parboaboa

Kebakaran Hebat di Permukiman Padat Penduduk Gambir, 2 Lansia Tewas Sesak Napas

Umaya khusniah | Metropolitan | 24-08-2023

Kebakaran di permukiman padat penduduk di Gambir, Jakarta Pusat menewaskan dua lansia. (Foto: tangkapan layar X/@TMCPoldaMetro

PARBOABOA, Jakarta - Kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Jalan Kebon Jahe Kober VIII, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2023) malam sekitar pukul 20.20 WIB. Dua lansia tewas akibat sesak napas dalam insiden ini.

Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa melalui keterangan tertulis, Kamis (24/8/2023) menyebut dua korban tewas yakni Siti Hajar (70) dan juga Tisna Amsari (83). 

Sementara korban luka berjumlah 16 orang. Satu orang dirujuk ke Puskesmas Gambir, 3 orang dirujuk ke RS Tarakan sementara 12 lainnya ditangani di tempat.

Isnawa menjelaskan, korban terdampak kebakaran mencapai 196 KK dengan jumlah 574 jiwa. 

Sedangkan jumlah bangunan terdampak sebanyak 152 unit di 4 RT, yakni RT 002, 003, 004, dan 005. 

Data BPBD DKI Jakarta Kamis pagi menyebut, korban kebakaran Gambir sebanyak 247 jiwa terdiri atas 123 laki-laki dan 124 perempuan.

Akibat kebakaran ini, korban terpaksa mengungsi dan tidur di trotoar sepanjang Jalan Tanah Abang I. Mereka menyelamatkan diri bersama sejumlah barang yang bisa dibawa.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan pihaknya telah membuka peyelidikan atas insiden ini untuk mengetahui penyebab kebakaran. 

Namun dari keterangan awal, diduga api bermula saat pemilik rumah tengah menggoreng ikan kemudian ditinggal bermain ponsel. Api pertama kali dilihat oleh pengunjung kafe saat sudah membakar rumah.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat, Asril Rizal awalnya melaporkan, ada 21 unit mobil pemadam kebakaran dan 51 personel yang diterjunkan untuk menjinakkan api. 

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.55 WIB dini hari.

Editor: Umaya khusniah

Tag: #kebakaran    #gambir    #metropolitan    #lansia   

BACA JUGA

BERITA TERBARU