Kelender Weton Jawa 2022 (Foto: Budayajwa.id)

8 Arti Hitungan Weton Jawa Untuk Pernihakan Yang Wajib Diketahui Calon Pengantin Suku Jawa

Mei | Nasional | 30-05-2022

PARBOABOA - Pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat dinantikan sekaligus menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi semua orang, khususnya bagi mereka yang sedang menjalin sebuah hubungan asmara.

Ada begitu banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam sebuah acara pernikahan, mulai dari gedung/aula, pakaian pengantin, makanan, biaya, hingga tanggal penikahan juga harus dilaksanakan secara matang.

Dalam menentukan sebuah tanggal pernikahan, kebanyakan masih orang yang berpatokan dalam sebuah tradisi zaman dahulu, salah satunya adalah Weton Jawa.

Masyarakat suku Jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan tradisi yang satu ini. Pada dasarnya arti weton jawa adalah sebuah penanggalan atau perhitungan pada hari lahir seseorang yang kerap dijadikan sebagai patokan yang sering dikaitkan dengan sebuah ramalan tertentu.

Mayoritas suku Jawa meyakini bahwa ramalan ini memang benar apa adanya, sehingga telah dimasukkan kedalam siklus hari yang ada pada kelender tradisional.

Weton Jawa ini juga masih sering dijadikan sebagai dasar dalam penentuan tanggal sebuah event, salah satunya adalah acara pernikahan.

Bukan hanya sekeder penanggalan hari pernikahan, angka weton Jawa juga sering dijadikan sebagai dasar dalam meramal kehidupan baterai rumah tangga yang akan kalian jalani nantinya. Penasaran apa saja hitungan weton Jawa  untuk pernikahan? Berikut penjelasannya.

Hitungan Weton Jawa Untuk Pernikahan

1. Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Cara menghitung weton Jawa untuk pernikahan yang pertama adalah dengan sistem pegat.

Sitem pegat ini biasanya jatuh pada angka 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36. Arti dari angka ini yakni kalian harus lebih berhati-hati lagi dalam menjalani hubungan asmara.

Angka ini juga mungkin menjadi pertanda bagi kamu bahwa hubungan kamu akan dirundung masalah seperti masalah dalam rumah tangga, mulai dari masalah ekonomi, kekuasaan, hingga masalah yang dapat dikategorikan sebagai masalah yang sepele sekalipun.

2. Ratu (2, 11, 20, 29)

Jika ternyatan hitungan weton Jawa yang muncul adalah angka 2, 11, 20, 29, maka hal ini dapat menjadi sebuah pertanda yang baik untuk kamu.

Arti dari angka ini adalah dia merupakan seorang jodoh yang tepat untuk mu. Weton jawa ini juga menunjukkan bahwa  dia merupakan sosok yang humoris dan juga sangat baik hati sehingga tak jarang sering membuat rasa iri terhadap orang lain.

3. Jodoh (3, 12, 21, 30)

Hitungan weton Jawa untuk pernikahan berikutnya adalah angka 3, 12, 21, 30. Jika terjata kamu mendapat weton Jawa dengan angka tersebut, maka itu dapat menjadi sebuah pertanda bahwa ia merupakan jodoh yang terbaik untuk kamu.

Pasangan kamu akan mampu menerima segala kekurangan dan juga kelebihan yang kamu miliki. Dia sudah menerima mu apa adanya dan pada dasarnya kalian sudah sangat siap untuk masuk kedalam jenjang pernikahan.

4. Topo (4, 13, 22, 31)

Jika ternyata kamu mendapatkan hitungan weton Jawa dengan angka 4, 13, 22, 31, itu tandanya kamu topo.

Topo dalam artian Jawa dapat menjadi sebuah pertanda yang buruk bagi kamu. Disini kamu akan mendapatkan sebuah masalah jika kalian melangsungkan pernikahan kalian karena pada dasarnya kalian belum memahami satu sama lain.

Namun jangan berkecil hati, karena jika kalian berhasil menghadapi tantangan ini maka kalian akan mendapatkan sebuah kebahagian di akhir pernikahan kalian.

5. Tinari (5, 14, 23, 32)

Kemudian, jika kalian mendapatkan hitungan weton Jawa untuk pernikahan dengan angka ini, maka itu dapat menjadi sebuah pertanda yang baik bagi pernikahan kalian.

Arti weton jawa ini adalah kalian akan di penuhi dengan rasa kebahagiaan serta keberuntungan serta diberikukan jalan hidup yang mudah.

6. Padu (6, 15, 24, 33)

Kemudian jika kalian mendapatkan hitungan weton Jawa ini, maka hal ini dapat menjadi pertanda yang tidak baik untuk keberlangsungan hubungan kalian.

Disini kalian akan sering mengalami sebuh pertengkaran dalam baterai rumah tangga kalian, bahkan dengan hal yang bisa dibilang sepele sekalipun.

7. Sujanan (7, 16, 25, 34)

Nah, apabila kalian mendapat hitungan weton Jawa dengan angka 7, 16, 25, 34, maka itu artinya Sujanan.

Hal ini dapat menjadi sebuat pertanda yang sangat buruk buat kalian. Disini kalian cenderung mengalami sebuah pertengkaran besar yang sangat hebat dan jika kalian sampai tidak dapat mengatasinya dapat merujung pada sebuah perceraian.

8. Pesthi (8, 17, 26, 35)

Hitungan weton Jawa berikutnya adalah angka 8, 17, 26, 35 yang memiliki sebutan Pesthi. Jika kalian mendapatkan angka ini, maka ini dapat menjadi sebuah pertanda yang baik buat kalian.

Disini kalian akan mendapatkan sebuah baterai rumah tangga yang sangat rukun dan juga jarang mengalami sebuah konfilk yang dapat memicu pertengkaran yang sangat hebat.

Tag : #weton jawa    #suku jawa    #nasional    #primbon Jawa   

Baca Juga