Makanan khas Tulungagung/Ayam Lodho, foto: masakapahariini.com

10 Makanan Khas Tulungagung yang Lezat dan Wajib Dicicipi

Wanovy | Travel | 20-09-2022

PARBOABOA, Tulungagung - Makanan khas Tulungagung cukup beragam, mulai dari jajanan pasar sampai kuliner tradisional Jawa dengan cita rasa uniknya. Berikut ini ada rekomendasi kuliner Tulungagung yang wajib dicoba.

Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu daerah yang punya potensi di bidang pariwisata. Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini, mempunyai beberapa objek wisata unggulan seperti Pantai Sine, Pantai Popoh, Candi Dadi, dan sebagainya. 

Objek-objek wisata tersebut dapat menjadi pilihan alternatif, saat para pelancong mampir untuk berlibur sembari menikmati makanan khas Tulungagung.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut beberapa makanan khas Tulungagung yang wajib Anda coba.

1. Ayam Lodho

Rekomendasi makanan khas Tulungagung yang pertama adalah ayam lodho. Ayam lodho adalah salah satu jenis olahan daging ayam dengan santan dan rempah khas Indonesia.

Makanan khas Tulungagung yang satu ini begitu populer dan diminati oleh banyak wisatawan.

Ayam lodho biasanya menggunakan ayam kampung yang dibakar dan kemudian dimasak lagi bersama santan dan bumbu pedas.

Tekstur makanan ini sangat empuk dan lembut, cocok disantap siapa saja. Secara umum, cita rasa ayam lodho adalah pedas gurih berkat rempah dan cabainya.

2. Sego Bantingan

Rekomendasi makanan khas Tulungagung yang kedua adalah sego bantingan. Sego bantingan merupakan kuliner original khas Tulungagung yang kerap disamakan dengan sego kucing.

Sego bantingan adalah makanan yang terdiri dari nasi dan lauk pauk, yang dibungkus menggunakan kertas.

Harganya pun murah meriah, membuat siapa saja bisa menyantapnya. Kuliner ini dinamakan bantingan sebab nasi bungkus ini hanya seukuran kepalan tangan seolah-olah dapat dengan mudah dibanting. Sego bantingan mudah ditemukan terjual di sepanjang jalan Tulungagung.

3. Bakso Kikil Tulungagung

Selain rujak cingur, di Pasar Sore Tulungagung sebelah pojok juga terdapat kuliner khas yang nikmat. Yaitu bakso kenyal yang sangat enak dan dilengkapi isian dagingnya sangat pas.

Penasaran apa nama kulinernya? Ya, Bakso kikil namanya. Meskipun di daerah lain juga ada sajian kuliner bakso kikil.

Tapi, untuk bakso kikil khas Tulungagung ini sangat pas untuk anda coba ketika sedang berada di Tulungagung.

Apalagi jika Anda naik kereta pastinya Anda akan lebih mudah mendapatkan bakso kikil ini. Sebab, warung bakso kikil ini berada di dekat stasiun.

4. Sate dan Gulai Kambing

Sate Kambing Tulungagung memiliki cita rasa gurih dan lezat. Apalagi saat dibakar sate dicelupkan ke kuah gulai.

Setelahnya ditambah bumbu Petis dan kecap manis. Terasa khas sajian kuliner Tulungagung.

Paduan daging kambingnya diolah dengan campuran bumbu rempah. Paduannya saat disantap dengan sepiring nasi hangat benar-benar menggugah selera.

5. Nasi Pati Tulungagung

Meskipun terlihat sederhana dan kelihatanya kurang menarik nasi patik adalah makanan yang favorit bagi masyarakat Tulungagung.

Nasi patik adalah nasi yang sangat luar biasa dan juga banyak diminati orang. Nasi yang disajikan dengan sayur lodeh dan urap-urap serta beberapa lauk seperti ayam dan telur, telah menjadi makanan yang sangat menghipnotis para penikmatnya.

Karena makanan khas Tulungagung ini termasuk kuliner malam, jika kalian ingin mencoba silahkan datang menuju pasar induk Tulungagung yaitu pasar ngemplak, di sekitar situ terdapat warung nasi patik yang sangat rami dengan pengunjung.

Penjual yang sudah sepuh dan di temani dengan anaknya menambah ke khasan dari makanan ini, sangat direkomendasikan untukmu yang suka lapar jika dimalam hari.

6. Pindang Terong Pedas

Makanan khas Tulungagung yang selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Tulungagung adalah pindang terong pedas.

Pembuatan masakan yang satu ini juga sangat sederhana. Namun cita rasa yang ditawarkan sangat nikmat dan lezat tentunya.

Bagi anda yang menyukai makanan pedas, maka ini merupakan sayur yang cocok untuk dinikmati.

Untuk membuatnya anda hanya memerlukan bahan seperti terong sebagai bahan utamanya. Kemudian anda tinggal menumis bumbunya sebelum dihaluskan. Anda juga membutuhkan santan untuk menambah cita rasanya semakin nikmat.

7. Nasi Bantingan

Makanan khas Tulungagung selanjutnya adalah nasi bantingan. Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke Tulungagung, sudah pasti masih asing dengan makanan nasi bantingan ini.

Nasi bantingan merupakan makanan yang dikenal dengan harganya yang terjangkau dan juga dengan cita rasa yang nikmat.

Nasi bantingan ini hampir sama dengan nasi rames, namun tentunya memiliki rasa yang berbeda dengan nasi rames yang dikenal sebagai makanan khas di Jawa Tengah.

8. Jenang Grendol

Jenang grendol memiliki cita rasa manis dan gurih. Makanan khas Tulungagung ini sangat cocok disantap ketika waktu santai.

Makanan ini terbuat dari tepung kanji dan gula merah. Prosesnya yaitu dengan cara direbus sampai menciptakan jel lengket berwarna merah.

Biasanya jenang grendol disajikan dengan bubur ketan hitam. Selain itu, ada juga yang menambahkan umbi-umbian di dalam makanan tersebut.

9. Gembrot

Gembrot adalah makanan khas Tulungagung yang unik. Terbuat dari dedaunan hijau seperti semangi, jantung pisang, sambiloto, dan sebagainya, yang dicampur parutan kelapa muda serta bumbu.

Uniknya, makanan khas Tulungagung ini dibungkus daun pisang lalu dikukus. Beberapa penjual kerap menambahkan ikan, teri, tempe, dan lainnya.

10. Kepiting Sambal Ijo

Menggoyang lidah dengan masakan laut yang khas dari kota Tulungagung ini adalah kepiting sambal ijo.

Jenis masakan ini membuat lidah Anda menjadi ketagihan jika sekali menikmatinya. Hal ini karena rasa bumbu sambal ijo ini khas dan membuat perut yang lapar menjadi sangat puas dengan menikmati masakan ini.

Nah, itulah tadi beberapa makanan khas Tulungagung yang lezat dan wajib Anda cicipi. Happy holiday!

Tag : #wisata tulungagung    #tulungagung    #travel    #tempat wisata    #jawa timur    #kuliner tulungagung   

Baca Juga