parboaboa

Kumpulan Doa Arwah Katolik untuk Orang yang Sudah Meninggal

Sarah | Pendidikan | 16-01-2023

Kumpulan Doa untuk Arwah Orang yang Sudah Meninggal (Foto: Parboaboa/Sarah)

PARBOABOA - Hai sahabat Parboaboa, bagaimana nih kabar kamu? Semoga sehat selalu, ya. Perlu kamu ketahui, doa tidak hanya dipanjatkan untuk orang yang masih hidup tetapi juga untuk orang-orang yang sudah meninggal.

Dalam agama katolik, ada hari Peringatan Arwah Semua Orang Beriman yang dirayakan setiap tanggal 2 November. Pada hari itu, kamu dimaksudkan untuk mengenang dan mendoakan semua orang yang telah meninggalkan dunia karena orang yang sudah meninggal tidak bisa lagi berdoa untuk dirinya sendiri. Kamu pun bisa mendoakan orang yang sudah meninggal, baik kerabat ataupun kenalanmu.

Nah, buat kamu yang ingin melakukan doa arwah katolik, kamu dapat melihat beberapa referensi doa katolik yang telah dirangkum oleh Parboaboa di bawah ini!

Doa Arwah Katolik 1

Demi Nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Allah Bapa Maharahim, kami sungguh percaya akan kasih-Mu yang tiada batas.

Hari ini, bersama dengan seluruh Gereja-Mu, kami mohon agar Engkau berkenan melepaskan (sebutkan nama orang yang akan didoakan) dari segala hukuman karena dosa-dosanya.

Semoga Engkau memperkenankan dia/mereka memasuki hidup abadi di surga dan memandang kemuliaan cahaya wajah-Mu.

Semua ini kami mohon kepada-Mu dalam nama Yesus Kristus, Putra-Mu dan Tuhan kami, kini dan sepanjang masa.

Amin.

Doa Arwah Katolik 2

Demi Nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Tuhan yang berkuasa atas jiwa-jiwa, pandanglah kami yang berkumpul di sini untuk memohon kedamaian bagi arwah-arwah, yang telah pergi dari sisi kami, ketempat yang tidak terjangkau bagi kami, kecuali olehMu.

Kumpulkanlah mereka di bawah naungan sayapMu, diantara orang-orang saleh, yang telah dimakamkan disini dan dipersatukan dalam lingkungan jiwa-jiwa yang berbahagia untuk selama-lamanya.

Puaskan mereka dengan kenikmatan kekal yang berlimpah dan kebahagiaan; gembirakan mereka dalam taman Eden dengan kemuliaanMu. Biarlah mereka memandang keagunganMu, di antara orang-orang kudus dan murni, yang bersinar seperti surga tanpa awan.

Biarlah mereka tinggal dengan tenang dalam ketentraman dan kedamaian, agar mereka bersinar dalam cahaya abadi.

Angkatlah tanduknya dengan hormat bersama jiwa-jiwa yang saleh, yang duduk di tangga tahtaMu. Tuntunlah mereka ke tengah-tengah di antara mereka yang berdiri dihadapanMu.

Kami berdoa dalam namaMu, kami imani dan bersandar dengan janji-jani yang telah Engkau ucapkan kepada kami.

Amin.

Doa Arwah Katolik 3

Demi Nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Allah Bapa yang maha kuasa. Pencipta langit dan bumi. Dengarkanlah doa-doa kami, terutama untuk keluarga kami, untuk saudara-saudari kami yang saat ini telah mendahului kami dan sangat memohon belas kasih-Mu.

Kiranya Engkau memberikan cahaya kebahagiaan dan kedamaian. Aku memohon dengan kerendahan hati, supaya Tuhan Allah mengampuni dosa-dosa mereka, supaya mereka beroleh kehidupan kekal dan bisa berhimpun menjadi satu dengan orang-orang kudusmu.

Seperti halnya yang telah Engkau janjikan kepada Abraham dan semua keturunannya dalam iman.

Lindungi mereka dari segala bahaya saat hari kebangkitan. Angkatlah segala kesedihan mereka, hapuskan air matanya. Berikanlah mereka kebahagiaan abadi dan penghiburan yang kekal.

Semua doa-doa ini kami panjatkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus Juru selamat kami.

Amin.

Doa Arwah Katolik 4

Demi Nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Allah Bapa, Tuhan kami Yesus Kristus. Kami percaya akan belas kasih-Mu dan kerahiman-Mu yang tanpa batas.

Dengan kerendahan hati, hari ini kami memohon dengan sangat, lepaskanlah arwah mereka yang telah mendahului kami. Saudara, rekan, arwah leluhur kami masing-masing.

Dari segala dosa-dosa yang masih mengikatnya, ijinkanlah mereka untuk memasuki kehidupan kekal, kehidupan yang telah Engkau janjikan kepada Abraham dan keturunannya, dan bagi semua orang yang percaya akan kemurahan hatiMu.

Perkenankanlah mereka memandang kemuliaan cahaya wajah-Mu dan memuliakan nama-Mu di surga. Ini semua kami mohon dalam Kristus, putra-Mu, dan pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa.

Amin.

Oke sahabat Parboaboa, itulah beberapa doa arwah untuk almarhum saudara ataupun teman yang sudah meninggal. Doa ini bisa dilakukan baik itu secara pribadi, maupun secara bersamaan dengan orangtua dan keluarga.

Editor: -

Tag: #doa arwah    #katolik    #pendidikan    #peringatan arwah    #agama   

BACA JUGA

BERITA TERBARU