Ilustrasi

Mulai Bulan Depan, iPhone Ini Tidak Bisa Lagi Akses WhatsApp

Wanovy | Teknologi | 06-09-2022

PARBOABOA - Bagi pengguna WhatsApp di iPhone, ada informasi sangat penting. Menurut laporan WABetaInfo, Apple telah mengeluarkan peringatan bahwa aplikasi pesan instan itu tidak akan lagi berfungsi pada beberapa iPhone mulai bulan depan.

"WhatsApp selalu menghentikan dukungan untuk beberapa versi Android dan iOS, untuk memungkinkan perusahaan memperkenalkan fungsionalitas tertentu yang mungkin tidak berfungsi pada sistem operasi lama," tulis laporan WABetaInfo.

WhatsApp disebutkan akan menghentikan dukungan para perangkat iOS 10 dan iOS 11 per 24 Oktober 2022.

Oleh karena itu, mereka yang ingin terus menggunakan aplikasi perpesanan ini perlu memutakhirkan iPhone miliknya.

Artinya, perangkat yang akan terkena dampaknya adalah iPhone 5 dan iPhone 5s. Keduanya masih memakai sistem operasi tersebut yang kini sudah jarang dipakai.

Untuk bisa lanjut memakai aplikasi pesan milik Meta, pengguna diminta melakukan pembaruan di iPhone miliknya ke iOS 12.

Sayangnya, update tersebut tak tersedia di iPhone 5 dan iPhone 5s, sehingga pengguna mau tidak mau harus ganti iPhone baru.

Untuk bisa tetap menggunakan WhatsApp di iPhone, pengguna iPhone lawas keluaran 2012-2015 tadi wajib melakukan upgrade software ke iOS 12.

Masalahnya, tidak semua model iPhone bisa melakukan upgrade lantaran perangkat sudah tidak mendukung.

Dari kelima perangkat iPhone lawas tadi, hanya iPhone 5S, iPhone 6, dan iPhone 6S saja yang masih bisa melakukan upgrade ke iOS 12 atau yang lebih baru.

Sedangkan, iPhone 5 dan iPhone 5C tidak bisa lagi melakukan upgrade software ke versi yang lebih baru.

Pasalnya, dukungan software di dua model iPhone itu hanya mentok di iOS 10. Artinya, iPhone 5 dan iPhone 5C tidak bisa lagi menjalankan WhatsApp mulai tanggal 24 Oktober 2022.

Bila perangkat sudah tidak mendukung spesifikasi minimum, WhatsApp biasanya akan mengimbau untuk mengganti perangkat yang lebih baru.

Sebab, tidak menutup kemungkinan bagi WhatsApp untuk kembali meningkatkan spesifikasi minimum untuk menjalankan platformnya.

Hal yang terbilang lumrah untuk dilakukan mengingat WhatsApp rutin menggelontorkan fitur-fitur baru yang kompatibel dengan versi sitem operasi lebih baru, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi WhatsApp, Selasa (6/9/2022).

Sebelum melakukan upgrade iOS, pengguna iPhone dapat terlebih dahulu mengecek versi iOS yang digunakan.

Cara cek versi iOS di iPhone adalah melalui menu "setting/pengaturan" > "general/umum". Informasi versi sistem operasi biasanya ada di bagian bawah. Apabila ponsel masih menjalankan sistem operasi lama, tidak ada salahnya segera memperbarui ke versi terbaru, jika masih mendukung.

Dalam kasus ini, pengguna iPhone 5S dan iPhone 6 masih bisa meng-upgrade iOS hingga iOS 12. Sementara iPhone 6S bisa di-upgrade hingga iOS 15.

Pengguna hanya perlu menekan opsi "Pembaruan Perangkat Lunak/Upgrade Software" untuk mulai mengunduh file yang diperlukan untuk upgrade OS.

Tidak hanya iOS, pengguna Android versi lawas pun bisa tidak didukung aplikasi WhatsApp.

Disebutkan bahwa WhatsApp tetap didukung pada ponsel Android dengan OS 4.1 atau yang lebih baru.

Jika ponsel Anda terpasang OS lebih lawas dari 4.1 dan tidak bisa di-upgrade ke versi terbaru, maka siap-siap WhatsApp tidak bisa dipakai lagi di ponsel Anda.

Di samping itu, muncul kabar bahwa Apple menghentikan kerja iOS 16 pada iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Tag : #iphone    #apple    #gadget    #teknologi    #ios    #iphone 5s   

Baca Juga