Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi (Tempo)

Gubsu Jalankan Instruksi Presiden Pelonggaran Pengaturan Penggunaan Masker

Sarah | Daerah | 21-05-2022

PARBOABOA, Medan - Menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo tentang kelonggaran penggunaan masker, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pun ikut memperbolehkan masyarakat untuk membuka masker di tempat umum.

Meski demikian, Edy tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan.

"Boleh buka masker dalam kondisi yang memang kita yakini tempat itu aman terbuka dan jumlah orang tidak terlalu banyak. Kalau di situ sudah banyak keluarga kita susah mendeteksi," ujar Edy, Jumat (20/5/22).

Menurutnya, keputusan Jokowi itu guna menumbuhkan kembali perekonomian di Indonesia.

"Kalau terus tiga tahun seperti ini, komunikasi susah, rasa takut dan ekonomi sulit pulih kembali seperti sediakala," kata Edy.

Lebih lanjut Edy mengatakan, saat ini Kapolda Sumut dan Pangdam I Bukit Barisan terus melakukan vaksinasi. Hal itu sebagai bentuk kehadiran pemerintah untuk masyarakat.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat yang belum vaksin untuk segera vaksin agar imun tubuhnya meningkat. Dengan begitu, meski virus menyerang tidak lagi menjadi persoalan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka yang tidak padat orang.

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” kata Jokowi dalam pernyataan persnya, Selasa (17/5/2022).

Tag : #presiden jokowi    #gubenur sumut    #daerah    #covid-19    #masker    #berita sumut   

Baca Juga