Cara menggunakan toner (Dok: CewekBanget.ID)

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Menggunakan Toner yang Benar

Juni | Kesehatan | 14-05-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Dalam perawatan wajah, salah satu tahapan yang perlu dilakukan secara rutin adalah menggunakan toner. Untuk itu, ketahui cara menggunakan toner yang benar agar bisa memberikan manfaat maksimal.

Toner adalah salah satu produk perawatan kulit dengan bahan utama air. Waktu pemakaian toner biasanya setelah kamu membersihkan wajah dengan sabun pembersih dan sebelum menggunakan rangkaian skincare lainnya seperti moisturizer atau serum.

Lalu, bagaimana cara menggunakan toner yang benar? Simak penjelasan di bawah ini untuk menghindari kesalahan menggunakan toner.

Fungsi Toner

Pada dasarnya, fungsi toner adalah untuk mengangkat sisa-sisa makeup, minyak, dan kotoran yang tertinggal setelah kamu mencuci muka. Namun, pada saat ini toner sudah diformulasikan untuk memberikan manfaat lebih daripada itu.

Toner juga memiliki fungsi penting dalam rangkaian skincare. Cairan tersebut dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti kemerahan, jerawat serta dapat menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkan kulit agar kandungan dari skincare lainnya dapat terserap dengan sempurna.

Kamu juga dapat menemukan toner untuk jenis kulit kering yang mengandung bahan-bahan yang dapat menghidrasi kulit.

Kesalahan menggunakan toner tentunya akan mengurangi khasiatnya bagi kulit. Agar penggunaannya tidak sia-sia, simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menggunakan Toner

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum menggunakan toner, cucilah wajah terlebih dahulu menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit anda. Pastikan wajah anda sudah dalam keadaan bersih, kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih. Kamu cukup menepuk-nepuknya secara perlahan.

  • Pastikan tangan dalam keadaan bersih

Setiap akan melakukan rangkaian perawatan, cucilah tangan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan kotoran baru di wajah.

  • Gunakan kapas

Cara menggunakan toner selanjutnya yaitu dengan memakai kapas. Penggunaan toner dengan kapas sangat direkomendasikan karena kapas berfungsi mengangkat sisa makeup dan kotoran yang mungkin masih tersisa di pori-pori wajah.

Teteskan cairan toner pada kapas, lalu usapkan secara perlahan ke seluruh wajah dan leher. Beri juga sedikit tekanan untuk memberikan rasa segar pada wajah.

Selain itu, terdapat beberapa toner wajah yang di desain dalam bentuk spray sehingga dapat digunakan dengan cara menyemprotkannya ke seluruh wajah secara merata. Tetapi, cara menggunakan toner tanpa kapas kurang efektif mengangkat sisa kotoran di wajah.

  • Tepuk-tepuk secara perlahan

Setelah mengaplikasikan toner, kamu dapat menepuk-nepuk wajah secara perlahan. Hal ini bertujuan agar toner dapat meresap dengan baik. Metode ini diyakini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu wajah terlihat lebih cerah.

  • Gunakan pelembab

Setelah menggunakan toner, sebaiknya gunakan pelembab untuk menghidrasi dan menenangkan kulitmu. Pilihlah pelembab yang sesuai, sehingga kulit wajah anda menjadi lebih sehat.

Itulah penjelasan tentang cara menggunakan toner yang benar. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tag : #kecantikan    #kulit sehat    #kesehatan    #skincare    #perawatan wajah   

Baca Juga