parboaboa

Seni Bela Diri Muay Thai: Asal Usul, Teknik Dasar, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangan

Halima | Olahraga | 29-08-2023

Muay Thai (Foto: Pexels/alari tammsalu)

PARBOABOA –  Muay Thai adalah jenis olahraga tinju tradisional yang berasal dari Thailand. Dikenal juga sebagai "Seni Delapan Anggota Tubuh" atau "Seni Naga Sembilan", merujuk pada sekadar pertarungan fisik, tetapi juga mengandung nilai-nilai budaya dan spiritual yang dalam.

Pada awalnya, Muay Thai dikembangkan sebagai metode pertahanan diri dalam pertempuran untuk melindungi tanah air dari ancaman. Para prajurit menggunakan teknik-teknik ini untuk membela kerajaan dan mempertahankan kemerdekaan.

Seiring waktu, Muay Thai bertransformasi menjadi olahraga yang formal dan berkembang menjadi hiburan yang sangat dihargai oleh masyarakat Thailand.

Pertandingan Muay Thai menjadi acara penting dalam festival-festival budaya dan upacara-upacara istimewa, menggambarkan koneksi kuat antara seni bela diri ini dengan identitas nasional. 

Pembahasan selengkapnya tentang Muay Thai dapat Anda temukan pada ulasan di bawah ini.

Sejarah Muay Thai di Indonesia

Sejarah Muay Thai di Indonesia (Foto: Pexels/@rdne stock project)

Sejarah seni bela diri ini di Indonesia memiliki akar yang kuat dalam hubungan budaya dan sejarah antara Indonesia dan Thailand.

Muay Thai adalah bentuk asli dari olahraga yang memiliki fokus pada pertempuran sejati dan dianggap sebagai leluhur dari bentuk modern yang lebih terstruktur.

Pengaruh budaya Thailand di Indonesia terjadi sepanjang sejarah melalui perdagangan dan hubungan diplomatik, mempengaruhi pertukaran seni bela diri, termasuk seni bela diri ini.

Seni bela diri ini menyebar di Indonesia lewat perdagangan, migrasi, dan interaksi budaya dengan komunitas etnis Thailand. Popularitas seni bela diri modern di Indonesia tumbuh dengan sekolah dan klub bela diri yang mengajarkan teknik Muay Thai serta adanya pertandingan baik tingkat amatir maupun profesional.

Media massa juga berperan mempopulerkan seni beladiri asal Thailand ini, dengan acara TV dan platform online yang menampilkan pertandingan internasional. Seni bela diri ini bukan hanya olahraga, melainkan juga warisan budaya dengan nilai etika dan spiritual.

Memahami sejarah dan filosofi seni bela diri ini membantu menghargai warisan budaya yang kaya ini. Sejarah seni bela diri di Indonesia mencerminkan hubungan budaya lama antara kedua negara, dan pengaruhnya terasa dalam perkembangan seni bela diri.

Dengan minat yang tumbuh, warisan budaya seni beladiri ini terus hidup dan berkembang di Indonesia.

Teknik Dasar Muay Thai

Teknik Dasar Muay Thai (Foto:Pexels/@tima miroshnichenko)

Dikutip dari buku Jago Beladiri, oleh Muhammad Syahrial. Daftar teknik ini bukanlah panduan untuk setiap teknik secara terpisah. Panduan akan disajikan untuk detail teknik dan cara pelaksanaannya.

Teknik melibatkan kombinasi pukulan dasar hingga gerakan maju yang jarang ditemui di ring. Pentingnya untuk menguasai teknik dasar Muay Thai adalah sebelum mempelajari teknik canggih yang memiliki risiko lebih tinggi, namun memberikan ganjaran yang lebih besar.

