Ilustrasi evakuasi korban kontak senjata Brimob dengan KKB

Kontak Senjata dengan KKB di Yahukimo, Seorang Anggota Brimob Tertembak

maraden | Hukum | 12-07-2021

Jayapura. Aparat Keamanan dari satuan Brimob terlibat kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata ( KKB ) di Yahukimo, Papua, Sabtu (10/7/2021) malam. Seorang anggota Brimob dari Satgas Newangkawi, Briptu Kenny Carlos Julian Kipuw, mengalami luka tembak saat terlibat kontak senjata tersebut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menyampaikan, kejadian baku tembak terrsebut melibatkan anggota Kelompok Kriminal Berseenjata (KKB) Papua pimpinan Tendius Gwijangge dan terjadi pada hari Sabtu (10/7) pukul 19.00 WIT.

"Kontak senjata itu terjadi saat personel gabungan sedang melakukan penyisiran di Kali EI Kampung Mosom Dua Distrik Seradalah," tutur Kamal dalam keterangannya, Minggu (11/7).

Awalnya, Satgas Nemangkawi yang berjumlah 12 personel bergerak dari Polres Yahukimo untuk melakukan penyisiran keberadaan KKB di Kali EI Kampung Mosom Dua Distrik Seradalah, Kabupaten Yahukimo.

Sekitar pukul 19.00 WIT, tim mendapat serangan dari KKB, sehingga kontak senjata dalam jarak dekat terjadi. Dari peristiwa itu mengakibatkan seorang personel Brimob tertembak.

" Briptu Kenny Carlos Julian Kipuw mengalami luka tembak pada bagian perut bawah," jelas Kamal.

"Saat ini personel gabungan masih melakukan pengejaran dan penyisiran terhadap KKB," pungkas Kamal.

Briptu Kenny Carlos Julian Kipuw dievakuasi lewat Bandara Udara Doyo Sentani Jayapura dengan menggunakan Pesawat Pilatus adventist Aviation PK-TCA. Evakuasi Briptu Kenny ke Jayapura pun dilakukan pagi sekitar pukul 07.40 WIT (11/07).

Diketahui Anggota Brimbob atas nama Briptu Keny Karlos yang terluka ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) telah mendapat penanganan medis di Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura, Papua dan saat ini dalam kondisi stabil. 

Tag : #hukum    #nasional   

Baca Juga