Oleh-oleh khas Palembang, foto: suarakampus.com

10 Oleh-oleh Khas Palembang yang Wajib Dicoba dan Dibawa Pulang

Wanovy | Travel | 15-04-2022

PARBOABOA, Palembang - Jauh-jauh berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan. Rasanya tidak pas kalau belum membawa oleh-oleh khas Palembang ini ke rumah.

Selain punya banyak destinasi wisata, Palembang juga punya kuliner dan pernak-pernik yang khas, yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke sana.

Palembang mempunyai oleh oleh khas yaitu Pempek yang sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Namun tak hanya itu saja, Kota Palembang juga memiliki berbagai oleh-oleh yang selalu dicari wisatawan.

Nah, dibawah ini Parboaboa sudah siapkan rekomendasi oleh-oleh khas Palembang yang wajib dicoba dan dibawa pulang berikut ini!

1. Pempek

Tidak mungkin rasanya jika seseorang ada di Palembang dan tidak menyantap pempek. Makanan ini memang sangat melekat dengan kota ini dan sudah menjadi makanan khas Palembang.

Selain disantap di berbagai sudut kota Palembang, makanan berbahan dasar ikan tenggiri dan tepung sagu ini juga kerap dijadikan sebagai oleh-oleh.

Di jaman modern seperti sekarang ini, pempek bisa lebih awet ketika dijadikan sebagai buah tangan. Banyak penjual pempek di Palembang yang menyediakan pempek khusus untuk oleh-oleh dan dikemas dengan kemasan kedap udara dan ada juga yang dijual dalam keadaan beku (frozen) sehingga lebih awet. Rata-rata semuanya sudah dilengkapi dengan kuah cuko dan sambal juga.

2. Lempok Durian

Kudapan ini memiliki tekstur seperti dodol, tetapi rasanya berbeda dengan dodol yang ada di daerah lain. Bahan baku dari lempok durian ini tentu saja durian dan gula.

Lempok durian dibuat dengan resep turun temurun dan proses memasaknya masih tradisional yaitu dengan kayu bakar dalam waktu yang lama. Sehingga didapatkan lempok durian dengan cita rasa yang khas.

3. Kemplang

Salah satu makanan yang cukup populer dari Palembang adalah kemplang. Penganan ini merupakan kerupuk yang terbuat dari ikan.

Namun umumnya, kemplang dibuat dari potongan pempeklenjer.Kemudian, adonan akan digoreng sampai dua kali.

Proses tersebutlah yang membuat kerupuk ini memiliki ketahanan cukup lama alias tidak mudah melempem.

Biasanya, kerupuk satu ini dijual dengan harga mulai dari Rp27.000 hingga ratusan ribu, tergantung dari jenis ikan kemplang dan mereknya.

Saat membelinya, kamu perlu memastikan jika saus kemplang sudah dilengkapi sausnya. Pasalnya, kenikmatan kerupuk ini akan semakin terasa dengan tambahan saus.

4. Kue Maksuba

Kue maksuba adalah sejenis kue lapis khas palembang. Disajikan hanya pada acara khusus dan tamu-tamu tertentu. Menjadikan kue maksuba memiliki arti khusus tersendiri.

Seperti secara tidak langsung mengutarakan penghormatan pada tamu atau acara tertentu. Umumnya sering ditemui pada pernikahan, lebaran, dan sebagainya.

Proses pembuatan maksuba tidaklah mudah. Dengan bahan dasar telur bebek, mentega, dan nggak ketinggalan gula.

Pembuat nya harus telaten dan cermat. Dengan cara menambahkan satu lapis secara berkala. Pembuatan oleh-oleh khas Palembang satu ini pun terbilang cukup sulit.

Setiap loyang kue membutuhkan sekitar 28 telur bebek. Uniknyam, kue ini tidak menggunakan pengembang pada proses pembuatannya!

5. Tekwan

Tekwan sering disebut sebagai baksonya Palembang karena disajikan bersama bakso ikan, mie putih atau soun, jamur kuping, daun bawang, bengkuang, bawang goreng dan kuah bening dengan sari udang.

