Jenderal Andika akan disahkan sebagai Panglima TNI hari ini Senin (8/11)

DPR akan Sahkan Andika Perkasa jadi Panglima TNI Hari Ini

rini | Nasional | 08-11-2021

PARBOABOA, Jakarta - Jenderal Andika Perkasa akan disahkan menjadi Panglima TNI hari ini Senin (8/11) dalam Rapat Paripurna DPR RI.

Jenderal Andika merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Jokowi, untuk menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang akan pensiun.

Wakil Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menyebut, rencananya rapat paripurna akan digelar pada pagi hari, tepatnya pukul 10.00 WIB. Dalam rapat tersebut Andika akan hadir secara langsung. Namun dalam pengesahan tersebut Marsekal Hadi Tjahjanto tidak akan ikut mendampingi.

"Kalau mekanisme di DPR ya itu hanya Panglima TNI yang akan diputuskan, yang hadir," katanya.

Persetujuan DPR untuk pengangkatan dilakukan setelah Jenderal Andika menjalani sejumlah uji kepatutan dan kelayakan yang berlangsung pada Sabtu (6/11) di gedung DPR RI.

Adapun soal pelantikan Jenderal Andika sebagai panglima TNI masih menunggu keputusan presiden (Kepres) yang berisi pengangkatan Panglima TNI terlebih dahulu.

Sebelumnya beredar kabar bahwa pelantikan akan dilakukan pada Rabu (10/11) mendatang, namun Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menampik hal tersebut dan mengatakan Presiden Jokowi diagendakan akan menghadiri upacara memperingati Hari Pahlawan. Selain itu Bapak Presiden masih mempunyai sejumlah agenda pada hari itu.

"Bapak Presiden dijadwalkan untuk menghadiri peringatan 10 November di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Kemudian, dilanjutkan pemberian tanda jasa di Istana Negara. Bapak Presiden selanjutnya akan menerima PM Malaysia di Istana Bogor," kata Heru.

Tag : jenderal andika perkasa, panglima tni, presiden jokowi, dpr ri, nasional

Berita Terkait