Ilustrasi Penderita Penyakit Tipes (Dok. Alodokter)

Kenali Gejala Tipes pada Orang Dewasa serta Cara Pengobatannya

Olivia | Kesehatan | 30-04-2022

PARBOABOA – Penyakit Tipes umum dialami masyarakat Indonesia, karena memiliki sifat menular. Tipes alias tifus alias demam tifoid adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi bakteri Salmonella thyphi pada makanan maupun minuman yang sudah terkontaminasi. Penyakit ini tidak pandang usia, anak-anak, remaja hingga orang dewasa bisa mengalaminya.

Penyebab Tipes

Tidak hanya disebabkan bakteri Salmonella thyphi, faktor penyebab tipes lainnya yakni sebagai berikut.

1.    Kondisi lingkungan yang buruk.
2.    Ketika ingin makan, tidak mencuci tangan terlebih dahulu.
3.    Kurang bersih mencuci makanan yang tidak dimasak.
4.    Mengonsumsi sayuran yang menggunakan pupuk dari kotoran manusia yang terinfeksi bakteri Salmonella thyphi. Dan mengonsumsi produk susu yang telah terkontaminasi
5.    Menggunakan toilet duduk yang telah terkontaminasi bakteri Salmonella thyphi.
6.    Melakukan seks oral dengan seseorang yang terjangkit bakteri Salmonella thyphi.

Gejala Tipes pada Orang Dewasa

Setiap orang yang menderita penyakit tipes ini akan memiliki gejalanya masing-masing. Gejala tipes pada orang dewasa dapat berlangsung selama 3 – 4 minggu, bahkan ada yang lebih lama dari itu. Intensitas gejalanya juga bervariasi, dimulai dari yang ringan hingga berat.

Berikut beberapa gejala tipes pada orang dewasa, yang umum dijumpai.

1. Demam

Penderita penyakit tipes biasanya akan mengalami demam. Demam yang diderita merupakan respon peradangan pada tubuh ketika sistem imun sedang melawan infeksi bakteri Salmonella thyphi.

Proses ini akan banyak menghasilkan sel darah putih, antibodi serta zat baik lainnya yang akan dialirkan menuju hipotalamus untuk menaikkan suhu tubuh. Di minggu pertama, suhu tubuh akan naik secara perlahan. Si penderita akan merasakan demam yang lebih parah saat malam hari.

Kemungkinan akan mengeluarkan kelenjar keringat yang banyak dan disertai sekit kepala yang tidak biasanya.

2. Gangguan Pencernaan

Bakteri Salmonella thyphi akan menyerang usus si penderita yang mengakibatkan gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit. Namun gejala tipes pada orang dewasa yang satu ini jarang ditemui.

Infeksi bakteri Salmonella thyphi ini akan membuat susu susah mencerna makanan dengan baik, sehingga penyerapan air ikut terganggu. Usus akan mengambil cairan dari dalam tubuh agar dapat memproses makanan, dan hal tersebut mengakibatkan feses (tinja) yang keluar akan cair.

Penderita penyakit tipes akan merasakan sakit perut disertai diare selama 8 – 72 jam, semenjak terinfeksi bakteri Salmonella thyphi

3. Mual dan Muntah

Gejala tipes pada orang dewasa berikutnya adalah mual dan muntah. Kondisi ini merupakan wujud peradangan yang terjadi pada sistem pencernaan. Disaat dinding lambung terinfeksi bakteri Salmonella thyphi, maka sistem imun akan merespon lalu mengirimkan sinyal ke otak untuk memunculkan rasa mual.

Akibat respon tersebut, si penderita akan merasa mual yang disertai muntah. Namun kamu tidak perlu khawatir, reaksi alami tubuh ini berfungsi mengeluarkan racun dan bakteri yang ada di dalam sistem pencernaan.

4. Nafsu Makan Menurun

Bakteri yang menyebabkan penyakit tipes ini lebih banyak menyerang alat pencernaan, sehingga terkadang si penderitanya mengalami penurunan nafsu makan.

Peradangan yang terjadi di dalam tubuh akan mengirim sinyal ke sistem imun, lalu merangsang otak untuk melepaskan zat kimia leptin yang mengakibatkan nafsu makan menurun. Hal ini bertujuan, jika si penderita kelaparan maka bakteri juga ikut kelaparan sehingga akan lebih cepat mati.

Meski demikian, bukan berarti si penderita tidak boleh makan agar cepat sembuh. Tetap harus makan walau sedikit. Cobalah makan makanan sehat dan seimbang dengan porsi yang lebih sedikit tapi sering.

Untuk beberapa kasus penyakit tipes, terdapat gejala parah yang harus segera mendapatkan penanganan dokter atau pihak medis lainnya. Berikut

1.    Adanya pendarahan pada usus yang mengakibatkan usus berlubang. Kondisi ini disebut juga sebagai perforasi usus.
2.    Adanya gangguan pernapasan yang diakibatkan infeksi pada saluran pernapasan, seperti pneumonia.
3.    Adanya gangguan pada fungsi jantung yang menyebabkan peradangan otot jantung (miokarditis), peradangan pada dinding jantung (endokarditis), bahkan hal yang paling fatal yakni gagal jantung.

Ciri – ciri Gejala Tipes pada Orang Dewasa

Setelah memahami gejalanya, kamu juga perlu tahu ciri – ciri gejala tipes pada orang dewasa yang sering muncul. Berikut beberapa ciri-cirinya.

1.    Suhu tubuh mencapai 39 – 40 0C dan tubuh menggigil kedinginan.
2.    Terasa nyeri pada otot dan persendian tubuh.
3.    Kram perut.
4.    Batuk parah disertai sesak nafas.
5.    Terdapat ruam atau bintik-bintik kecil berwarna merah muda pada permukaan kulit.

Pengobatan Penyakit Tipes

Jika kamu atau salah satu anggota keluargamu mengalami gejala dan ciri-ciri yang sudah dijelaskan sebelumnya, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter atau pihak medis lainnya. Jika hasil pemeriksaan sudah keluar, kamu atau si penderita penyakit tipes yang lainnya akan diberi obat yang tepat.

Dan jika kamu baru masih mengalamai gejalanya saja, lakukan juga pemeriksaan. Dan dokter akan memberikan obat gejala tipes pada orang dewasa yang sesuai dengan kondisi tubuhmu atau si penderita lainnya.

Itulah informasi seputar penyakit tipes hingga gejala yang dialami orang dewasa. Semoga bermanfaat dan jangan sampai melewatkan berita kesehatan lainnya di Parboaboa.

Tag : #penyakit tipes    #demam tifoid    #penyakit    #tifus    #gejala tipes pada orang dewasa    #bakteri Salmonella thyphi   

Baca Juga