  • Jab, paling mendasar di Muay Thai adalah pukulan. Tusukan itu sering merupakan senjata ofensif pertama yang akan dipelajari. Jab dapat digunakan secara ofensif atau dapat digunakan secara defensif untuk menghentikan lawan yang masuk. Tusukan yang kuat harus menjadi bagian dari setiap persenjataan pejuang.
  • Salib adalah senjata yang dikenal memiliki kekuatan menembak. Ini adalah pukulan yang akan membuat lawan ketakutan jika terhubung dengan benar. Ini adalah tembakan lampu yang akan terasa sakit jika kita mendapatkannya. Secara teknis, salib adalah lurus ke kanan (pada pejuang ortodoks) atau ke kiri (pada southpaw).
  • Lurus Kanan atau Kiri, mirip dengan salib, tetapi seperti sudut diagonal, kanan lurus tidak membelok secara diagonal, tapi merupakan pukulan lurus.
  • Hook adalah teknik yang sangat efektif ika dapat terhubung pada dagu lawan. Hook juga dikenal sebagai pukulan knockout. Hook yang bagus adalah sesuatu yang akan membuat takut lawan. Kait paling umum yang dilemparkan adalah kait kiri oleh pejuang ortodoks. Biasanya, ini dikenal sebagai pukulan knockout karena sesuatu yang sering tidak terlihat.
  • Straight body puch adalah teknik hebat yang kita lemparkan, dominan menggunakan tangan. Ketika kita melempar pukulan lurus, penting untuk tidak membungkuk terlalu rendah atau kita bisa tertangkap dengan lutut menghadap ke wajah. Ini adalah teknik yang harus disiapkan jika tidak akan membiarkan diri terkena lawan. Pukulan tubuh lurus yang baik dapat menjatuhkan lawan.
  • Hook to the body, teknik meninju lain yang dapat digunakan adalah kait tubuh atau pukulan atas yang dirancang untuk merusakkan lawan dari waktu ke waktu. Pukulan tubuh berguna untuk melemahkan lawan karena mereka mulai mengumpulkan tembakkan dan kerusakan sepanjang rode. Namun, mendaratkan kait tubuh ke  kiri ke hati dapat membuat efek yang menghancurkan dan menjatuhkan lawan.
  • Pukulan atas adalah teknik yang efektif dalam jarak dekat atau jarak jauh pukulan bersih dapat dengan mudah membuat lawan pingsan. Pukulan bisa digunakan dengan timah atau backhand dan kekuatan dihasilkan dari inti petarung.
  • Overhand punch adalah teknik meninju yang digunakan dengan backhand petarung. Momentum yang dihasilkan dari pukulan tinju ini adalah salah satu teknik pukulan paling kuat yang bisa dilempar oleh seorang pejuang
  • Spinning back fist adalah pukulan yang dilakukan dengan berputar dan menggunakan belakang tangan (punggung tangan) sebagai titik kontak utama.
  • Cross (Silang): Pukulan melintang dengan tangan belakang. Pada saat yang sama, kaki belakang berputar sedikit untuk menghasilkan tenaga lebih besar.
  • Uppercut (Sikutan): Pukulan dari bawah ke atas, biasanya ditujukan ke dagu atau perut lawan. Ini adalah teknik yang efektif dalam jarak dekat.
  • Front Kick (Tendangan Depan): Tendangan lurus ke depan dengan kaki yang ditekuk. Ujung kaki bertindak sebagai poin kontak utama.
  • Roundhouse Kick (Tendangan Melingkar): Tendangan melingkar yang biasanya ditujukan ke tubuh lawan atau paha. Siku kaki bergerak melingkar untuk menghasilkan tenaga.
  • Knee Strike (Tendangan Lutut): Tendangan dengan menggunakan lutut. Teknik ini efektif dalam jarak dekat dan sering ditujukan ke tubuh atau kepala lawan.
  • Clinch (Pencengkraman): Teknik di mana kedua petarung berada dalam jarak dekat dan saling memegang untuk mengendalikan lawan. Ini memungkinkan untuk pukulan lutut dan keseimbangan yang lebih baik.
  • Elbow Strike (Tendangan Siku): Pukulan menggunakan siku, bisa dalam berbagai arah dan sudut. Teknik ini sangat kuat dan sering digunakan dalam jarak dekat.
  • Blocking (Pemblokiran): Teknik untuk menghalangi pukulan lawan dengan tangan atau lengan. Ini melibatkan menggerakkan lengan atau tangan ke posisi yang tepat untuk meredam dampak pukulan.
  • Footwork (Gerakan Kaki): Gerakan kaki yang efektif membantu Anda menghindari pukulan lawan dan menjaga keseimbangan. Ini melibatkan berbagai langkah dan pergeseran.
  • Defense (Pertahanan), Ini mencakup berbagai teknik untuk menghindari pukulan lawan, seperti menggeser tubuh, mengelak, dan menghindar.

