Contoh Tumbuhan Dikotil dan Monokotil ( Dok : Detikcom )

Fakta Unik Pebedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil Yang Perlu Anda Ketahui

Jonson | Pendidikan | 26-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Dalam dunia tumbuhan terdapat 2 jenis tumbuhan, yakni tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil. Monokotil disebut tumbuhan yang memiliki biji tunggal. Sementara tumbuhan dikotil adalah tumbuhan yang memiliki biji berkeping.

Meski sama-sama tumbuhan berbiji, tahukan kamu perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil?

Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang memiliki biji biji satu, atau dikenal juga dengan berbiji  tunggal tetapi tidak terbelah. Monokotil adalah salah satu dari kelompok besar tanaman berbunga. Ada sekitar 60.000 jenis monokotil termasuk rumput sejati dan anggrek. Tumbuhan monokotil dibedakan oleh keberadaan satu daun biji dalam embrio yang terkandung dalam biji.

Karakter fisik tumbuhan monokotil ditandai oleh biji dengan kotiledon tunggal, daun-daun yang berjajar paralel. Bagian bunga biasanya datang dalam kelipatan tiga dan akar monokotil tidak memiliki kambium vaskular.

Ada beberapa jenis-jenis yang termasuk tumbuhan monokotil, yakni:

  1. Suku rumput-rumputan (graminae
  2. Suku pinang-pinangan (palmae)
  3. Suku jahe-jahean (zingiberaceae)
  4. Suku nanas-nanasan (bromeliaceae
  5. Suku pisang-pisangan (musaseae
  6. Suku anggrek-anggrekan (orcidaceae)

Jelaskan perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil ?

Yang Menunjukkan Perbedaan Karakter Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil Adalah?

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil yang paling tampak oleh mata adalah terletak pada bijinya. Tumbuhan dikotil merupakan tumbuhan berkeping atau berbiji dua, sedangkan Monokotil merupakan kelompok tumbuhan yang hanya memiliki satu keping biji saja. Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil adalah pada Tumbuhan dikotil memiliki sepasang keping biji atau kotiledon dalam embrio benih, sedangkan pada tumbuhan monokotil merupakan kelompok tumbuhan yang hanya memiliki satu keping biji saja

Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil yang utama ada pada jumlah keping bijinya.  

Perbedaan tumbuhan dikotil dan monikotil dapat juga dilihat dari bentuk daun, struktur akar, bentuk bunga, dan struktur batangnya. Seperti apa perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil pada tumbuhan?

Berikut ini rangkuman tentang perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil pada tumbuhan :

1. Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil pada Biji

Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil yang utama terdapat pada jumlah keping bijinya. Sesuai namanya, tumbuhan monootil memiliki satu keping biji, sedangkan tumbuhan dikotil memiliki dua keping biji.

Monokotil tidak akan mengalami pembelahan saat berkecambah, sementara dikotil akan membelah menjadi dua saat perkecambahan.

2. Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil pada Akar

Perbedaan tumbuhan Monokotil dan dikotil terdapat pada bentuk akarnya. Akar pada tumbuhan monokotil adalah akar serabut yang tipis dan pada umumnya memiliki tudung akar, Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki akar tunggal yang bercabang dan kuat.

3. Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil pada Daun

Pada tumbuhan monokotil, bentuk daunnya umumnya memanjang dengan tulang daun yang sejajar, sedangkan pada tumbuhan dikotil bentuk daunnya lebih melebar dengan tulang daun yang menjari atau menyirip.

4. Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil pada Bunga

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil dapat dilihat pada bagian bunganya. Tumbuhan monokotil memiliki bagian bunga yang memiliki kelopak dengan jumlah tiga atau kelipatannya. Sedangkan pada tumbuhan dikotil memiliki kelopak dengan jumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya.

5. Perbedaan Tumbuhan dikotil dan Monokotil pada Batang

Biasanya tumbuhan monokotil batangnya tidak bercabang, tidak memiliki kambium serta terus tumbuh meninggi. Sedangkan batang tumbuhan dikotil bercabang dan memiliki kambium pada perbatasan antara jaringan xilem dan floem.

Yang menunjukkan perbedaan karakter tumbuhan monokotil dan dikotil adalah terletak pada 5 point diatas. Semoga informasi ini bisa berguna buat sahabat semua.

Tag : #Tumbuhan    #Dikotil    #Pendidikan    #Monokotil    #Sekolah    #Guru    #Biologi    #IPA    #Mahasiswa   

Baca Juga