Magang merupakan salah satu kegiatan penting untuk mengenalkan dunia kerja kepada mahasiswa (Dok:pintek.id)

Penting! Inilah Manfaat Mengikuti Magang Bagi Mahasiswa

Dimas | Pendidikan | 21-05-2022

PARBOABOA, Jakarta – Magang merupakan salah satu kegiatan yang penting dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa. Lazimnya, kegiatan ini memang telah diatur oleh perguruan tinggi atau kampus sebagai salah satu syarat kelulusan. Namun, ada juga kampus yang tidak mewajibkan mahasiswanya untuk ikut kegiatan ini.

Magang sendiri adalah proses penerapan pengetahuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan untuk diaplikasikan secara langsung pada dunia kerja.

Program magang di beberapa kampus biasa dikenal dengan sebutan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Adapun tujuan utama dari magang ini adalah mempersiapkan para pelajar/mahasiswa untuk masuk dunia kerja dan bisa memberi keterampilan yang dibutuhkan industri atau perusahaan.

Terlepas dari keperluan kuliah atau syarat kelulusan, magang dinilai memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang akan didapatkan oleh mahasiswa jika mengikuti program magang:

1. Mengenal dunia kerja

Pada hari pertama magang, mahasiswa biasanya akan diperkenalkan dengan metode kerja perusahaan. Mahasiswa lantas bakal diminta untuk bisa beradaptasi dengan budaya kerja tersebut

Hal ini dapat membuat mahasiswa lebih bisa mengenali dunia kerja secara utuh, mulai dari cara menyelesaikan masalah, cara mengembangkan, hingga mengeksekusi ide-ide untuk kebutuhan perusahaan.

2. Menambah Pengalaman dan Keahlian

Magang merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pengalaman sebelum benar-benar memasuki dunia kerja setelah tamat dari masa studi. Saat ini, banyak perusahaan yang memberikan persyaratan bagi para pelamar untuk memiliki pengalaman kerja yang relevan atau sesuai dengan posisi yang dilamar.

Selain pengalaman, kegiatan magang tentunya bisa meningkatkan keahlian seperti komunikasi. Saat melakukan kegiatan magang, Anda pastinya akan diwajibkan untuk menciptakan komunikasi yang baik antar sesama rekan kerja.

Selain itu, Anda tentunya akan mengetahui kelemahan dan kelebihan diri dari timbal-balik yang diberikan rekan kerja atau pun atasan. Sehingga, dari timbal-balik tersebut, Anda akan tahu mana yang harus ditingkatkan, diperbaiki, dan dipertahankan untuk menghadapi dunia kerja profesional.

3. Menambah Relasi di Lingkup Profesional

Bertemu dengan banyak rekan kerja di perusahaan tempat Anda magang, pastinya akan membuat Anda bisa membangun relasi (networking) untuk mendapatkan hal-hal baik seperti belajar keahlian dalam suatu bidang, mendapatkan mentor yang berpengalaman, mendapatkan partner bisnis, serta membuka peluang untuk menjadi karyawan tetap di perushaan.

Selain itu, Jika Anda kebetulan mendapat kesempatan untuk mengikuti suatu event yang berhubungan langsung dengan perusahaan lain saat magang, hal ini bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk menambah jaringan di luar rekan kerja tempat magang.

4. Mengeksplorasi Berbagai Pekerjaan

Saat ini, tak sedikit para pelajar/mahasiswa yang kebingungan untuk menentukan rencana kerja setelah tamat dari masa studi. Kebingungan tersebut bisa disebabkan oleh kurangnya pengalaman di dunia kerja secara langsung. Sehingga, mereka bingung menentukan rencana kerja yang diinginkan atau diminati.

Untuk itu, semakin banyak pengalaman magang saat di perkuliahan, akan semakin banyak juga kesempatan untuk melihat dan menentukan bidang mana yang memang benar-benar diinginkan atau diminati. Setelah Anda tahu, hal ini akan memudahkan Anda untuk memutuskan karier yang akan Anda ambil setelah selesai dari masa studi.

5. Menambah Daftar Pengalaman Dalam Resume

Resume atau biasa dikenal daftar riwayat hidup (CV) merupakan salah satu hal penting yang harus disiapkan untuk masuk dunia kerja. Sebab, CV akan berguna untuk mengenalkan bagaimana diri Anda kepada perusahaan. Anda bisa mencantumkan pengalaman-pengalaman magang yang Anda ikuti pada CV. Hal itu perlu dilakukan karena pengalaman tersebut bisa menjadi bahan acuan penilaian bagi pewawancara yang akan mewawancarai Anda saat melamar pekerjaan. Apalagi jika Anda mendapat predikat yang memuaskan dalam magang tersebut, tentu Anda akan mendapat penilaian lebih dan berpeluang besar untuk diterima di perusahaan yang ingin Anda masuki.

6. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Selain mendapatkan pengalaman dan keahlian, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan magang. Biasanya, perusahaan-perusahaan yang membuka kesempatan magang akan memberikan uang saku sebagai upah dari magang. Namun, tak semua perusahaan memberikan uang saku tersebut.

Nah, itulah seputar informasi mengenai manfaat-manfaat yang bisa didapatkan pelajar/mahasiswa ketika mengikuti magang.

Tag : #mahasiswa    #magang kerja    #pendidikan    #pkl    #perguruan tinggi   

Baca Juga