Cara Menguasai Kuda-Kuda Muay Thai untuk Pemula

Kuda-kuda Muay Thai adalah landasan yang tidak dapat diabaikan begitu Anda memasuki perjalanan di dalam disiplin ini.

  • Kuda-Kuda Ortodoks dan Southpaw

Dalam seni beladiri asal Thailand, ada atlet ortodoks (kaki kiri di depan) dan southpaw (kaki kanan di depan), serupa dengan tinju. Gelang kaki bisa mengindikasikan sisi kuat. Penting untuk memahami posisi tubuh sesuai dengan sisi atlet.

  • Posisi Kaki

Idealnya, kaki sedikit lebih lebar dari pundak. Petarung seperti Nong-O Gaiyanghadao menggabungkan jarak kaki. Jarak lebar membantu bertahan dari tendangan, sedangkan posisi kaki dekat cocok untuk tendangan teep. Melatih kaki lebar dari pundak, tekuk lutut, dan jaga jarak. Pastikan paha menghadap paha lawan, hindari posisi menyamping. Posisi kaki berubah sesuai teknik, mirip dengan lengan dan tangan.

  • Posisi Lengan, Siku, Tangan, dan Kepala

Posisi ideal termasuk ibu jari ke pelipis, lengan alami, dan jarak yang tepat antara siku. Lengan tetap dekat tubuh, meskipun perlu ditarik untuk bertahan. Melindungi dengan telapak tangan di dahi dan dagu terlindungi dari pukulan hook. Distribusi berat tubuh yang baik berasal dari posisi ini.

  • Distribusi Berat Tubuh

Keseimbangan berat tubuh di kedua kaki penting. Miring ke depan bisa rentan terhadap tendangan rendah, sementara terlalu banyak pada kaki belakang kurangi daya pukul dan stabilitas. Menemukan keseimbangan yang tepat penting, sesuai konteks dan pengalaman. Juara Dunia Sam-A Gaiyanghadao adalah contoh distribusi berat tubuh yang baik.

  • Footwork Muay Thai

Footwork berbeda dengan tinju. Jarang melihat kaki berada di ujung saat maju atau mundur. Footwork mempertahankan kuda-kuda. Maju gunakan kaki depan, mundur gunakan kaki belakang, samping sesuai kaki arah. Pelajari teknik lanjutan seperti pivot seperti petarung berpengalaman.

Manfaat Muay Thai

Manfaat Muay Thai (Foto:Pixabay/@tinju kickboxing)

Muay Thai adalah jenis olahraga intensitas tinggi yang efektif dalam membakar kalori dan mengurangi berat badan. Dalam setengah jam berlatih, bisa membakar sekitar 300–420 kalori, jumlah yang setara dengan porsi mie instan.

