Ilustrasi panduan dan syarat memakai masker yang tepat. (iStock/Soumen Hazra)

4 Panduan Memakai Masker Untuk Mencegah Covid-19 Omicron

Martha | Kesehatan | 16-12-2021

PARBOABOA, Jakarta – Kementrian Kesehatan sudah mengumumkan bahwa di Indonesia sudah ada pasien pertama yang terkena virus Omicron. Peringatan ini untuk membuat warga agar lebih sadar akan perlindungan yang lebih optimal.

Saat menggunakan masker medis seseorang akan terlindungi dari penularan virus Covid hanya 50-60 persen saja, jika dibandingkan dengan double masker kain dibagian luarnya perlindungan  terpapar covid semakin besar yakni 85 persen.

Berikut panduan saat memakai masker yang tepat untuk menjadi perlindungan yang ekstra, sehingga tidak akan terkena Covid-19 Omicron.

1. Rutin mengganti masker

Maksimal menggunakan masker yang bagus adalah selama 6 jam dan harus secepatnya diganti. Bukan hanya itu aja jika kalian sedang batuk atau masker kalian lembab kalian dianjurkan segera menggantinya walaupun belum 6 jam.

2. Masker kain untuk bagian luar

Jika ingin menggunakan masker double dianjurkan agar menggunakan masker kain di bagian luarnya. Tapi, kalian juga harus ingat setelah digunakan masker kain harus segera di cuci.

3. Jaga kebersihan

Bukan hanya menggunakan masker saja, kalian juga harus selalu menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dan menggunakan hands sanitizer setelah berpergian keluar rumah.

4. Menyilang tali masker

Saat menggunakan masker kalian dianjurkan agar menyilang tali maskernya. Untuk memperkuat dan meminimalisir celah atau lubang yang bisa menjadi jalannya masuk virus kedalam tubuh.

Tag : #masker    #covid-19 omicron   

Baca Juga