Ilustrasi Fungsi Manajemen Perencanaan dalam sebuah Perusahaan (Foto: Freepic)

Memahami Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Sebuah Perusahaan

Patrick | Pendidikan | 23-11-2022

PARBOABOA - Manajemen merupakan hal pokok dalam sebuah perusahaan yang membuat sebuah perusahaan berjalan dengan baik.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas fungsi manajemen dalam sebuah perusahaan atau organisasi guna menjalankan dan mencapai sebuah tujuan dari organisasi atau perusahaan.

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah proses pengorganisasian, pengaturan, pengelolaan SDM, sampai dengan pengendalian agar dapat mencapai tujuan dari suatu kegiatan. Selain untuk organisasi dan perusahaan, manajemen juga dapat diterapkan untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Dengan menggunakan sistem ini, sebuah bisnis dapat lebih berkembang karena dijalankan secara struktural dan prosedural. Dengan begitu, proses manajemen akan membantu semua orang dalam menetapkan keputusan atau kebijakan yang baik.

Tujuan Manajemen

Tujuan dari manajemen dapat optimal asalkan dilakukan kontrol pada saat pelaksanaan perencanaannya. Adapun tujuan dari manajemen adalah seperti berikut ini:

  1. Menjalankan dan menilai strategi perencanaan yang telah dikonsep agar pelaksanaannya berjalan sesuai arahan.
  2. Melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan fungsi manajemen juga cara kerja kelompok ketika menjalankan tugasnya.
  3. Melakukan pembaharuan terhadap fungsi manajemen terutama pada strategi pelaksanaannya. Hal ini dilakukan agar target tetap tercapai apabila ada kendala dalam pelaksanaan rencana.
  4. Meninjau kekuatan organisasi, mengetahui kelemahan, juga mengantisipasi ancaman yang mungkin terjadi.
  5. Membuat sebuah terobosan baru yang berfungsi meningkatkan kinerja kelompok. Inovasi ini juga pastinya akan berimbas positif terhadap pencapaian rencana sesuai target.

Baca juga: Struktur Organisasi Sekolah : Fungsi, Ruang Lingkup dan Contohnya

Fungsi Manajemen

Melalui penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem ini memiliki fungsi yang berguna dalam mengembangkan sebuah perilaku bisnis dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Fungsi manajemen adalah proses dari suatu aktivitas yang dilakukan dengan merencanakan, mengorganisasikan, mengatur SDM, sampai dengan pengendalian.

Berikut ini akan dijelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut Henry Fayol, antara lain:

1. Perencanaan

Fungsi yang satu ini bertujuan untuk memberikan arahan, koordinasi, dan pengendalian yagn baik berdasarkan rencana yang sebelumnya telah ditetapkan.

Adanya sebuah rencana bisa membuat sebuah kegiatan terkonsep dengan baik sehingga setiap pelaksanaan yang dilakukan akan memiliki patokan dasar yang baik sehingga setiap langkah penting tidak akan diambil seenaknya.

2. Pengorganisasian

Menurut Henry Fayol, pengorganisasian dilakukan dengan mengelola sumber daya yang ada dengan baik sampai dengan melakukan pengaturan agar rencana yang sudah ada dapat berjalan sesuai perkiraan.

Dalam menjalankan fungsi ini, agar lebih terarah dibagi dalam 4 tingkatan antara lain:

  1. Pembagian tugas
  2. Satu Pengarahan
  3. Jenjang Organisasi
  4. Tingkat Sentralisasi

3. Pengarahan

Fungsi yang satu ini diperlukan untuk setiap kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti organisasi atau perusahaan.

Adapun tujuan dari fungsi ini adalah untuk memudahkan proses pelaksanaan tugas agar berjalan sesuai harapan. Sebuah pengarahan biasanya diberikan dari tingkat yang lebih tinggi ke tingkat yang lebih rendah. Contoh, pengarahan dari manajer kepada karyawannya.

4. Koordinasi

Peran ini tidak kalah penting karena bertujuan untuk koordinasi atau menyelaraskan kegiatan. Adanya koordinasi antar divisi atau sesama divisi akan membuat tujuan perusahaan menjadi lebih mudah tercapai.

Koordinasi yang baik dilakukan dengan interaksi yang efektif kepada rekan kerja atau bawahan. Hal ini harus terjalin secara harmonis dengan semangat kekeluargaan. Dengan begitu, anggota dari perusahaan tersebut bisa menjalankan kerjasama tim dengan baik.

5. Pengendalian

Dari 4 fungsi manajemen yang telah dijelaskan, yang satu ini adalah fungsi terakhir dan tidak kalah penting dari fungsi-fungsi lainnya.

Pengendalian bertujuan untuk memantau proses berjalannya suatu kegiatan, memastikan semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Fungsi ini berguna untuk membuat perusahaan menjadi lebih berkembang dengan tujuan mencegah risiko kerugian yang mungkin terjadi.

Semua tugas akan dikendalikan secara seksama untuk memastikan apakah sudah sesuai prosedur atau standar yang telah ditetapkan.

Melalui fungsi ini, kamu bisa melihat dan mengevaluasi kegagalan yang terjadi. Bukan hanya itu, setiap kegiatan pasti akan dihadapkan pada sebuah masalah dan hambatan nantinya.

Dari hasil pemantauan tersebut, kamu bisa menganalisa bagaimana cara pemecahan masalah terbaiknya.

Baca juga: Kewirausahaan adalah? Pengertian, Ciri, dan Tujuannya

Telah diketahui bahwa fungsi-fungsi manajemen tersebut memiliki peran penting untuk menjalankan berbagai kegiatan dalam lingkup perusahaan atau organisasi. Dapat disimpulkan juga bahwa manajemen merupakan landasan dari kegiatan bisnis.

Demikianlah penjelasan mengenai manajemen dan fungsinya yang perlu kamu ketahui, semoga melalui artikel ini, kamu dapat menerapkan fungsi-fungsi tersebut guna mengembangkan perilaku bisnis perusahaan maupun organisasi yang kamu pimpin. Semoga bermanfaat!

Tag : #manajemen    #fungsi manajemen    #pendidikan    #organisasi    #perusahaan    #poac    #perencanaan    #organising    #pengawasan    #pengendalian   

Baca Juga