Rajin berlatih juga membawa manfaat kesehatan lain, di antaranya:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Latihan Muay Thai adalah latihan intens memperbaiki sirkulasi darah dan efisiensi pemompaan jantung, mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menguatkan Otot dan Menjaga Keseimbangan

Gerakan dalam seni beladiri ini, termasuk pukulan dan tendangan, membantu memperkuat otot-otot tubuh bagian atas dan bawah. Ragam gerakan dan kecepatan dalam seni bela diri ini juga berkontribusi pada kelenturan, keseimbangan, refleks, dan koordinasi tubuh.

3. Menjaga Kesejahteraan Mental

Seni bela diri ini mengurangi stres melalui gerakan pukulan dan tendangan, merangsang hormon endorfin untuk mood lebih baik, meredakan nyeri, stres, dan kecemasan. Selain itu, interaksi dengan teman atau pelatih dalam seni bela diri ini menghindari rasa kesepian.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Usai berlatih, tubuh cenderung lelah dan mengantuk, mempermudah Anda tidur nyenyak terutama jika sebelumnya mengalami masalah tidur.

Kelebihan dan Kekurangan Muay Thai

Berikut ini adalah kelebihan seni bela diri Muay Thai:                            

1. Interaksi Budaya Baru

Sebagai olahraga nasional Thailand, seni bela diri ini menghubungkan Anda dengan budaya internasional. Ini membawa pemahaman tentang budaya Thailand dan Asia serta keterampilan sehari-hari dan sosial dalam latihan.

2. Pola Makan Sehat

Olahraga seni beladiri ini memperbaiki pola makan Anda. Latihan ini memerlukan asupan makanan yang baik untuk daya tahan dan membangun tulang, serta mengurangi gula untuk menurunkan lemak tubuh.

3. Keterampilan Bela Diri

Kemampuan membela diri penting. Seni bela diri ini mengajarkan bertahan dan menyerang dengan berbagai bagian tubuh. Meskipun jarang digunakan, Anda siap melawan dengan keterampilan atau senjata berbeda.

4. Disiplin Diri

Seni beladiri ini memerlukan dedikasi dan pengorbanan. Meskipun sesi latihannya berat, disiplin diri akan mendorong Anda untuk terus hadir dan berkembang dalam latihan di masa depan.

5. Lingkaran Sosial

Dalam sesi latihan, Anda bertemu orang baru dan membangun ikatan jangka panjang dengan mitra pelatihan, pelatih, dan orang lain di luar gym. Keterampilan sosial baru juga membantu dalam percakapan sekaligus berbagi pencerahan tentang Seni beladiri ini.

Berikut ini adalah kekurangan seni bela diri Muay Thai:                             

1. Ini Mungkin Menimbulkan Cedera Fisik

Seni beladiri ini meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan kelincahan tubuh, meskipun risiko cedera tetap ada. Konsistensi penting; berlatih dengan bijak dan menjaga pola makan yang tepat membantu mencegah cedera serius.

2. Tekniknya mematikan

Di atas ring seni bela diri ini, setiap bagian tubuh digunakan dalam menyerang dan bertahan. Pertarungan seringkali keras dan berdarah, bahkan berakhir dengan KO. Namun, gerakan yang salah bisa berakibat pendarahan internal dan kasus fatal jarang terjadi.

3. Membutuhkan Komitmen

Latihan seni bela diri ini membutuhkan komitmen dan pengorbanan. Latihan aerobik dan anaerobik bisa membuat Anda merasa tertantang. Latihan rutin diperlukan untuk hasil maksimal.

Seni bela diri ini membangun daya tahan dan kekuatan kardio, meski jadwal sibuk bisa menjadi hambatan. Dengan dedikasi, hasil positif akan datang dari seni kuno ini. Latihan ini membangun kebugaran yang mendukung pembelajaran seni bela diri lainnya.

