10 Curug di Sukabumi yang Cantik dan Paling Recommended

Curug di Sukabumi, foto: JavaTravel

PARBOABOA, Sukabumi - Butuh liburan yang menantang? Periksa daftar curug di Sukabumi, Jawa Barat dibawah ini. Destinasi wisata alam terindah, kaya pesona dan paling hits yang wajib Anda eksplor saat memilih liburan ke Sukabumi.

Sukabumi menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki potensi wisata alam yang melimpah.

Tak hanya memiliki banyak pantai yang menggoda, Air terjun atau curug yang dimiliki oleh Sukabumi juga tak kalah indah. Air Terjun yang ada dijamin akan membuat anda bisa menghilangkan penat sekaligus mendapatkan pengalaman yang luarbiasa.

Untuk mengetahui keeksotisan air terjun di Sukabumi, yuk simak ulasan 10 rekomendasi curug di Sukabumi cantik berikut ini.

1. Curug Sentral

Rekomendasi curug di Sukabumi pertama air terjun atau curug di Sukabumi yang wajib sekali untuk dikunjungi yaitu Curug Sentral. Curug ini berada di wilayah Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat.

Keindahan alam dari curug ini tentu tidak akan mengecewakan para pengunjung. Pasalnya curug ini masih terjaga keasriannya sehingga memberi kesan masih alami.

Curug ini memiliki daya tarik tersendiri yang dapat membedakan dengan curug yang lainnya. Keistimewaan curug ini yaitu memiliki tujuh curug yang berasal dari satu sungai.

Untuk setiap curug pun memiliki nama tersendiri. Nama tersebut pun disesuaikan dengan tingkatan curug tersebut. Seperti Curug Sentral 1, Curug Sentral 2, Curug Sentral 3, dan begitu seterusnya.

2. Curug Cirajeg

Pilihan curug di Sukabumi kedua yang wajib untuk dikunjungi yaitu Curug Cirajeg. Keberadaan curug ini yaitu di daerah Purabaya, Sukabumi. Lokasi curug ini sangatlah unik.

Jika biasanya sebuah curug berada di kawasan hutan dan juga terpencil, akan tetapi untuk curug ini berada di tengah areal persawahan yang membuatnya terlihat berbeda.

Keberadaan air terjun ini terlihat sangat lebar dan tidak seperti biasanya. Curug ini dibatasi oleh dinding batu yang berwarna hitam di samping kanan dan kiri air.

Untuk debit air dari curug ini sangatlah dinamis. Hal ini dikarenakan perubahan musim yang terjadi. Jika sedang berada di musim kemarau maka debit air sedikit dan begitu juga sebaliknya.

3. Curug Puncak Manik

Masih tentang curug yang berada di Sukabumi dan kali ini akan membahas tentang Curug Puncak Manik. Curug ini tidak pernah sepi pengunjung baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Pasalnya lokasi dari curug ini sangatlah strategis terlebih karena curug ini masih masuk ke dalam wilayah Geopark Ciletuh.

Curug Puncak Manik memiliki ketinggian sekitar 100 meter sehingga menyebabkan intensitas debit air ketika turun sangatlah deras.

Hal ini menjadikan curug ini mempunyai sensasi air yang sangat segar dengan panorama alam di sekitar yang sangat mempesona. Seperti tebing di samping curug yang menjulang tinggi dan juga hijaunya tumbuhan di sekelilingnya.

4. Curug Pareang

Curug Pareang merupakan salah satu curug di Sukabumi yang pesonanya dapat membuat siapapun terpukau. Disini Anda akan menemukan panorama air terjun yang tak biasa.

Air yang mengalir disini tidak langsung menuju kolam dibawahnya, namun menyusuri tebing yang berundak. Keindahan ini tentunya dapat Anda manfaatkan untuk berfoto ria.

Selain itu, lingkungan di sekitar Curug Pareang juga masih bersih. Anda akan menemukan pepohonan rimbun yang dapat Anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati gemericik air yang turun. Sangat menyegarkan dan menenangkan.

