Model atap rumah minimalis, foto: desain.id

10 Model Atap Rumah Minimalis Modern Terbaru 2022

Wanovy | Rumah | 02-04-2022

PARBOABOA - Estetis dan fungsional, beragam desain atap rumah minimalis modern berikut mudah ditiru di hunian kecil sekalipun. Intip yuk!

Apapun bentuk rumah, pasti membutuhkan atap yang tepat untuk melindunginya. Terlebih lagi atap adfalah bagian rumah yang paling tinggi dan tampak dari kejauhan.

Meski mempunyai fungsi penting dalam sebuah rumah, banyak orang melupakan bagian ini.

Model atap rumah akan mempengaruhi model keseluruhan rumah. Meskipun modelnya cenderung sama, kamu akan tetap membutuhkan konsep untuk memilih model atap rumah minimalis.

Selain memperngaruhi konsep rumah, atap juga memiliki fungsi vital untuk melindungi bangunan kokoh yang menyokongnya dari hujan maupun panas terik matahari.

Sehingga diperlukan pemilihan bahan yang tepat untuk membuat atap rumah kuat dan tidak mudah rusak.

Nah, dibawah ini Parboaboa sudah siapkan beberapa model atap rumah minimalis yang bisa kamu coba tiru. Simak sampai habis ya!

1. Model Atap Rumah Hip

(Sumber: mustikaland.co.id)

Apabila kamu ingin yang lebih sederhana, model atap rumah hip atau yang biasa disebut perisai bisa kamu jadikan pilihan.

Model hip mempunyai dua bidang trapesium dan juga dua bidang segitiga yang bertemu pada satu garis. Model atap rumah minimalis seperti ini seringkali dipakai di Indonesia untuk desain rumah minimalis.

Walaupun terlihat sederhana, model satu ini punya banyak kelebihan, lho. Antara lain sangat tahan apabila ada angin kencang, mudah sekali menumpahkan air hujan, memungkinkan lebih banyak ventilasi, dan bisa menyediakan banyak ruangan pada loteng.

2. Bersusun dalam Ragam Kemiringan

(Sumber: artikel.rumah123.com)

Tingkat kemiringan atap dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada fungsinya sebagai penutup rumah.

Kamu bisa meniru desain terbaik dengan memasang model atap rumah minimalis pada tingkat yang berbeda di beberapa area.

3. Model Atap Rumah Sandar

(Sumber: mustikaland.co.id)

Model atap rumah minimalis lainnya ada yang namanya sandar atau bisa disebut skillion. Sudah jelas dari namanya, atap ini mempunyai karakter dengan atap tunggal miring yang menempel di dinding yang lebih tinggi.

Apabila dilihat sekilas, atap ini lebih cocok dipakai untuk melindungi gudang atau ruangan tak berpenghuni lainnya.

Namun saat ini, justru atap sandar banyak dipilih karena beberapa keunggulannya. Contohnya saja seperti sangat mudah untuk dibangun, bahan bangunan yang dipakai sedikit, desainnya mempermudah untuk mengalirkan air, dan modelnya sangat estetik.

4. Model Atap Miring Modern

(Sumber: pinhome.com)

Untuk hunian satu lantai selanjutnya. Model atap rumah minimalis miring satu sisi seperti ini bisa mengubah tampilan arsitektur hunian terlihat lebih elegan dan modern.

Meskipun berada pada lahan yang terbatas, kombinasi dinding kaca sebagai jendela membuat tampilan hunian menjadi lebih luas

5. Model Atap Kupu-Kupu

(Sumber: Deliasphotos)

Atap memanjang ke samping model kupu-kupu seperti di atas juga mulai menjadi tren. Hal tersebut karena estetikanya yang dibuat simetris namun terbalik menjadikan atap ini sangat unik.

Model atap rumah minimalis seperti ini seolah-olah merupakan kebalikan dari konsep desain atap rumah klasik.

6. Model Atap Rumah Minimalis Lurus

(Sumber: Realestate)

Model atap rumah memanjang dengan bentuk lurus juga tidak kalah unik lho. Atap dengan model lurus mendatar menghasilkan desain yang kontemporer.

Sistem pemasangan atap yang tanpa sekrup memberikan tampilan atap yang mulus dan terlihat tanpa celah.

7. Model Atap Minimalis 1 Lantai

(Sumber: Stellamariscollege)

Dalam membangun hunian, konsep minimalis seringkali masih menjadi pilihan konsep yang populer. Konsep minimalis ini seringkali digunakan pada bangunan perumahan ataupun kluster.

Pengaplikasian desain atap minimalis miring ke samping maupun kombinasi pada desain rumah 1 lantai membuat rumah tampak sederhana namun modern.

8. Model Atap Rumah Melengkung

(Sumber: mustikaland.co.id)

Model atap rumah minimalis kekinian lainnya ada desain melengkung. Sesuai dari namanya, atap ini mempunyai bentuk melengkung yang dapat dikreasikan sesuka hati.

Bisa lengkungan landai, tinggi, terbalik, sebagian, dan masih banyak lagi. Kalau kamu menggunakan model atap ini, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan.

Diantaranya memberikan bentuk halus di dalam hunian, dapat menutupi beberapa bagian rumah, dan air mudah mengalir.

9. Desain Atap Rumah Minimalis Teras

(Sumber: yarddirect.com)

Keterbatasan lahan untuk membuat teras bisa diatasi dengan mengadopsi rancangan hunian yang banyak di Eropa ini.

Teras di tingkat dua bisa membantumu memaksimalkan area yang ada dengan teras mungil yang cantik.

10. Model Atap Rumah Berulir

(Sumber: dekorrumah.net)

Rekomendasi model atap rumah minimalis yang berikutnya cocok digunakan untuk kamu yang tinggal di daerah dengan tingkat curah hujan tinggi.

Ulir yang ada di atap dapat membantu menangkap tekanan pada saat hujan sehingga bunyinya bisa lebih diredam.

Demikianlah beberapa inspirasi model atap rumah minimalis modern terbaru 2022. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang merencanakan desain rumah impian.

Tag : #atap rumah    #rumah minimalis    #model rumah    #desain rumah    #atap memanjang    #atap miring    #atap dak cor   

Baca Juga