Tips Aman saat Berlatih Muay Thai

Tips Aman saat Berlatih Muay Thai (Foto: Pixabay/@phuket thailand)

Muay Thai adalah jenis olahraga pertarungan yang berpotensi menimbulkan risiko cedera. Cedera yang umum terjadi dalam latihan ini termasuk keseleo pada area seperti bahu, punggung, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

Agar cedera dapat dihindari selama latihan, berikut beberapa tips yang dapat diikuti:

  • Lakukan pemanasan yang memadai sebelum memulai latihan.
  • Dimulai dengan intensitas latihan yang rendah dan tingkatkan secara bertahap.
  • Pastikan saat latihan diawasi oleh pelatih yang berpengalaman.
  • Gunakan perlengkapan pelindung, seperti sarung tinju, pelindung kepala, pelindung lutut, dan pelindung gigi, saat berlatih dengan lawan (sparing).
  • Pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cukup cairan selama latihan.
  • Lakukan pendinginan setelah sesi latihan.

Perlengkapan Latihan Muay Thai Yang Wajib Anda Miliki

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan latihan Seni beladiri yang sebaiknya Anda miliki untuk mendukung latihan dan keamanan Anda:

  • Sarung Tinju

Sarung tinju memberikan perlindungan pada tangan Anda saat melakukan latihan pukulan pada alat pelatihan seperti pelindung tangan atau samsak.

  • Pelindung Mulut

Penting untuk melindungi gigi dan mulut Anda saat berlatih atau bertarung. Pelindung mulut membantu mencegah cedera pada rahang dan gigi.

  • Pelindung Kepala

Pelindung kepala melindungi kepala dan wajah Anda saat berlatih dengan pasangan atau saat sparring. Ini mengurangi resiko cedera pada kepala dan mata.

  • Pelindung Telinga

Pelindung telinga membantu melindungi telinga Anda dari cedera saat berlatih atau bertanding.

  • Pelindung Dada

Jika Anda terlibat dalam sparring atau latihan pertarungan, pelindung dada memberikan perlindungan pada dada dan rusuk Anda.

  • Pelindung Siku dan Lutut

Pelindung siku dan lutut melindungi sendi-sendi tersebut dari benturan keras saat melakukan teknik pukulan atau tendangan.

  • Kuda-kuda (Stance) Pad

Ini adalah bantal berbentuk kaki dan kuda-kuda yang digunakan untuk latihan pukulan dan tendangan. Ini membantu pelatih atau pasangan latihan Anda dalam mendapatkan posisi yang benar.

  • Pelindung Kaki (Shin Guards)

Pelindung kaki melindungi tulang kering dan kaki Anda saat berlatih tendangan dan pukulan rendah.

  • Hand Wrap Muay Thai

Hand wrap memberikan dukungan pada pergelangan tangan dan jari-jari saat Anda memakai sarung tinju. Ini membantu mencegah cedera dan memperkuat pegangan.

  • Pakaian Olahraga

Pakaian yang nyaman dan sesuai dengan aturan gym atau tempat latihan Anda penting untuk memberikan kenyamanan dan kebebasan gerakan.

  • Pelindung Pangkal Paha (Groin Guard)

Pelindung pangkal paha melindungi area pangkal paha dan panggul Anda dari benturan atau pukulan yang tidak sengaja.

  • Tas Berat atau Pelindung Tangan Berat

Ini digunakan untuk melatih pukulan dengan intensitas tinggi dan membangun kekuatan otot.

Akhir Kata

Muay Thai adalah bukan hanya tentang pertempuran fisik, tetapi juga tentang warisan budaya dan nilai-nilai yang diwariskan dari generasi ke generasi di Thailand. Kombinasi antara teknik bertarung yang kompleks dan penghormatan terhadap budaya membuat Muay Thai menjadi lebih dari sekadar seni bela diri. Seni ini mengajarkan keberanian, ketekunan, dan rasa hormat, sambil tetap menjadi ekspresi yang mengagumkan dari fisik manusia yang terlatih.

Editor: Sari

Tag: #seni bela diri    #muay thai    #olahraga    #teknik muay thai    #bela diri muay thai    #manfaat muay thai   

BACA JUGA

BERITA TERBARU