Tekwan sendiri memiliki rasa yang sangat lezat dengan bahan baku ikan dan tapioka. Tekwan akan terasa sangat nikmat saat disajikan dalam keadaan hangat.

6. Engkak Ketan

Engkak ketan terbuat dari telur bebek. Walaupun terlihat seperti kue lapis, engkak ketan juga dibuat dengan ketan sebagai campuran bahan utama.

Daya tahan oleh-oleh khas Palembang ini cukup awet karena penggunaan gula yang tidak sedikit.

Umumnya kue engkak ketan disajikan hanya pada acara-acara tertentu seperti upacara adat dan hari besar keagamaan. Namun kini, kamu bisa menemukannya di toko lokal oleh-oleh khas Palembang.

7. Bawang Goreng Pedas

Untuk kamu yang suka sekali dengan bawang goreng yang renyah, kamu bisa membeli bawang goreng pedas sebagai oleh-oleh khas Palembang.

Selain renyah, bawang goreng ini pun mempunyai rasa yang pedas. Tentunya, bawang goreng ini bisa kamu tambahkan ke berbagai menu agar menu tersebut menjadi lebih sedap dan pedas.

Bawang goreng Sriwijaya bisa menjadi pilihan, dan kamu bisa menemukan oleh-oleh ini dengan mudah karena tersedia di berbagai minimarket di Palembang.

Bawang goreng ini pun bisa kamu berikan pada anggota keluarga yang sangat menyukai bawang goreng. Pastinya keluarga kamu sangat suka dengan oleh-oleh ini.

8. Kue Kojo

‘Kojo’ memiliki arti kemboja dalam Bahasa Palembang. Namun bukan berarti kue ini terbuat dari bunga kemboja, ya.

Kue khas berwarna hijau ini dibuat dengan cetakan bulat yang menyerupai bentuk bunga kemboja. Inilah mengapa kue ini diberi nama kue kojo.

Kue ini dibuat dari tepung dan gula yang sudah diberi campuran daun suji dan pandan.

9. Kue Depalan Jam

Ingin mencoba makanan para bangsawan? Cobalah kue delapan jam. Konon, kue ini menjadi camilan wajib para bangsawan zaman dulu.

Tak hanya itu, penamaan kue pun diambil dari proses pembuatan yang memang memakan waktu hingga 8 jam.

Uniknya, kue ini tidak berbahan dasar tepung melainkan telur bebek dan gula. Karena itulah, tekstur kue amat lembut dan memiliki daya tahan yang cukup lama.

Umumnya, oleh-oleh khas Palembang, Sumatera Selatan ini dijual mulai dari harga Rp100.000 hingga Rp250.000.

Namun, harga tersebut sebanding dengan kelezatan dan ukuran kue yang cukup besar. Agar lebih nikmat, kamu bisa menyantapnya sembari meminum teh.

10. Pecah Seribu

Selain kemplang ada juga jenis kerupuk lain yang terkenal di Palembang. Namanya pecah seribu, sama-sama terbuat dari ikan tapi cita rasanya berbeda.

Bahan yang digunakan untuk membuat pecah seribu mirip dengan kerupuk ikan biasa. Hal yang membuatnya beda adalah pada saat peroses pembuatan.

Jika kebanyakan kerupuk ikan digoreng dengan teknik biasa, kerupuk ini memiliki teknik berbeda waktu penggorengan.

Proses penggorengannya lah yang membuat kerupuk ini memiliki tekstur unik seperti pecah atau retak seribu.

Penampilan kerupuk ini pun unik menyerupai mangkok. Bukan hanya enak dijadikan camilan, jenis kerupuk ini juga enak disantap bersama nasi atau teman menyantap tekwan.

Kamu bisa banget lho bawa kerupuk pecah seribu ini sebagai oleh-oleh khas Palembang!

Itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Palembang yang wajib kamu coba dan bawa pulang. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata palembang    #palembang    #travel    #oleh oleh palembang    #kuliner palembang    #makanan palembang   

Baca Juga