanjutnya adalah kesemek. Mungkin kamu jarang mengonsumsi buah yang satu ini atau mendengarnya. Buah kesemek adalah salah satu sumber vitamin C tertinggi yang wajib kamu ketahui. Buah ini dapat memberikan asupan hingga 70% vitamin C yang baik untuk tubuh.

Itulah 10 rekomendasi buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. meskipun vitamin C baik untuk tubuh, namun kamu harus tetap memilih buah yang akan kamu konsumsi. Karena, vitamin C umumnya kurang baik dikonsumsi secara berlebih kepada penderita asam lambung.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi buah yang baik untuk asam lambung agar kesehatan kamu tetap terjaga. Semoga ulasan kami dapat bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba!

Tag : #buah    #vitamin c    #kesehatan    #nutrisi    #penyakit    #asam lambung   

Baca Juga