Apalagi air terjun ini dapat terbilang belum banyak dikenal orang, sehingga suasananya sangat menentramkan.

5. Curug Cikaso

Curug Cikaso atau populer dengan sebutan Curug Luhur ini berlokasi di Dusun Ciniti, Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Wisata alam ini memiliki ketinggian kurang lebih 80 meter atau setara dengan 260 ft, memiliki udara yang sejuk dan pemandnagan gunung yang indah.

6. Curug Awang

Curug Awang terletak di Cibeda, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi ini memiliki medan yang cukup menantang sehingga cocok bagi Anda yang suka petualangan.

Pastikan untuk memakai sandal atau sepatu gunung karena jalan menuju air terjun bisa saja membuatmu tergelincir.

7. Curug Cibeureum

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Sukabumi, Anda tidak boleh melewatkan pesona Curug Cibeureum. Curug Cibeureum ini terletak di lereng Gunung Gede Pangrango.

Lokasi inilah yang menjadikan Curug Cibeureum memiliki keindahan yang masih terjaga dan asri. Air terjun disini dapat terbilang tidak terlalu tinggi, namun debit air yang mengalir cukup deras.

Di Curug Cibeureum ini Anda akan menyaksikan keeksotisan alam yang memukau. Dengan adanya tetumbuhan hijau dan pohon yang menjulang tinggi tentunya menjadikan kawasan air terjun yang teduh dan menentramkan.

Oleh karena itu Anda wajib untuk mendatangi Curug Cibeureum ini. Curug di Sukabumi ini juga telah populer di kalangan wisatawan.

8. Curug Cirajeg

Curug Cirajeg merupakan air terjun yang dapat dikatakan berbeda dari air terjun yang lain karena terletak di area persawahan. Disini Anda dapat menyaksikan bentangan sawah asri yang tentunya akan memikat mata. Pemandangan yang disuguhkan sangatlah menarik sehingga menjadikan suasana hati yang tentram.

Salah satu keunikan dari Curug Cirajeg ini selain karena lokasinya, yaitu karena tebingnya yang bertingkat. 

Air yang mengalir tidak langsung terjun dari ketinggian, melainkan melewati tebing yang bertingkat.  Selain itu air yang mengalir juga cukup deras dan jernih.

9. Curug Cigangsa

Berbeda dari Curug Cirajeg yang terletak di kawasan persawahan, Curug Cigangsa ini terletak di kawasan perbukitan.

Oleh karena lokasi Air Terjun Cigangsa yang berada di perbukitan, pemandangan yang ditawarkan juga masih sangat asri dan menyegarkan. Maka jangan lewatkan pesona Curug Cigangsa saat Anda di Sukabumi.

Selain itu, keunikan lain yang dimiliki Curug Cigangsa ini adalah air terjun yang memiliki 3 tingkatan pada tebing. Air mengalir pada tebing berbatu hitam yang tentunya menjadikan siapapun akan terpikat. Tebing ini dikatakan terbentuk karena longsor besar yang terjadi pada jaman dahulu.

10. Curug Awang

Curug Awang Sukabumi termasuk salah satu lagi destinasi wisata alam di Sukabumi yang tidak sayang dilewatkan.

Sarat akan keasrian alam sekitarnya, berhasil membuat siapapun jatuh cinta pada pandangan pertama. Bagaimana tidak, wisatawan disuguhkan oleh air yang terjun dari atas tebing berhiaskan tumbuhan rindang di setiap sisinya.

Wisatawan sepertinya tidak akan pernah bosan mengunjungi wisata satu ini. Sebab mereka yang beruntung, bisa menyaksikan pelangi membentang di sepanjang curug berada.

Melihat pemandangan yang mulai punah tersebut, banyak dari wisatawan berlomba lomba mendapatkan hasil foto terbaik untuk kemudian dibagikan di akun media sosialnya.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi curug di Sukabumi yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menghabiskan liburan bareng keluarga. Happy holiday!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS