Oleh-oleh khas Tulungagung/Enting Kacang, foto: GoTravelly

10 Oleh-oleh Khas Tulungagung Paling Favorit, Lezat dan Tahan Lama

Wanovy | Travel | 21-09-2022

PARBOABOA, Tulungagung - Tulungagung dikenal memiliki wisata pantai yang indah dan juga menawarkan berbagai kuliner khas yang terkenal. Inilah beberapa jenis oleh-oleh khas Tulungagung yang menarik dibawa pulang, baik berupa kerajinan atau makanan khas yang unik.

Saat berkunjung ke Tulungagung, Jawa Timur, Anda pun bisa mencicipi berbagai kuliner khas yang ada di kota tersebut.

Namun tak hanya itu saja, Anda juga berkesempatan untuk membawa pulang oleh-oleh khas Tulungagung yang unik dan paling diburu oleh wisatawan.

Apa saja jenisnya? Simak rekomendasi oleh-oleh khas Tulungagung berikut ini.

1. Kue Sagon

Sebenarnya kue sagon ini dapat Anda temukan di berbagai wilayah Pulau Jawa, salah satunya di daerah Tulungagung.

Kue ini begitu populer di Indonesia karena memiliki citra rasa yang enak, gurih dan manis serta aromanya juga wangi.

Bahan dasar kue sagon ini menggunakan tepung ketan, kelapa dan tepung sagu. Kue ini dinamakan “Kue Sagon” karena telah menggunakan bahasa dasar dari tepung sagu.

Anda bisa menikmati lezat dan gurihnya kue sagon tersebut dengan secangkir teh atau kopi sambil bersantai dengan teman atau keluarga.

2. Kerupuk Gadung

Kuliner yang bisa menjadi salah satu pilihan makanan khas Tulungagung, sekaligus wajib dicicipi adalah kerupuk gadung.

Oleh-oleh khas Tulungagung satu ini merupakan olahan berbahan dasar gadung, yakni jenis umbi-umbian yang mudah ditemukan di Pulau Jawa.

Makanan khas Tulungagung ini dapat ditemukan di Kecamatan Kalidawir. Keunikan dari kerupuk gadung terletak pada proses pembuatannya, di mana dalam mengolahnya, kerupuk gadung harus melalui fase pemeraman menggunakan abu untuk menghilangkan getahnya.

3. Getuk Pisang

Salah satu oleh-oleh khas Tulungagung yang terkenal adalah Getuk Pisang. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan begitu khas, bahkan kemasannya pun juga cukup unik.

Getuk Pisang biasa dikemas mirip seperti lontong, akan tetapi warna yang terdapat pada bagian dalamnya adalah warna merah tua.

Getuk Pisang sendiri memakai bahan dasar yaitu pisang kepok atau pisang ambon, yang mudah sekali diperoleh.

Getuk Pisang asli Tulungagung ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dari Getuk Pisang di daerah lain.

Selain rasanya yang khas dan kemasannya unik, harga yang ditawarkan untuk perbungkusnya pun juga sangat murah.

Terlebih, tidak sulit untuk menemukan makanan ini. Anda dapat menemukan Getuk Pisang ini di manapun di toko oleh-oleh khas Tulungagung. Jadi, Anda bisa dengan mudah membawa pulang kue satu ini untuk sanak saudara di rumah.

4. Enting-Enting Kacang

Enting-Enting juga sering disebut dengan nama Kue Geti. Kue ini merupakan sejenis makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar kacang tanah, yang kemudian dicampur dengan wijen.

Kedua bahan dasar tersebut lalu dilarutkan dalam adonan gula merah hingga kering. Enting-Enting ini memiliki cita rasa yang sangat gurih dan legit, yang dapat membuat Anda merasa ketagihan setelah mencicipinya.

Makanan ringan ini tergolong tahan lama, karena mampu bertahan di toples kering hampir selama 8 minggu.

Maka dari itu, Enting-Enting sangat cocok sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Tulungagung.

Salah satu produk Enting-Enting Kacang yang paling populer di daerah ini yaitu Enting-Enting Kacang asli produk Bu Suparmi. Dengan harga yang dibandrol cukup murah, kue ini menjadi semakin terkenal.

5. Kerupuk Rambak

Oleh-oleh khas Tulungagung satu ini bercita rasa gurih dan renyah. Bahan dasarnya juga berbeda dari kebanyakan kerupuk pada umumnya.

Jika biasanya terbuat dari tepung, maka satu ini menggunakan kulit sapi atau kulit kerbau. Orang-orang sering mengenalnya sebagai rambak.

