Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Jokowi Pimpin Upacara Parade Senja di Kementerian Pertahanan

Desy | Metropolitan | 04-10-2022

PARBOABOA, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Parade Senja dan penurunan bendera Merah Putih di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Selasa (04/10/2022) petang ini.

Parade Senja ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI yang akan diperingati pada Rabu (05/10/2022) besok.

Presiden Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 18.10 WIB dan langsung disambut oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, serta Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut hadir di acara tersebut.

Upacara dibuka dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Jokowi selaku pemimpin upacara.

“Untuk menghormati para pejuang bangsa dan para pahlawan yang telah mendahului kita, mengheningkan cipta dimulai,” ucapnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera Merah Putih, dan disusul dengan kumandang Andhika Bhayangkari.

Rangkaian upacara diakhiri dengan laporan dari komandan upacara kepada pemimpin upacara serta penghormatan kebesaran dan ditutup dengan pertunjukan parade pasukan (defile).

Defile tersebut menampilkan pasukan dari tiga matra TNI, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, serta Kepolisian Negara Republik Indonesia, juga kadet Universitas Pertahanan dan komponen cadangan.

“Kita berharap dari acara defile, parade, penurunan bendera, dan syukuran ini kita berharap menghormati para sesepuh kita, para senior kita yang telah mendahului maupun yang sudah purnawirawan. Kita tetap bersatu, bersama dalam membangun bangsa Indonesia ini,” ujar Ketua Panitia Acara Syukuran dan Ramah Tamah HUT ke-77 TNI Tahun 2022, Brigjen TNI Zainul Arifin.

Adapun tamu lain yang turut hadir antara lain, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Tag : #jokowi    #parade senja    #metropolitan    #tni    #menhan   

Baca Juga