Minuman yang Dapat Menurunkan Kolesterol Pasca Menyantap Daging Kurban (Parboaboa)

6 Minuman Ini Mampu Menurunkan Kolesterol Pasca Menyantap Daging Kurban

Sari | Kesehatan | 11-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Setelah kemarin umat Islam merayakan Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, banyak dari kita yang langsung menyantap olahan dengan bahan dasar daging, seperti gulai, rendang, opor, semur, dan olahan lainnya.

Hal ini tentu membuat kita kadang kalap memakan olahan daging dalam porsi banyak. Setelah makan, risiko peningkatan kolesterol dalam darah akan menghantui kesehatan kita. Di mana seseorang yang mengalami kadar kolesterol tinggi dapat memicu beragam penyakit, seperti jantung, stroke, dan lainnya.

Untuk mencegah berbagai penyakit pasca menyantap berbagai olahan daging kurban, Parboaboa sudah menyiapkan informasi tentang minuman yang dapat menurunkan kolesterol Anda. Apa saja sih? Langsung simak ulasan di bawah ini ya.

Minuman Penurun Kadar Kolesterol

1. Teh Hijau

Minuman penurun kolesterol yang baik Anda minum setelah menyantap berbagai olahan daging adalah teh hijau. Kandungan catechin dan polifenol yang ada pada teh hijau akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, minuman ini juga diklaim mampu menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Jus Apel

Jus Apel merupakan minuman yang kaya akan serat dan polifenol yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, polifenol dalam segelas jus apel bisa menurunkan risiko terjadinya penyumbatan dalam darah.

3. Jus Jeruk

Jus jeruk merupakan minuman yang mengandung antioksidan sangat tinggi, khususnya flavonoid, carotenoid, dan asam askorbat. Apabila Anda rutin mengonsumsinya, maka kadar kolesterol dalam darah Anda akan menurun.

4. Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan minuman tradisional yang terbukti mampu menurukan kadar kolesterol. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Nutrition Journal pada tahun 2017, bahwa kadar kolesterol pada orang yang mengonsumsi kurkumin menurun dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak mengonsumsinya.

5. Susu Kedelai

Minuman berikutnya yang dipercaya menurunkan kadar kolesterol dalam darah adalah susu kedelai. Dengan rutin mengonsumsi ½ gelas susu kedelai, kolesterol LDL turun hingga 5-6 persen.

6. Jus Alpukat

Buah alpukat merupakan sumber dari lemak tak jenuh yang baik dikonsumsi, khususnya bagi mereka yang mengalami obesitas. Buah ini mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

 Jika ingin membuat jus alpukat, sebaiknya jangan tambahkan gula. Alternatif pengganti gula yang bisa Anda konsumsi adalah dengan menambahkan madu.

Jadi untuk Anda yang kemarin sempat menyantap berbagai sajian daging kurban, jangan lupa untuk mengonsumsi salah satu jenis minuman di atas ya.

Tag : #minuman penurun kolesterol    #olahan daging    #kesehatan    #manfaat teh hijau    #minuman sehat    #idul adha   

Baca Juga