Jumlah pemain sepak bola dalam satu tim adalah 11 orang (Foto:wikihow)

Jumlah Pemain Sepak Bola Dalam Satu Tim

Michael | Sepakbola | 05-04-2022

Parboaboa.com – Permainan sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling populer di dunia dan digemari berbagai kalangan usia. Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang dimainkan secara beregu. Dimana tujuan utama dari permainan ini adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Jumlah pemain sepak bola dalam satu tim telah diatur dalam peraturan yang dibuat Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Dikutip dari Law of the Game FIFA tahun 2020/2021, permainan sepak bola adalah salah satu jenis permainan bola besar yang di dalamnya terdiri dari 11 orang pemain yang mengisi dalam satu tim. Satu dari 11 pemain tersebut diharuskan bertugas sebagai penjaga gawang.

Sebuah pertandingan sepak bola tidak boleh dimulai atau dilanjutkan apabila sebuah tim mempunyai kurang dari tujuh pemain di lapangan termasuk penjaga gawang. Sementara, jumlah pemain sepak bola dalam satu tim agar dapat bermain sepak bola adalah 7 (tujuh) pemain.

Namun demikian ada satu hal yang perlu dipahami dalam jumlah pemain dalam sebuah tim, terlebih ketika bola masih dalam permainan.

Jika satu atau dua orang pemain dengan sengaja keluar lapangan dan mengakibatkan timnya kurang dari tujuh pemain, wasit tidak wajib menghentikan jalannya pertandingan. Artinya, keuntungan bagi tim lawan dengan kondisi tersebut.

Akan tetapi, jika sebuah tim tidak memiliki sedikitnya tujuh pemain setelah bola keluar dari permainan, wasit tidak boleh melanjutkan pertandingan.

Salah satu contoh kasus yang melibatkan jumlah pemain sepak bola dalam satu tim terjadi dalam duel Rionegro Aguilas vs Boyaca Chico di Liga Kolombia pada April 2021 lalu. Dalam laga itu, 16 pemain milik Aguilas dinyatakan positif COVID-19 sementara 7 lainnya mengalami cedera.

Meski demikian, Aguilas masih memliki sisa 7 pemain dan tetap harus melanjutkan pertandingan melawan 11 pemain Boyaca Chico. Pada laga tersebut, Aguilas akhirnya kalah dengan skor 3-0.

Aturan mengenai jumlah pemain dalam satu tim harus ada 7 pemain juga berlaku untuk kasus kartu merah. 

Apabila dalam satu pertandingan terdapat tim yang mendapatkan 5 kartu merah, maka otomatis pertandingan di hentikan dan laga dianggap selesai.

Namun, jika pemain sebuah tim yang mendapatkan kartu merah dari wasit hanya 4, atau tersisa 7 pemain, laga dapat di lanjutkan.

Aturan jumlah pemain sepak bola dalam satu tim dalam sebuah pertandingan karena kartu merah pernah terjadi di kompetisi resmi sepak bola.

Hal ini terjadi saat laga antara FC Barometrics melawan Sharpness di ajang Northern Senior Division One Inggris pada 2016 lalu. Wasit terpaksa menghentikan laga tersebut sebelum berakhir, karena lima pemain dari Barometircs mendapat kartu merah dan jumlah pemain sepak bola dalam tim mereka kurang dari tujuh pemain. Barometrics harus menelan kekalahan dari Sharpness setelah mereka sempat unggul 3-0.

Demikian penjelasan mengenai jumlah pemain dalam sepak bola dalam satu tim.
 

Tag : #sepakbola    #fifa    #pssi    #aturan fifa    #liga inggris    #liga spanyol    #liga italia    #liga prancis    #liga jerman   

Baca Juga