DLH DKI Jakarta Pastikan Jakarta Bersih saat Tahun Baru

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta kerahkan ribuan personil untul membersihkan seluruh wilayah Jakarta di Tahun Baru 2023. (Foto: Dok Pemprov Jakpus)

PARBOABOA, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memastikan seluruh wilayah Jakarta bersih dari sisa-sisa perayaan pada hari pertama 2023, Minggu (1/1/2023). Ribuan petugas kebersihan akan disebar ke berbagai lokasi saat malam pergantian tahun.

"Kami mengerahkan 3.180 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto dalam keterangan tertulis yang diterima Parboaboa, Rabu (28/12/2022).

Selain itu, kata Asep, pihaknya juga akan mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan bekerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing

Asep menjelaskan, petugas akan langsung bergerak setelah perayaan pergantian tahun usai sejak pukul 00.30 WIB dan ditargetkan selesai sebelum pukul 05.00 WIB.

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas akan langsung bergerak di setiap lokasi. Petugas telah disiagakan sejak Sabtu (31/12) sore, seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup wilayah akan menggelar apel konsinyering untuk mengecek kesiapan petugas," kata Asep.

Penanganan sampah pada malam Tahun Baru 2023 ini rencananya akan disebar di 21 lokasi di 5 wilayah Kota Administrasi. Namun khusus untuk wilayah Taman Mini Indonesia Indah (TMII), DLH DKI Jakarta akan mengerahkan sebanyak 600 personil.

“Pada puncak acara perayaan malam tahun baru di TMII kami khusus mengerahkan 600 personil dengan sarana dan prasarana berupa 4 unit angkutan sampah, 10 bus toilet dan 4 unit sweeper untuk melakukan penanganan sampah sebelum dan sesudah acara,” lanjut Asep.

“Tidak hanya di acara puncak di TMII saja, di sepanjang Jl. MH Thamrin dan setiap kota maupun ruang publik di Jakarta juga menggelar perayaan baik acara hiburan, Car Free Night atau doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya,” katanya.

Tak hanya itu, pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik.

Sementara untuk sarana penanganan kebersihan, Asep mengatakan pihaknya mengerahkan kendaraan angkut sampah 14 unit, mobil penyapu jalan otomatis atau road sweeper 24 unit dan 17 bus toilet.

Kemudian menyebar ratusan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru. Bahkan, ia memastikan tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantargebang bersiaga selama 24 jam penuh.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS