Oleh-oleh khas Gresik/Jubung, foto: Akurat.co

10 Daftar Oleh-oleh Khas Gresik yang Wajib Dibawa Pulang Kampung

Wanovy | Travel | 26-08-2022

PARBOABOA, Gresik - Gresik dikenal dengan banyak sajian kuliner yang lezat dan beragam cinderamata yang menarik. Inilah rekomendasi oleh-oleh khas Gresik yang paling populer dan bisa Anda bawa pulang.

Kota Gresik merupakan salah satu daerah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Yang menarik dari kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini adalah julukannya sebagai kota santri.

Saat berlibur ke kota santri ini, ada banyak tempat wisata yang bisa Anda datangi seperti wisata religi & edukasi, serta wisata alamnya.

Tidak hanya itu kota ini juga mempunyai berbagai kuliner khas yang menarik untuk dicicipi dan dibawah pulang.

Nah, berikut daftar oleh-oleh khas Gresik yang bisa Anda pilih.

1. Kue Jubung

Mengunjungi kota Gresik rasanya tidak akan lengkap jika tidak membeli oleh-oleh satu ini. Kue Jubung merupakan kue tradisional yang memiliki rasa nikmat dan tidak kalah dengan kue modern lainnya.

Berbahan dasar ketan hitam, membuat Anda akan ketagihan dengan rasanya. Ketan hitam yang digunakan merupakan ketan hitam asli tanpa ada campuran, kemudian ditaburi oleh wijen pada permukaannya.

Tampilannya ini semakin manis karena dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kue satu ini memang terlihat sederhana, namun dari kesederhanaan inilah muncul rasa yang begitu menggugah.

Tak heran jika jajanan satu ini begitu diminati oleh berbagai kalangan, termasuk wisatawan. Kue Jubung juga termasuk oleh-oleh yang awet dan tahan lama. Jika Anda ingin mendapatkan harga murah, Anda bisa menuju ke pusat jajanan rakyat yang ada di Gresik.

2. Kue Bonggolan

Masih berupa makanan, Anda bisa menjadikan kue bonggolan sebagai buah tangan ketika mengunjungi kota Gresik.

Oleh-oleh khas Gresik satu ini memang belum banyak yang tahu, karena Anda hanya akan menemukannya di kota semen ini.

Kue satu ini juga memiliki rasa yang nikmat, sehingga banyak yang ingin memborongnya. Rasa gurih mendominasi kue bonggolan ini begitu sampai di lidah anda, membuat Anda tidak ingin berhenti mengunyah makanan.

3. Otak-otak bandeng

Bagi Anda pencinta olahan ikan, harus coba otak-otak bandeng khas Gresik. Biasanya otak-otak ini bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh.

Otak-otak ini dalam keadaan setengah matang, sehingga bisa dipanaskan lagi bila sudah di rumah. Anda bisa mendapatkan makanan ini di toko oleh-oleh khas Gresik.

4. Pudak

Untuk makanan yang manis, Anda dapat menjadikan kue pudak sebagai pilihan. Kue ini dibungkus dengan pelepah daun aren.

Perpaduan rasa manis dan gurih menjadikan kue ini makin lezat. Kue ini terbuat dari tepung beras kemudian ada gula jawa hingga santan dalam proses pembuatan.

5. Petis Gresik

Ada oleh-oleh khas Gresik lain yang dapat Anda manfaatkan sebagai oleh-oleh khas Gresik. Orang suka dengan sambal petis ini sebagai pilihan.

Bumbu ini memang mempunyai warna hitam kecoklatan tetapi rasanya sebdiei memang lezat. Jadi wajar halnya jika banyak orang suka dengan bumbu petis. Teksturnya lembut dan tidak begitu lengket untuk dijadikan buah tangan.

Anda dapat menggunakan langkah mudah dengan memilih oleh-oleh khas Grasik yang sesuai. Pilih oleh-oleh yang tepat untuk diberikan kepada semua kerabat.

Anda dapat menyesuaikan budget dan oleh-oleh yang ingin dibeli. Semuanya memang terjangkau sehingga dapat Anda beli sesuai keinginan.

6. Keripik bayam

Saat membeli oleh-oleh khas Gresik, Anda jangan melewatkan untuk membeli keripik bayam. Keripik bayam ini memiliki cita rasa yang gurih dan juga renyah.

Bagi Anda yang tidak suka dengan bayam, dijamin Anda suka camilan ini karena tekstur bayamnya tidak akan terasa.

7. Martabak usus

Biasanya Anda sering mendengar nama martabak. Tapi bagaimana dengan martabak usus?

Makanan khas Gresik satu ini terbuat dari tepung terigu layaknya martabak, kemudian diberi isian beragam, seperti usus ayam, kubis, telur, bawang, wortel, daun bawang, dan bihun atau jenis mie lainnya.

Oleh-oleh khas Gresik ini bisa Anda temui di sepanjang jalan dengan harga yang sangat terjangkau.

8. Kopi Gresik

Bagi penggemar kopi, jangan lewatkan kenikmatan citarasa kopi Gresik. Iya, kopi sudah menjadi budaya yang mengakar dalam kehidupan masyarakat Gresik, loh. Itu terbukti dari banyaknya kedai kopi yang terletak di kota tersebut.

Ingin membeli kopi hitam khas Gresik? Kopi jenis robusta asal Gresik yang punya citarasa super mantab bisa Anda jadikan pilihan.

9. Kerajinan Tangan Damar Kurung

Kerajinan damar kurung adalah salah satu kerajinan yang bisa dipakai untuk penutup lampu. Bentuk dari damar kurung sendiri mirip dengan kerangka lampion lampu.

Disamping itu, kerajinan ini mempunyai ukuran yang kecil dan besar. Jadi, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Kerajinan tangan ini juga sangat cocok dijadikan cenderamata. Biasanya banyak yang memilih ukuran kecil untuk cenderamata tersebut.

Keunikan dari lampion tersebut adalah hiasan lukisannya yang menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Gresik.

Warnanya juga sangat beragam sehingga membuat lampion damar kurung sangat artistic dan bisa dijadikan pajangan.

10. Kaos Gresik

Selain kuliner, tentunya Anda tidak ingin kehilangan moment saat berada di Gresik, bukan? Caranya, oleh-oleh yang bisa Anda beli adalah kaos Gresik.

Kaos dengan berat 150 gram ini dibuat dari bahan katun kombed 30s yang nyaman dan sejuk digunakan.

Kaos ini bertuliskan Ayo Dolan Neng Gresik, atau Anda bisa juga memesan tulisannya sendiri. Anda bisa membelinya di Jalan Arif Rahman Hakim Gresik, tepat depan SMK Semen Gresik.

Nah, itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Gresik yang bisa kamu bawa pulang kampung. Happy holiday!

Tag : #wisata gresik    #gresik    #travel    #tempat wisata    #jawa timur    #oleh oleh gresik    #kuliner gresik   

Baca Juga