5 jenis makanan yang perlu dihindari penderita asam urat (sumber: iStockphoto)

Jenis Makanan yang Wajib Dijauhi Penderita Asam Urat

Wulan | Kesehatan | 06-06-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Gout atau asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian dan akan menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan. Bahkan jika sudah kambuh, kamu akan merasa kesulitan bergerak dan berjalan.

Jika kamu memiliki penyakit asam urat, ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu atau bahkan meningkatkan kadar asam di dalam tubuh. Secara umum, salah satu hal yang dianjurkan untuk membantu mengatasi asam urat adalah dengan mengurangi jumlah purin yang dikonsumsi.

Ingin tahu makanan apa saja yang harus dihindari pengidap asam urat? Yuk simak!

1. Daging merah

Jika kamu mengidap penyakit asam urat, mengonsumsi daging merah ternyata sangat tidak dianjurkan. Hal tersebut dilarang lantaran jenis makanan ini mengandung kadar putin yang tinggi dan bisa berakibat fatal kepada siapapun yang mengidap asam urat. Contoh daging yang perlu dihindari adalah daging burung, daging sapi muda, dan daging rusa.

2. Ikan dan makanan laut

Pantangan asam urat selanjutnya adalah ikan dan jenis makanan laut tertentu. Makanan ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh yang mengidap penyakit asam urat. Contoh jenis ikan yang harus dihindari antara lain herring, trout, meckerel, tuna, sarden, teri dan haddock. Selain itu, jenis makanan laut yang harus dihindari adalah udang dan lobster.

3. karbohidrat olahan

Makanan pantangan ketiga adalah karbohidrat olahan. Makanan yang satu ini tidak memiliki kadar purin atau fruktosa yang tinggi, namun nilai gizinya yang terbilang rendah dapat menyebabkan peningkatan asam urat dalam tubuh. Contoh karbohidrat olahan yang perlu dihindari pengidap asam urat adalah roti putih, kue, nasi putih, gula dan kue kering.

4. Minuman tinggi fruktosa

Jenis minuman yang mengandung gula tinggo dapat dengan cepat meningkatkan pembentukan asam urat karena dapat memicu keparahan penyakit asam urat. Meskipun minuman ini tidak mengandung purin yang tinggo, namun makanan ini akan tetap berbahaya bagi pengidap asam urat lantaran dapat mengaktifkan proses seluler tertentu pada tubuh. Contoh minuman yang harus dihindari adalah jus buah dan alkohol khususnya bir.

5. Ragi

Jenis makanan terakhir yang harus dihindari penderita asam urat adalah Ragi. Ragi diketahui mengandung jenis pun yang tinggi. Suplemen dam makanan yang menggunakan ragi harus sangat dihindari untuk menjaga kesehatan kadar asam urat supaya tidak meningkat. Contoh makanan yang biasanya menggunakan ragi adalah kecap, sup kalengan, semur, makan malam beku dan makanan ringan asin.

Tag : #asam urat    #makanan    #kesehatan    #makanan yang dihindari penderita asam urat    #daging merah    #ikan dan makanan laut   

Baca Juga