Bahan yang unik itulah mampu menciptakan sebuah rasa yang khas. Ketika sudah digoreng tampilannya berwarna putih kekuningan, ada yang dibuat panjang-panjang dan sebagian kecil.

Namun, tak jarang akan ditemui yang berukuran besar dan lebar. Beraneka bentuk akan ditawarkan, pilihan tergantung selera.

6. Jenang Syabun

Oleh-oleh khas Tulungagung lainnya yang masih merupakan makanan tradisional adalah jenang syabun.

Kuliner dari Tulungagung ini dibuat dari ketan, kelapa, gula pasir, serta susu kental. Semuanya bahan cocok untuk dibuat dodol dengan teknik khusus.

Untuk mengaduk jenang syabun, orang harus benar-benar sabar. Tak hanya proses mengaduknya yang harus diperhatikan tapi juga tungku apinya juga, supaya jenang  menjadi lembut dan tidak menggumpal. Tak sembarang orang bisa membuat jenang syabun. Hanya orang tertentu yang bisa membuatnya.

Jenang syabun memiliki tekstur yang halus dan licin. Itulah mengapa orang menyebutnya jenang syabun karena persis seperti sabun.

Kuliner dari Tulungagung ini bisa tahan sampai 3 bulan pada suhu kering dan pembuatan makanan ini tidak menggunakan pengawet buatan.

7. Ledre Pisang

Masih mencari-cari oleh-oleh Khas Tulungagung yang enak untuk dibawa pulang? Coba kue yang satu ini.

Namanya ledre pisang. Sebenarnya Ledre berasal dari Bojonegoro, tapi di Tulungagung ledre termasuk makanan khas daerah ini. Di sini banyak ditemui toko yang menjajakan ledre.

Kalau diteliti, penampilan kue ini lebih mirip dengan stick roll atau semprong. Tapi yang akan membuat orang tergoda dengan kue tradisional ini adalah aroma pisang serta cokelat yang berpadu menghasilkan bau yang sedap dengan tekstur yang renyah dan bisa tahan 2 hingga 3 bulan di dalam toples.

8. Madumongso

Sesuai dengan namanya, oleh-oleh khas Tulungagung berikut mengandung madu dan dicampur ketan hitam, ketan putih, gula, ragi, dan kelapa.

Pada beberapa resep ketan tersebut ada terlebih dahulu difermentasi menjadi tape, namun ada juga yang tidak.

Semua bahan diatas diolah dan dicampur hingga menjadi satu, lembek sedikit memadat, dan lengket.

Cita rasanya manis, legit, serta agak asam karena mengandung ragi yang dibuat tape. Perpaduan rasa yang jarang ditemukan itu, justru menjadi sebuah daya tarik tersendiri.

Madumongso pada umumnya dikemas panjang, lalu dibungkus menggunakan kertas warna-warni. Tampilannya hampir sama dengan permen.

9. Manco

Manco adalah jajanan khas Tulungagung yang biasanya disuguhkan ketika momen lebaran tiba. Kue satu ini memiliki bentuk lonjong lonjong dengan ukuran yang kecil.

Meskipun Anda kerap kali mendapatinya dijual di kota lain, namun jangan salah karena manco yang ada di kota Tulungagung ini menggunakan bahan yang berbeda dengan yang lain.

Untuk itu, Anda pun bisa membelinya untuk menuntaskan rasa penasaran tersebut. Jajanan ini terbuat dari bahan utama yakni tepung beras ketan yang dicampur dengan gula jawa dan air.

Kemudian, adonan tersebut diaduk hingga kalis dan dimasukkan ke tempat yang telah dilumuri wijen. Setelah itu, jajanan ini akan digoreng hingga berubah warna menjadi kecoklatan.

10. Kerupuk Kulit Rambak

Kerupuk kulit identik sebagai salah satu oleh-oleh yang cukup mudah ditemukan di Kabupaten Tulungagung.

Wisatawan bisa membeli makanan khas Tulungagung ini, di sejumlah kios yang menjual olahan ini di pinggir jalan.

Kerupuk kulit rambak adalah oleh-oleh khas Tulungagung yang dibuat dengan bahan dasar kulit sapi dan kerbau.

Sesuai namanya, kerupuk kulit ini mempunyai tekstur renyah dan sangat cocok untuk disantap dengan hidangan berkuah.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Tulungagung yang lezat dan tahan lama, cocok untuk Anda bagikan ke orang-orang tersayang jika pulang kampung nanti.

Tag : #wisata tulungagung    #tulungagung    #travel    #tempat wisata    #jawa timur    #kuliner tulungagung   

Baca Juga