Cara pesan tiket Kereta Api online, foto: Kompas.com

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online untuk Mudik Lebaran

Wanovy | Teknologi | 08-04-2022

PARBOABOA - Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu menjadi terdigilatisasi secara online. Salah satunya adalah pembelian tiket kereta api.

Tak perlu ke stasiun, memesan tiket kereta api sekarang bisa secara online. Untuk memesan tiket secara online, pelanggan kereta api pun bisa memilih saluran yang tersedia.

Moda transportasi kereta api menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk bepergian, termasuk saat mudik lebaran.

Mudik lebaran kali ini akan menjadi mudik perdana setelah dua tahun pemerintah melarang lantaran dikhawatirkan terjadi lonjakan kasus COVID-19.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara memesan tiket kereta api online melalui saluran yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Setidaknya ada dua saluran yang disediakan oleh KAI untuk pemesanan tiket online, yaitu website booking.kai.id dan aplikasi KAI Access.

Lalu bagaimana cara pemesanan tiket kereta api? Bagaimana dengan pemesanan tiket khusus lebaran? Apa saja syarat yang harus disiapkan sebelum bepergian saat mudik? Berikut ulasannya.

Pemesanan Tiket Kereta Api Via KAI Access-Website KAI

Pemesanan tiket kereta api, termasuk untuk mudik lebaran 2022 dapat dilakukan secara online melalui aplikasi ataupun website resmi KAI. Berikut cara memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access:

1. Pastikan sudah mengunduh aplikasi KAI Access di Playstore atau Appstore

2. Jika belum memiliki akun, buat akun KAI Access terlebih dahulu

3. Masuk dengan akun yang sudah dimiliki

4. Jika sudah, langsung lakukan pemesanan tiket kereta api dengan memilih Stasiun Asal dan Stasiun Tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang

5. Kemudian klik 'cari'. Nantinya akan ada daftar kereta dari berbagai jadwal keberangkatan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Jika sudah klik dan langsung lakukan pemesanan.

6. Isi data diri berupa data pemesan dan data penumpang.

7. Calon penumpang juga dapat memilih kursi jika masih tersedia dengan cara klik 'Pilih Kursi' dan kemudian klik 'Simpan'

8. Kemudian lanjutkan dan lakukan pembayaran dengan cara klik 'Bayar Sekarang'. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang nama hingga waktu keberangkatan sudah sesuai.

9. Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran segera.

10. Jika sudah selesai, kamu akan diberikan kode booking untuk nantinya ditukarkan dengan tiket di stasiun keberangkatan.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online dari Website

Cara pesan tiket kereta api juga bisa dilakukan secara online melalui website resminya booking.kai.id. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka browser di HP atau PC

2. Masuk ke laman booking.kai.id

3. Ketik nama stasiun asal dan stasiun tujuan

4. Pilih tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang

5. Klik “Cari & Pesan Tiket”

6. Pilih kereta lalu klik “Pesan” Pilih kursi, lalu tentukan metode pembayaran

7. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih.

Nah, itulah cara memesan tiket online dari website resmi ataupun aplikasi KAI Access. Semoga membantu!

Tag : #KAI Access    #kereta api    #pesan tiket online    #website KAI   

Baca Juga