10 Makanan Khas Sumbawa yang Lezat dan Menggugah Selera

Wanovy | Travel | 21-01-2023

Makanan khas Sumbawa/Ayam Taliwang, foto: Instagram @akuuubanget

PARBOABOA, Sumbawa - Saat berkunjung ke destinasi Sumbawa tak lengkap rasanya jika belum mencoba berbagai kuliner khasnya. Seperti di daerah lain, pulau ini memiliki banyak sekali menu andalan.

Mulai dari makanan berat dengan cita rasa asin gurih sampai kudapan manis. Semuanya dijamin bakal menyempurnakan liburan Anda bersama keluarga di Sumbawa.

Anda penasaran menu apa saja yang harus dicoba? Berikut daftar lengkap makanan khas Sumbawa yang patut dicoba.

1. Ayam Taliwang

Boleh dikata, kalau ini adalah makanan khas Sumbawa yang paling dikenal banyak orang. Tak hanya di Sumbawa, makanan ini juga dikenal dan dapat ditemukan di daerah lain, termasuk Jakarta dan Bandung. Namun, bila ingin mencoba Ayam Taliwang yang otentik, maka datanglah saja langsung ke Sumbawa.

Adapun Ayam Taliwang sendiri dibuat dari daging ayam yang dibakar bersama bumbu yang terbuat dari cabai merah kering; bawang putih; bawang merah; terasi; tomat dan bahan-bahan lainnya.

Di Sumbawa, Anda bisa menyantap sajian ini di Warung Ayam Bakar Taliwang yang ada di Kuang, Taliwang, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

2. Nga'a Watary Patau Kabbe

Kalau diibaratkan, makanan khas Sumbawa satu ini adalah versi Sumbawa dari Nasi Jagung Madura.

Perumpamaan itu tak lepas dari bentuk makanan ini yang mirip Nasi Jagung. Adapun proses pembuatan makanan ini terbilang cukup mudah.

Jagung sebagai bahan utama makanan ini bakal digiling. Sesudah itu, jagung tersebut bakal dicampur bersama kacang merah yang sudah dimasak hingga bentuknya pecah.

Di Sumbawa, makanan ini lazim disantap bersama dengan sejumlah lauk lainnya. Seperti: ayam kampung dan kuah santan.

3. Sepat

Makanan khas Sumbawa yang berikutnya yaitu sepat. Kuliner yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat NTB, sehingga belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Sumbawa tanpa mencicipi sepat.

Sepat merupakan makanan berkuah asam berisi ikan bakar, asam sumbawa, irisan tomat, belimbing wuluh, kemiri, terong, dan sebagainya. Adapun ikan yang digunakan biasanya ikan kakap atau baronang.

4. Singang

Sama dengan sepat, makanan khas Sumbawa yang satu ini juga mengandalkan ikan sebagai bahan dasar.

Hidangan mirip gulai ikan ini merupakan olahan kakap atau bandeng yang dipotong-potong dan ditumis.

Makanan dengan rasa asam ini terbuat dari campuran rempah, di antaranya asam, bawang merah, bawang putih, kunyit, tomat, kemiri, dan sebagainya.

5. Uta Maju Puru

Uta Maju Puru berbahan dasar daging rusa,  santapan ini sebenarnya adalah kudapan, atau camilan yakni berupa dendeng daging rusa yang diproses melalui pengeringan dan kemudian dipanggang di atas bara.

Jika dendeng sapi di daerah lain dilengkapi dengan ketumbar dan gula, maka Uta Maju Puru hanya ditaburi garam untuk menikmati cita-rasa yang gurih.

Selain di panggang secara utuh di atas bara api, cara lain menikmati makanan ini adalah dengan membakar dendeng, kemudian dicacah dengan batu hingga tercabik, kemudian cabikan daging tadi dipanggang lagi untuk kemudian menjadi santapan.

6. Gecok

Gecok berbahan dasar daging dan jeroan sapi yang digoreng bersama belimbing wuluh, parutan kelapa dan tumisan asam.

Makanan khas Sumbawa ini sedikit berkuah dan rasanya pedas asam. Kira-kira rasanya hampir mirip rendang namun ada rasa khas asam Sumbawa yang membuat Gecok berbeda dengan tumis daging pada umumnya.

7. Pelu Lenga

Pelu Lenga merupkan makanan khas Sumbawa yang mirip  dengan urap di daerah lain. Pelu Lenga memiliki perbedaan dengan urap di daerah lain yaitu bahan dasar yang digunakan seperti kacang panjang, nangka muda, toge, kacang polong yang direbus dan diberi bumbu wijen atau lenga yang berwarna hitam.

Pelu lenga pada awal nya dijadikan menu yang disuguhkan pada saat berbuka puasa di bulan Ramadhan namun kini sudah banyak disajikan di berbagai rumah makan di sumbawa dan sangat cocok sebagai menu makan siang.

8. Rembarang

Rambarang adalah masakan berkuah yang khas dengan bahan dasar ikan asin yang dibakar dicampur sayur mayur seperti kacang panjang terong besar dan pepaya muda.

Untuk kuahnya dibuat dari santan. Rambarang ini merupakan makanan wajib yang disuguhkan masyarakat di siang hari di saat panen. Namun sekarang sudah banyak di temukan di berbagai rumah makan yang ada di sumbawa.

9. Mangge Mada

Mangge Mada dalam bahasa Mbojo yang artinya “Gulai Jantung Pisang”, masakan ini merupakan masakan tradisional Bima yang bisa anda jumpai di kota Bima, kabupaten Bima, dan Dompu.

Mangge Mada berbahan utama jantung pisang, biasanya yang digunakan jantung pisang raja agar khas Mangge Madanya bisa terasa gurih dan nikmat saat dicicipi oleh lidah.

Bahan tambahannya seperti daging ayam cincang, udang bakar, santan, jeruk nipis, rebu, dan cabe rawit. Warna kuah Mangge Mada putih kecoklatan dari warna jantung pisang yang dibakar dan santan kelapa.

10. Bubur Palopo

Dalam bahasa Sumbawa, bubur palopo artinya bubur kerbau. Ya bubur ini menggunakan susu segar kerbau sebagai pengganti santan.

Tambahan lainnya adalah gula merah dan air rebusan terong kuning, Jadi enggak pakai daging kerbau sama sekali sih.

Jangan khawatir ya buat yang enggak suka daging kerbau. Bubur ini menjadi makanan khas Sumbawa yang enak lho, gurih-gurih manis. Enggak ada citarasa kerbaunya sama sekali.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Sumbawa yang lezat dan menggungah selera. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata sumbawa    #sumbawa    #travel    #tempat wisata    #kuliner sumbawa    #NTB    #lombok   

Baca Juga