BWF World Tour Final 2021: Greysia/Apriyani VS Jongkolphan/Rawinda

BWF World Tour Final 2021: Greysia/Apriyani VS Jongkolphan/Rawinda

Sondang | Olahraga | 01-12-2021

PARBOABOA, Nusa Dua – Turnamen bulu tangkis BWF World Tour Final 2021 baru saja dimulai hari ini, Rabu (1/12) di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali.

Pasangan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi wakil Indonesia yang pertama kali tampil di BWF World Tour Final 2021. Di sana, Greysia/Apriyani bertemu wakil Thailand Jongkolphan/Rawinda Prajongjai.

Hanya butuh 36 menit, Greysia/Apriyani berhasil memenangkan pertandingan pertama babak penyisihan grup A usai mengalahkan Jongkolphan/Rawinda melalui dua set langsung dengan skor 21-15, 21-12.

Kedua pasangan ini memang sudah sering dipertemukan dalam setiap pertandingan. Oleh karena itu, Greysia/Apriyani merasa siap untuk bertanding.

Meski begitu, Greysia Polii menilai Jongkolphan/Rawinda merupakan lawan yang sulit karena mereka memiliki kecepatan yang secara teori berada di atas Gresyia dan Apriyani Rahayu. Namun, inferioritas ini mereka atasi dengan pola permainan yang terkoordinasi dan solid selama di lapangan.

"Kunci kemenangan ada di konsistensi pola permainan, pas di lapangan juga sudah komunikasi cara mainnya seperti apa," kata Apriyani Rahayu.

Sebelum bertanding, Greysia/Apriyani melakukan persiapan teknik, fisik hingga mental yang sudah diasah agar menjadi faktor kombinasi yang menentukan kemenangan pada ajang bergengsi ini.

"Buat saya, harus persiapkan diri secara maksimal. Soal menang atau kalah sudah biasa, saya saja juga sudah sering merasakan menang-kalah," ujar Gresyia Polii.

Pada pertandingan perdana tersebut, Greysia/Apriyani sangat menjaga pertahanan mereka, terutama saat mengunci keunggulan poin, mereka langsung merapatkan pertahanan.

Jalannya Pertandingan Greysia/Apriyani  VS Jongkolphan/Rawinda

Pada gim pertama, Greysia/Apriyani mampu memimpin dengan skor 4-1 atas wakil Thailand. Keunggulan terus berlanjut dengan serangkaian umpan silang ciamik menjadi 8-3.

Placing yang akurat dari sang tuan rumah pun membuat mereka unggul 11-4 di interval pertama. Laga dilanjutkan dengan Jongkolphan/Rawinda tampil lebih menyerang sehingga mampu menjebol defense Greysia/Apriyani, yang mulai terkejar 12-8.

Pertandingan makin menarik karena kedua kubu sama-sama tancap gas untuk memenangkan gim pertama. Namun Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai nampak tampil gugup.

Alhasil poin beruntun pun disumbangkan untuk Greysia Polii/Apryani Rahayu yang makin menjauh dari wakil Thailand dengan skor 16-9 jelang berakhirnya gim pertama World Tour Finals 2021.

Kesalahan terus dilakukan oleh Jongkolphan/Rawinda dengan shuttlecock menyangkut di net perlahan mampu diperbaiki, dan giliran Greysia/Apriyani yang melakukan kesalahan.

Jarak skor sempat nyaris mengecil menjadi 18-14. Namun tampil percaya diri serta smes kencang dari Apriyani membuat pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu memenangkan gim pertama BWF World Tour Finals 2021 dengan skor 21-15.

Rally sengit pun terjadi dengan menyuguhkan 25 pukulan dan poin akhirnya diraih oleh Greysia/Apriyani dengan skor 5-2 di menit-menit awal.

Apriyani Rahayu yang tampil on fire membuat tuan rumah terus unggul, dengan poin beruntun kembali diraih sembari memanfaatkan kesalahan dari Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dan skor menjadi 8-3.

Tampil percaya diri serta kerja sama yang apik lagi-lagi membuat Greysia/Apriyani mampu mengamankan interval kedua World Tour Finals 2021 dengan skor 11-5.

Pascainterval, Jongkolphan/Rawinda mulai bangkit dan duel pun makin sengit. Greysia/Apriyani mencoba defense dan terus unggul 15-9.

Rally panjang sebanyak 39 pukulan mampu diakhiri oleh Greysia/Apriyani lewat permainan cerdiknya dengan placing dan dropshot cantik, membuka jalan menjadi match poin 19-11.

Tak membutuhkan waktu lama, akhirnya Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil kembali memenangkan gim kedua putaran pertama World Tour Finals dengan skor akhir 21-12 atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Berkat kemenangan ini, Greysia/Apriyani akan bertanding melawan wakil Korea Selatan Kim So Yeong/Kong Hee Yong pada Kamis (2/12) besok.

Tag : #bwf world tour final 2021    #hasil bwf world tour final 2021    #greysia polii    #apriyani rahayu   

Baca Juga