Makanan khas Bogor yang terkenal: Doclang, foto: Cookpad.com

10 Makanan Khas Bogor yang Terkenal dan Wajib Kamu Coba

Wanovy | Travel | 04-04-2022

PARBOABOA, Bogor - Jika ditanya apa yang identik dengan makanan khas Bogor, jawaban kamu mungkin adalah asinan Bogor. Lumrah karena kuliner ini memang begitu fenomenal di dunia kuliner Indonesia.

Namun, faktanya, makanan khas Bogor variasinya sungguh luar biasa. Hampir semua rasa ada, dari yang gurih, manis, pedas, asam hingga asin, yang menjadikan kuliner di Bogor layak masuk dalam rencana wisata berikutnya.

Bogor dikenal sebagai salah satu destinasi liburan paling populer bagi warga Jakarta. Saat akhir pekan atau hari libur, jalanan Bogor akan dipenuhi oleh kendaraan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya.

Wisatawan yang berkunjung ke Bogor biasanya ingin menikmati tempat wisata alam, belanja, dan tentunya mencoba wisata kuliner.

Apakah kamu berencana jalan-jalan di Bogor? Kalau ya, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Bogor setelah puas menikmati segala wisata di Kota Hujan ini.

Dibawah ini Parboaboa sudah siapkan rekomendasi makanan khas Bogor yang terkenal dan wajib kamu coba. Yuk, simak ulasan berikut!

1. Mie Glosor

Mie glosor adalah salah satu menu buka khas Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat. Glosor artinya mengalir. Ini karena tekstur mienya seolah mengalir lancar dari mulut menuju kerongkongan dan lambung.

Sajian mie glosor dibuat menggunakan bumbu rempah dasar yang ditumis hingga menghasilkan aroma sedap.

Makanan khas Bogor ini biasanya disajikan dengan tambahan sambal kacang, sayuran, dan gorengan.

2. Toge goreng

Sesuai namanya, makanan khas Bogor satu ini terbuat dari toge rebus yang dicampur dengan mi telur kuning, serta irisan tahu.

Semua bahan kemudian dicampur dengan bumbu yang terbuat dari oncom, tauco, serta kecap manis.

Menyantap toge goreng paling nikmat sembari memandangi rintik hujan yang sedang turun di Kota Hujan ini.

3. Pepes Sagu

Kalau pepes ikan dan tahu sepertinya sudah biasa ya. Itulah kenapa kamu wajib banget cobain pepes sagu ini. Bahan dasarnya adalah pisang.

Kamu akan merasakan manis yang pas! Sekarang ini, sudah banyak macam rasanya, seperti keju, nangka, dan lain sebagainya.

4. Doclang

Kuliner doclang khas Bogor sekilas terlihat mirip dengan lontong sayur atau kupat tahu karena terdiri dari pesor, irisan kentang goreng, tahu goreng, dan telur rebus kemudian disiram bumbu kacang dan kecap.

Ciri khas dari doclang adalah pesor atau ketupat yang terbuat dari beras yang dibungkus daun putat kemudian direbus selama beberapa jam. Daun putat sendiri adalah jenis tanaman yang tumbuh di kaki Gunung Salak.

Salah satu tempat terkenal di Bogor untuk menikmati doclang adalah Doclang 405 yang sering disebut dengan Doclang Jembatan Merah milik Haji Aos.

Kedai doclang tersebut berada di depan Toko Terang dan dapat dijangkau dengan berjalan dari Stasiun Bogor. Makanan khas daerah Bogor yang satu ini cukup populer dan sering dijadikan menu sarapan.

5. Laksa Bogor

Laksa Bogor menjadi salah satu hidangan yang juga dikenal sebagai makanan khas Bogor. Laksa Bogor kerap dihidangkan di acara syukuran, pesta, atau acara kebudayaan.

Sekilas tampak seperti soto, dengan isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning, dan telur rebus.

Laksa Bogor menggunakan banyak rempah-rempah, dan juga kuah oncom untuk memberikan cita rasa yang khas.

Kamu bisa mengunjungi Laksa Pak Inin yang berjualan sejak 1965, berlokasi di Jl. Palasari, Palasari, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat.

6. Cungkring Pak Jumat

Tidak ada salahnya memulai pagi dengan sarapan asyik di Bogor. Salah satu yang bisa kamu coba adalah cungkring.

Berbahan dasar kaki sapi yang diolah secara khusus, dengan dibagi menjadi empat bagian, dari kikil, kulit, dampal dan urat, diberi kuah bumbu sate, menikmati makanan khas Bogor ini akan sangat berkesan.

Salah satu penjual yang masih tersisa adalah Cungkring Pak Jumat, yang kini sudah diambil alih oleh anaknya, Deden. Berlokasi di Jl. Surya Kencana No.285, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

7. Roti Unyil Venus

Makanan khas Bogor satu ini bisa dijadikan oleh-oleh khas Bogor yang harus kamu bawa pulang.

Keunikan dari roti ini terletak pada bentuknya yang “unyil” alias tak lebih dari 5 cm. Selain itu, roti unyil ini pun memiliki pilihan rasa yang sangat beragam dan tentunya enak.

Berbagai rasa yang ditawarkan Roti Unyil Venus adalah abon, keju, sosis, bakso, moka, cokelat, susu, jagung, kacang, nanas, pisang, kismis, stroberi, cokelat kacang, dan pisang cokelat.

Kamu bisa membawa roti unyil ini dalam berbagai ukuran kemasan. Jika ingin membeli Roti Unyil Venus, kamu bisa mendatangi toko pusatnya di Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No 1.

8. Lapis Talas

Lapis talas Kue ini menjadi salah satu cara baru untuk menikmati talas. Bolu berbahan dasar talas dan tepung ini menjadi primadona oleh-oleh khas Bogor.

Bolu ini terkenal dengan warna kuning dan ungu. Ada berbagai macam rasa, seperti keju, talas, cocopandan, hingga kopi susu.

Salah satu toko yang menjual adalah Lapis Bogor Sangkuriang. Ada beberapa toko resmi maupun toko mitra dari merek ini. Jadi sangat mudah ditemukan.

9. Strudel Bogor

Strudel merupakan makanan khas Bogor berupa pastri berlapis yang biasanya berisi manisan seperti potongan apel, cokelat, dan karamel.

Di Bogor, ada Strudel Bogor yang wajib kamu jadikan oleh-oleh. Begitu terkenal di kalangan wisatawan, kini Strudel Bogor telah menjadi ikon pusat oleh-oleh terkenal di Bogor bernama Pusat Oleh-oleh Jumbo (Jumpa Bogor).

Strudel di sini memiliki banyak pilihan isian, mulai dari rasa manis seperti buah-buahan cokelat, dan talas, hingga rasa asin seperti asinan dan bakso.

Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp45.000 – 50.000 per kotak. Jika ingin membawa pulang Strudel Bogor, kamu bisa langsung datang ke Jalan Raya Pajajaran No 3F, Baranangsiang.

10. Asinan Bogor

Sebelum toge goreng booming di kalangan pecinta kuliner, asinan khas Bogor lah yang menjadi primadona kota tersebut. Kudapan ini diolah dengan teknik pengasinan menggunakan garam ataupun cuka.

Bahan-bahannya pun cukup sederhana yakni, potongan sayur dan buah segar. Menyantap asinan bogor paling nikmat disantap bersama kerupuk serta potongan lontong atau ketupat, serta sambal pedas.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Bogor yang terkenal dan wajib kamu coba. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata bogor    #bogor    #travel    #kuliner    #makanan khas bogor    #sentul bogor   

Baca Juga