Planet Mars (Dok.Detikcom)

Ciri-ciri Planet Mars, Bintang Siaran Merah Dengan Permukaan Yang Berbatu

Mei | Pendidikan | 09-06-2022

PARBOABOA - Planet mars merupakan salah satu planet yang ada di tata surya dan menempati posisi ke-4 yang letaknya paling dekat dengan matahari.

Selain dikenal dengan sebutan planet mars, bintang siaran yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Planet Merah atau Planet Ares.

Di sebut sebagai Planet Merah karena memang hampir seluruh bagian permukaan dari bintang siaran yang satu ini berwarna merah.

Banyak orang yang meyakini bahwa planet Mars dapat di tinggali oleh makhluk hidup karena secara umum, daratan yang ada pada bintang siaran ini sangat mirip dengan bumi.

Namun hingga saat ini, belum ada hasil penelitian resmi yang menyatakan bahwa Planet Mars memang bisa dihuni oleh makhluk hidup, khususnya manusia.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai beberapa ciri-ciri planet Mars yang cukup banyak dipertanyakan oleh sebagian besar masyarakat.

Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya,

Ciri-Ciri Planet Mars

1. Warna Merah

Ciri planet Mars yang pertama adalah memiliki permukaan yang cenderung berwarna merah. Hal ini disebabkan karena bintang siaran yang satu ini kaya akan kandungan mineral zat besi di regolith-nya.

Kita semua tahu bahwa Regolith merupakan sebuah debu longgar dan batu yang menutupi hampir seluruh permukaan planet Mars. Menurut NASvc A, mineral besi teroksidasi, atau berkaratlah yang menyebabkan tanah tampak merah.

Selain itu kandungan mineral ini juga menciptakan sebuah bubuk karat yang ternyata dapat mengapung di atmosfer planet Mars, sehingga menambah kesan merah pada permukaannya.

2. Ukuran Planet Mars

Ciri ciri planet Mars yang berikutnya adalah memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan bumi.

Panjang garis diameter planet Mars di khatulistiwa adalah 6.794 kilometer, sedangkan untuk Bumi dapat mencapai ukuran 12.756 kilometer.

Untuk jarak diameter, planet Mars memiliki jarak sekitar 6.752 km dari kutup ke kutup. Hal ini tentu berbeda sangat jauh jika dibandingkan dengan Bumi yang mencapai kisaran jarak 12.720 km.

3. Permukaan

Ciri-ciri planet Mars yang berikutnya adalah dikenal dengan permukaan nya yang cukup berbatu "terestrial", yang membuatnya sangat mirip dengan Bumi.

Berdasarkan hasil dari pantauan yang dilakukan melalui sebuah teleskop, planet Mars memiliki ciri permukaan yang cenderung kering, berdebu, dan berbatu. Bagian selatan planet ini jauh lebih kasar, dengan lebih banyak kawah dan dataran tinggi.

Selain itu, diketahui juga bahwa setengah dari kawasan utara planet Mars terdiri dari sebuah cekungan yang halus dan apabila dilihat secara sekilas, maka akan tampak seperti sebah danau kering dan juga dasar sungai yang berliku-liku.

4. Rotasi dan Orbit Planet Mars

Ciri planet Mars yang berikutnya adalah dikenal dengan panjang orbit yang sedikit lebih panjang jika dibandingkan dengan bumi.

Planet Mars biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 24 jam dan 40 menit untuk berputar sekali pada porosnya. Sedang kan Bumi memerlukan waktu sekitar 23 jam dan 56 menit.

Hal tersebut mengakibatkan tahun di planet Mars cenderung lebih panjang jika dibandingkan dengan Bumi.

Bayangkan saja, satu tahun di planet Mars terdiri dari 687 hari, sedangkan bumi hanya terdiri dari 365,25 hari saja.

5. Suhu dan Atmosfer

Ciri-ciri planet Mars yang berikutnya adalah memilki atmosfer yang lebih kecil jika dibandingkan dengan yang ada di bumi.

Hal ini disebabkan karena planet Mars hanya memiliki atmosfer yang cederung tidak tebal, dimana kandungan yang ada di dalamnya adalah nitrogen, argon, oksigen, dan gas lainnya. Selain itu juga, tekanan atmosfernya sekitar seratus kali lebih kecil dari Bumi.

Tipisnya lapisan atmosfer pada planet Mars membuat planet yang satu cenderung memiliki suhu siang-malam ekstrem, yakni hanya mencapai  20 ° C.

Pada dasarnya, planet Mars juga tidak mampu untuk mempertahankan jenis energi panas apa pun, yang membuat suhu rata-rata di Mars mencapai minus 60 derajat Celsius.

Sedangkan, ketika musim dingin tiba, suhu di dekat kutup akan turun drastis menjadi minus 125 derajat C. sedangkan untuk musim panas, rata-tara suhunya hanya dapat mencapai 20 derajat C di dekat khatulistiwa, namun pada malam hari suhu kembali turun menjadi minus 73 C.

Tag : #planet    #bintang siaran    #pendidikan    #Mars   

Baca Juga