Suasana Festival Kolaborasi di Kota Tua. (Foto: dok. Tribunnews.com)

Festival Kolaborasi Jakarta di Kota Tua Jakarta

Desy | Metropolitan | 02-10-2022

PARBOABOA, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menghadiri Festival Kolaborasi Jakarta sore ini pukul 18.30 WIB, Minggu (02/10/2022). Acara ini digelar di Kota Tua Jakarta karena dinilai memiliki nilai sejarah yang panjang.

Pagelaran festival ini mengangkat tentang perubahan wajah dari Kota Jakarta dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Dengan adanya kolaborasi bersama berbagai pemangku kepentingan, kolaborasi yang diadakan mencakup banyak sektor, seperti integrasi transportasi berbasis TOD (Transit Oriented Development), serta restorasi Jakarta Arts & Heritage di Taman Ismail Marzuki, Cikini.

Pada festival ini, terdapat lorong yang memamerkan perubahan ibukota dari 2017 hingga 2022 yang dibuka mulai pukul 16.00 WIB. Salah satu yang dipamerkan adalah sektor integrasi transportasi berbasis TOD (Transit Oriented Development).

"Begitu juga dengan Kawasan Kota Tua yang sudah berubah nama menjadi Batavia. Kota Tua kini telah hadir dengan wajah baru yang mengubah jalur kendaraan pribadi dan umum menjadi jalur pedestrian," tulis keterangan resmi, Minggu (02/10/2022).

Untuk memeriahkan acara ini, Festival Kolaborasi Jakarta juga menghadirkan sejumlah musisi seperti Kahitna, Budi Doremi, Axl Idol, serta kelompok Keroncong Tugu secara off-air. Kegiatan lainnya diisi dengan berbagai games berhadiah menarik.

Selain pameran dan acara musik, terdapat bazar kuliner tepat di depan Kafe Batavia, Gedung Jasindo, dan Kantor Pos Indonesia.

Para pedagang di bazar ini merupakan binaan Jakpreneur (Jakarta Enterpreneur), platform pengembang UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Mereka menjual berbagai jenis makanan dan minuman seperti dimsum, kopi, bir pletok, dan lain-lain.

Tag : #anies baswedan    #festival    #metropolitan    #pemprov dki    #umkm   

Baca Juga