Muhammad Ali Resmi Jabat KSAL, Naik Pangkat Jadi Laksamana

Dilantiknya Laksamana Madya Muhammad Ali menjadi KSAL oleh Presiden Joko Widodo, maka Muhammad Ali mendapat pangkat satu tingkat menjadi Laksamana TNI. (Foto: Dok. Setpres)

PARBOABOA, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana Madya (Laksdya) Muhammad Ali menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) menggantikan Laksamana Yudo Margono yang diangkat menjadi Panglima TNI.

Pelantikan ini digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu (28/12/2022). Adapun kenaikan pangkat ini berdasarkan pada surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/TNI Tahun 2022 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung tinggi etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjujung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden mendiktekan penggalan sumpah jabatan diikuti oleh Ali.

Usai membaca sumpah jabatan, Jokowi kemudian mencopot pangkat bintang tiga dan menyematkan tanda pangkat bintang empat dipundak Laksdya itu. Ali mendapatkan kenaikan satu tingkat lebih tinggi dengan menyandang status sebagai Laksamana.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS