Ilustrasi mahasiswa perguruan tinggi (Dok: retizen.republika.co.id)

Simak! Ini Daftar Universitas Termahal di Indonesia

Dimas | Pendidikan | 16-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Biaya kuliah merupakan salah satu informasi yang paling dicari para calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi yang akan dituju. Tak sedikit di antara mereka yang mengincar biaya kuliah murah untuk melanjutkan masa studinya.

Namun, tak semua calon mahasiswa memilih universitas tujuan berdasarkan biaya kuliah yang murah. Pasalnya, ada sebagian orang yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang menetapkan biaya yang mahal.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa perguruan tinggi yang diketahui menetapkan biaya kuliah yang fantastis, bahkan sering disebut-sebut sebagai universitas termahal.

Daftar Universitas Termahal di Indonesia

1. Swiss German University

Swiss German University adalah kampus yang disponsori oleh Yayasan Swiss German. Kampus ini menggabungkan teori dan praktik dalam pembelajaran, sehingga kegiatan belajar jadi lebih menarik.

Setiap mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus ini diwajibkan untuk mengikuti program magang yang diselenggarakan di luar negeri.

Masuk dalam jajaran universitas termahal di Indonesia, Swiss German University mematok biaya per semester sekitar Rp27,5 juta hingga Rp30 juta.

2. President University

President University adalah perguruan tinggi yang dikenal dengan pendidikan internasional, mulai dari kurikulum hingga komunitasnya.

Terletak di kawasan Jababeka, President University menawarkan berbagai fasilitas menarik, di antaranya President Executive Club, Jababeka Golf and Country Club, kolam renang ukuran olimpiade, lapangan tenis, sepak bola, basket, auditorium, laboratorium, Jababeka Convention Center, serta layanan rawat inap dan rawat jalan gratis di President University Medical Center.

Dengan lokasi yang terintegrasi dan kurikulum yang mumpuni, tak heran jika biaya kuliah per semester di perguruan tinggi ini mencapai Rp30 juta.

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Binus adalah salah satu universitas swasta yang banyak jadi incaran pelajar. Binus pun masuk dalam jajaran universitas termahal di Indonesia, tetapi tentunya sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan.

Biaya pendidikan per semester di Binus diketahui berada pada kisaran Rp17 juta hingga Rp23 juta.

Belum lagi tambahan biaya lab serta biaya peralatan yang berkisar antara Rp1,6 juta hingga Rp9 juta.

4. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan (UPH) adalah universitas yang memiliki reputasi baik dan bergengsi. Bahkan, beberapa artis Indonesia, seperti Vidi Aldiano dan Agnez Monica diketahui berkuliah di kampus ini.

UPH dilengkapi beberapa fasilitas, di antaranya: UPH Clinic, Hope Counseling & Assesment Center, gym, kolam renang, lapangan sepak bola, lapangan badminton, lapangan futsal, fasilitas biliar, dan lapangan basket.

Biaya kuliah di kampus ini diketahui mencapai Rp12 juta hingga Rp50 juta per semester.

5. Universitas Trisakti

Terakhir, kampus termahal di Indonesia ialah Universitas Trisakti. Kampus ini adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Tetapi, kampus ini juga disebut-sebut sebagai salah satu kampus paling mahal.

Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) terendah di Universitas Trisaksi diketahui sebesar Rp 14,5 juta. Sementara BPP tertinggi (Fakultas Kedokteran) sebesar Rp 32,325 juta. BPP ini wajib dibayar setiap semester.

Jika melihat keseluruhan, estimasi biaya kuliah hingga lulus di Universitas Trisakti adalah Rp 131,3 juta - Rp 184,8 juta.

Khusus Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, biayanya jauh lebih mahal.

Untuk Fakultas Kedokteran, biayanya dapat mencapai Rp 556 juta – Rp 606 juta. Sedangkan Fakultas Kedokteran Gigi mencapai Rp 456,125 juta – Rp 521,125 juta.

Nah, itulah seputar informasi mengenai kampus termahal yang ada di Indonesia. Bagaimana, Anda tertarik mendaftar di salah satunya?

Tag : #perguruan tinggi    #universitas termahal    #pendidikan    #biaya kuliah    #mahasiswa   

Baca Juga