One Way Berakhir, Lalin Puncak Kembali Normal Dua Arah

Penulis : Sondang | Metropolitan | 22-01-2023

Penerapan sistem one way arah Jakarta di Jl. Raya Puncak, Bogor membuat warga berbondong-bondong mencari jalan alternatif. Namun sayang, macet panjang malah memperparah jalan alternatif. (Foto: Parboaboa/Sondang H)

PARBOABOA, Jakarta – Sistem satu arah atau one way arah Jakarta yang diterapkan sejak siang tadi di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat (Jabar) sudah berakhir.

Pantauan Parboaba, Kepolisian Resor (Polres) Bogor telah mengembalikan arus lalulintas normal dua arah, baik menuju Puncak maupun Jakarta sekitar pukul 19.00 WIB.

"Saat ini sudah berlaku dua arah, untuk naik (arah Puncak) maupun turun (arah Jakarta). Tadi oneway arah jakarta sendiri kita lakukan sejak pukul 11.30 WIB," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Minggu (22/1/2023).

Dicky menyebutkan, kepadatan arus lalulintas di Jl Raya Puncak yang terjadi sejak siang tadi. Hal itu disebabkan banyaknya kendaraan wisatawan yang mulai kembali ke rumahnya masing-masing dalam menyambut perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili. Menurutnya, arus balik wisatawan masih akan terjadi hingga malam ini.

"Kita lihat bersama-sama memang banyaknya arus kendaraan yang masuk (arah Puncak) sejak Jumat, kemudian Sabtu juga banyak, dan rata-rata wisatawan itu menginap, jadi mereka kembali (pulang arah Jakarta) hari ini," kata Dicky.

"Prediksi kami arus balik masih terjadi hingga malam ini," tambahnya.

Dicky mengatakan, lonjakan kendaraan diprediksi masih akan terjadi hingga hari terakhir libur panjang, besok. Untuk antisipasi lonjakan kendaraan, Satlantas Polres Bogor menyiagakan personil dan bakal melakukan rekayasa lalulintas di Jl Raya Puncak.

"Besok masih menyiagakan personil karena untuk jaga-jaga apabila ada lonjakan-lonjakan yang signifikan. Rekayasa akan dilakukan jika ada lonjakan arus," pungkasnya.

Seperti diketahui, Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem satu arah atau one way arah jakarta sejak pukul 07.30 WIB. Rekayasa lalin dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan parah ketikabarus balik wisatawan Puncak.

Sedikitnya, sebanyak 25 ribu kendaraan memadati Jl Raya Puncak sejak tadi pagi. Hal ini meningkat 22 persen dibandingkan akhir pekan biasa.

"Peningkatan dibanding hari kemarin 18 persen. Peningkatannya 22-25 persen dibanding weekend biasa karena terpantau dari arah tol tadi arus masuk arah puncak terpantau dua lapis ya," ujar Dicky.

Editor : -

Tag : #Bogor    #Imlek    #Metropolitan    #Lalu Lintas    #One Way    #Jakarta   

Baca Juga