Facebook dan Instagram siapkan fitur jual beli NFT

Meta Lewat Facebook dan Instagram Kembangkan Fitur Jual Beli NFT

Wanovy | Teknologi | 25-01-2022

PARBOABOA - Popularitas NFT yang kian menggila mendorong Meta menyiapkan fitur untuk mempermudah penggunanya membuat dan menjual NFT di Instagram maupun Facebook.

Melansir dari Detik, rencana itu masih dalam tahap permulaan dan pewacanaan. Bisa saja mereka akan mengalami perubahan rencana.

Namun, dikatakan oleh seorang narasumber, jika rencana Meta ini akan menjadi kenyataan, mereka akan bekerja sama dengan dompet digital Novi untuk mendukung proyek tersebut.

Mengikuti jejak Twitter, tim Meta untuk Facebook dan Instagram sedang menyiapkan fitur untuk memasang gambar NFT sebagai foto profil pengguna.

Berdasarkan laporan Financial Times, fitur yang dikembangkan oleh tim Facebook dan Instagram nantinya dapat menampilkan NFT sebagai gambar profil. Mereka pun disebutkan membuat prototipe untuk pengguna yang ingin membuat NFT baru.

Laporan lain menyebutkan kalau dua media sosial ini sedang menggodok mengenai peluncuran pasar bagi pengguna untuk melakukan jual beli NFT. Hanya saja belom dapat dipastikan sejauh mana rencana tersebut akan direalisasikan.

Namun, rencana saat ini masih dalam tahap awal dan dapat berubah. Menurut The Verge, jika perusahaan benar akan meluncurkan fitur tersebut, maka akan menjadi dukungan arus utama terbesar untuk NFT dan akan membantu memperkuat tempat aset dalam dunia digital.

Ini bukan pertama kalinya Instagram menunjukkan minatnya terhadap NFT. CEO Instagram, Adam Mosseri, pada Desember lalu mengatakan perusahaan secara aktif mengeksplorasi NFT dan ingin memberikan kemudahan bagi khalayak yang lebih luas.

Sementara itu pada Oktober 2021, CEO Meta Mark Zuckerberg membicarakan bagaimana metaverse dapat mendukung kepemilikan digital atau NFT.

Fitur-fitur baru ini konon mulai memasuki tahap awal pengembangan. Oleh karena itu, masih ada kemungkinan jika Meta akan melakukan sejumlah penyesuaian dalam beberapa waktu ke depan. Meski demikian, laporan tersebut mengatakan bahwa rencana ini masih berada pada tahap yang sangat awal. 

Sehingga, masih ada kemungkinan perusahaan akan membatalkan atau tetap melanjutkan rencana tersebut.

Rumor lain menyebutkan bahwa saat ini pihak Meta juga sedang mendiskusikan rencana untuk meluncurkan marketplace khusus untuk jual beli NFT. Saat ini, aset digital berbentuk NFT memang tengah naik daun.

Untuk diketahui, NFT menurut Forbes adalah aset digital yang menggambarkan objek asli seperti karya seni, musik, atau item yang terdapat pada video dan game.

Sederhananya, NFT mengubah karya seni digital dan jenis barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya sehingga karya tersebut bisa diverifikasi keasliannya dan mudah diperdagangkan melalui blockchain.

Sampai saat ini, NFT masih menjadi perbincangan terutama sejak munculnya Ghozali Everyday yang berhasil meraup miliaran rupah dengan menjual foto selfie-nya sebagai NFT. Bahkan, tak sedikit juga tokoh dan artis Indonesia yang ikut jual beli aset NFT.

Bagi Anda pemula yang ingin terjun ke dunia NFT, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa itu sebenarnya NFT dan bagaimana cara kerja NFT.

Kami juga sudah menyediakan artikel seputar tips membuat NFT agar laku seperti Ghozali Everyday yang bisa Anda coba. Semoga membantu!

Tag : #facebook    #instagram    #nft    #ghozali everyday    #instagram   

Baca Juga