Buah Ceri

Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan Tubuh

Martha | Kesehatan | 21-12-2021

PARBOABOA – Buah cherry merupakan jenis buah yang berfamili dengan Rosaceae sama juga seperti buah persik, plum, dan nektarin. Buah ini dahulunya sangan dinikmati sebagai sajian sehat sejak zaman bangsa Romawi kuno.

Buah ceri memliki dua jenis, yaitu ceri manis dan ceri asam. Ceri asam mengandung kalori yang rendah dibandingkan ceri manis, namun mengandung vitamin C dan beta karoten yang tinggi.

Manfaat buah ceri sangat bagus bagi tubuh karena mengandung nutrisi didalamnya. Buah ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, kalium, serat, bitamin B, vitamin K, dan magnesium. Bukan hanya itu saja, buah ceri juga kaya akan senyawa aktif yang bersifat antioksidan dan antiradang.

Berikut manfaat dari mengonsumsi buah ceri baik untuk kesehatan.

1. Melindungi tubuh dari radikal bebas
Seperti yang sudah dijeskan di atas bauh ceri mengandung antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu kanker dan penyakit lainnya. Antioksidan yang dimiliki buah ini ada dua yaitu hydroxycinnamic acid dan perillyl alcohol.

2. Menjaga kadar kolestrol tetap stabil
Orang yang memiliki berat badan berlebihan kerap memiliki kadar kolestrol yang tinggi. Supaya kadar kolestrol tetap stabil anda bisa menambahkan buah ceri untuk dimakan agar dapat mengembalikan berat badan. 
Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus kalian bisa mengonsumsi buah ceri selama 4 minggu, untuk yang obesitas dapat menurunkan kadar lemak darah.

3. Mengatasi peradangan dan kerusakan otot
Peradangan dalam tubuh dapat diatasi dengan memakan buah ceri. Khasiat ini ada dalam senyawa antosianin dan fenolik pada buah ceri.

4. Mengurangi risiko hipertensi dan stroke
Buah ceri mengandung sumber vitamin C dan kalium. Kalium yang ada dalam buah ceri dapat mengurangi resiko hipertensi dan stroke.  Bukan hanya itu saja buah ceri juga dapat menjaga tekanan darah, sistem pencernaan, denyut jantung, serta menyeimbangkan pH atau asam basah tubuh.

5. Mengatasi insomnia
Kandungan buah ceri memiliki zat antiradang yang bisa membantu mengatasi insomnia. Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa jus buh ceri asam memiliki efek yang sama dengan obat tidur untuk mengatasi insomnia.

Tag : #buah ceri    #kesehatan   

Baca Juga