Hal yang perlu diperhatikan saat ingin memodifikasi motor (Instagram/@kontes_motor_modifikasi)

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memodifikasi Sepeda Motor

Andre | Otomotif | 08-03-2022

PARBOABOA - Tak puas dengan konsep motor bawaan pabrik, membuat sebagian orang menebusnya dengan jalan modifikasi.

Beragam konsep modifikasi pada kendaraan roda dua sudah cukup banyak informasinya, salah satunya dalam artikel Parboaboa yang bertajuk Modifikasi Motor Terbaik.

Tak jarang, hobi yang digemari kalangan pecinta otomotif ini bahkan banyak yang keluar dari konsep utama berkendara, seperti mengubahnya terlalu ekstrim sehingga tak layak dipakai berkendara di jalanan umum.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan beberapa aspek sebelum melakukan modifikasi.

1. Mengetahui jenis motor

Sebelum membawa motor ke modifikator ataupun ingin memodifikasi sendiri, penting untuk kamu mengetahui jenis motor yang akan di otak-atik tampilannya.

Seperti apakah itu motor matik, bebek, sport, moge dan lainnya. Hal ini penting untuk mengetahui basic dan batasan yang ada pada setiap jenis sepeda motor.

2. Menentukan aliran modifikasi

Setelah mengetahui jenis motor yang akan dimodifikasi, saatnya menentukan aliran modifikasi. Jika pemilik motor ingin tampilan yang simpel namun elegan, maka hanya perlu memikirkan jenis aksesoris yang akan digunakan.

Jika memiliki motor bertangki besar dan ingin terlihat garang di jalanan, maka pilihan gaya Street Fighter adalah rekomendasi.

Selain itu, terdapat konsep modifikasi lainnya seperti Café Racer, Touring, Supermoto, Jap Style dan masih banyak lainnya. Yang terpenting, pilihlah aliran modifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

3. Menyiapkan budget

Nah, setelah mengetahui dua hal di atas, saatnya untuk menyiapkan budget. Dalam hal ini, keputusan tergantung pemilik motor masing-masing yang ingin kendaraannya terlihat seperti apa.

Yang terpenting adalah jangan sampai overbudget ya. Motor boleh ganteng, namun jangan sampai tidak bisa makan di hari esok ya, apalagi sampai berutang.

4. Utamakan aspek keselamatan dan kenyamanan

Modifikasi yang baik adalah modifikasi yang meningkatkan faktor keamanan dan keselamatan penggunanya.

Peningkatan Safety pada kendaraan bisa dilakukan dengan cara menambah sejumlah aksesoris seperti Frame Slider, Crash Bar, Axle Slider dan sebagainya.

5. Kelistrikan

Nah, ini salah satu komponen penting saat motor telah selesai dimodifikasi. Pastikan semua kelistrikan motor sudah aman dan tidak ada yang salah sambung.

Penggunaan listrik yang berlebihan dapat membuat aki motor bisa tekor dan korslet. Untuk masalah ini, sebaiknya kamu menyerahkannya kepada yang ahli.

Disarankan untuk menghindari penggunaan isolasi pada sambungan kabel, karena sifat isolasi yang cenderung mudah lepas.

6. Garansi

Meminta garansi pada modifikator yang telah merubah tampilan pada kendaraan Anda adalah hal yang penting.

Hal ini perlu untuk mengetahui sejauh mana efek dan kualitas setelah modifikasi selesai. Semisal, ada part atau bagian yang rusak tanpa sebab, maka garansi bisa mengembalikannya seperti semula.

Umumnya, bengkel modifikasi yang berkualitas akan memberikan garansi kepada para konsumennya.

7. Hindari pemakaian cat yang tidak sesuai

Tak jarang, para pemilik motor sering kali mengubah cat pada body motornya yang tidak sesuai dengan SNTK.

Hal tersebut dapat menyebabkan Anda terkena tilang saat razia. Kalaupun ingin mengubah cat dasar dari warna sepeda motor, ada baiknya untuk melapor ke pihak kepolisian.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin memodifikasi sepeda motor kesayangan. Disarankan untuk tidak memodifikasi secara ekstrim ya!

Tag : #modifikasi motor    #otomotif    #sepeda motor    #modifikasi   

Baca Juga