Wisata pantai di Tulungagung, foto: Wisata Lengkap

10 Wisata Pantai di Tulungagung yang Bagus dan Terpopuler

Wanovy | Travel | 20-09-2022

PARBOABOA, Tulungagung - Pantai di Tulungagung yang keren dan instagramable dapat menjadi pilihan wisata liburan Anda. Terutama untuk Anda yang begitu menyukai pantai, pantai di Tulungagung menjadi jawabannya.

Ada banyak pantai Tulungagung yang terkenal dan menjadi tempat wisata hits di sana.

Kepopulerannya pun tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi pantai di Tulungagung terkenal hingga mancanegara.

Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, punya sejumlah tempat wisata alam yang wajib dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah pantai. 

Pantai-pantai tersebut ada yang cocok sebagai tempat main air, ada pula yang cocok dijadikan tempat bersantai. 

Berikut Parboaboa.com merangkum 10 pantai di Tulungagung yang cocok buat dijadikan tempat liburan asyik. Check it out!

1. Pantai Sioro

Tempat wisata pantai di Tulungagung ini dapat Anda temukan di Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung.

Kondisi objek wisata ini sangat asri dan bersih. Jarang ditemukan sampah di hamparan pasir putih indahnya.

Tempat ini memiliki salah satu keunikan yaitu terdapat batu besar yang ukurannya hampir menyerupai pulau. Batu tersebut dapat Anda temukan di bagian tengah pantai.

Selain itu, tempat wisata ini juga dikelilingi oleh tebing yang menambah keindahan dari tempat ini. Anda dapat menaiki tebing tersebut.

Namun Anda harus berhati-hati karena ombak bisa menyeret Anda jatuh dari tebing tersebut. Hal yang perlu Anda ingat adalah bawa perbekalan selengkap mungkin karena sulit menemukan toko disana.

2. Pantai Gemah Tulungagung

Pantai Gemah Tulungagung menjadi salah satu pantai terpopuler di Tulungagung. Pantai ini seakan tak pernah sepi pengunjung terutama saat hari libur.

Deru ombak sedang dan birunya laut menjadi ciri khas pantai di Tulungagung ini. Pantai Gemah menjadi semakin menarik dengan adanya pohon pinus rindang yang menghiasi bibir pantai.

Pantai yang membentang sekitar 1 km ini, memiliki hamparan pasir luas di bagian utara. Sedangkan di bagian selatan, Anda bisa melihat berbatuan besar serta tebing karang eksotis.

3. Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Untuk memulai perjalanan bahari anda, Anda bisa mengunjungi Pantai Kedung Tumpang. Pantai di Tulungagung satu ini berada di area perkebunan, dengan alam yang masih alami.

Begitu menginjakkan kaki di Pantai Kedung Tumpang, Anda akan disuguhkan dengan tebing tebing menjulang di sisinya. Karang laut juga turut menghiasi pantai ini sehingga membuatnya makin eksotis.

Sebenarnya, Kedung Tumpang bukanlah sebuah pantai tetap gugusan karang yang tergerus oleh ombak.

Sehingga Anda memang tidak akan menemukan pasir yang membungkus pantai ini. Tetapi menariknya, dari karang tersebut justru terbentuk kolam kolam alami yang bisa dijadikan tempat untuk berendam, sembari menikmati keindahan pantai ini.

4. Pantai Sanggar

Tulungagung masih memiliki pantai menawan lainnya yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

Seperti halnya Pantai Sanggar yang menjadi pantai andalan Tulungagung untuk dijadikan tempat berlibur.

Tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal, keindahan pantai di Tulungagung ini bahkan sudah dibuktikan oleh turis luar negeri yang sengaja datang.

Memang pantai satu ini masih terbilang baru, tetapi menjadi pantai yang begitu favorit sebagai tempat untuk liburan.

Karena masih baru, Anda akan menemukan pantai yang sekitarnya begitu bersih dan masih alami. Pantai Sanggar memiliki pasir putih yang bersih dan begitu lembut ketika bersentuhan dengan kulit.

5. Pantai Sine

Pantai Sine menawarkan panorama pantai dengan tanaman dan pepohonan di sekitarnya. Fasilitas di Pantai Sine tergolong lengkap, ada banyak warung makan dan minum untuk pengunjung yang kelaparan setelah puas berenang atau jalan-jalan. 

Lokasinya ada di Jalan Pantai Sine, Tulungagung, Sine, Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

6. Pantai Popoh

Pantai Popoh merupakan pantai dengan bebatuan kecil di teluk. Pantai di Tulungagung ini memiliki deburan ombak laut selatan dengan pesona angin laut yang kuat.

Ditambah karang-karang payung yang menyembul dari bawah laut dengan pemandangan pegunungan serta perahu nelayan yang berjajar di bibir pantai.

Pantai Popoh terkenal dengan pantai tak berpasir. Meskipun begitu, pantai ini tetap menerima ribuan kunjungan wisatawan setiap tahunnya.

Pantai Popoh memberikan beberapa wahana mainan anak, kawasan toko aneka kuliner, homestay dan panggung hiburan.

Selain untuk menambah koleksi foto, Anda bisa belajar tentang situs bersejarah di sini. Di pantai Popoh Anda menemukan situs Retjo Sewu atau biasa dipanggil dengan Reco Sewu.

Kemistisan situs itu didukung dengan sebuah makam legenda yang dulunya merupakan pemilik rokok Retjo Petung, perusahaan rokok lokal Minamata.

7. Pantai Klatak

Bukan rahasia lagi jika Tulungagung menawarkan keindahan pantai hanya dengan harga tiket yang terjangkau.

Salah satunya adalah Pantai Klatak. Pantai Klatak merupakan salah satu pantai di Tulungagung yang perlu Anda singgahi untuk melihat keindahannya yang terletak di Desa Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Ciri khas pantai terletak pada banyaknya keramba budidaya lobster, dengan lokasi pantai yang menghadap langsung ke arah timur.

Hal itu memungkinkan Anda akan menemukan sebuah perahu dari jajaran keramba lobster yang terlihat dari atas bukit. Ditambah dengan panorama gua yang tersembunyi di dekat pantai.

Uniknya lagi, nama Klatak diambil dari bunyi bebatuan yang terkena deburan ombak. Bebatuan tersebut berasal dari aliran sungai pegunungan selatan hingga sampai ke bibir Pantai Klatak.

8. Pantai Sanggar

Laut biru dan pasir bersih yang menyegarkan mata para pengunjung. Tempat ini sukses membuat mata tak berkedip karena keindahan alam yang tersebar di setiap sudutnya.

Pantai Sanggar berhasil menjadi The Dreamland of Tulungagung. Meskipun, akses menuju pantai ini terbilang ekstrim karena Anda dituntut untuk mengendarai motor yang disanding oleh jurang dan tebing.

Jika Anda mempunyai nyali yang besar, Anda akan berhasil mendapatkan sebuah foto yang sangat indah di tebing pucuk Pantai Sanggar.

9. Pantai Molang

Untuk Anda yang ingin menikmati wisata bahari yang masih sepi, pantai Molang bisa dijadikan tujuan.

Pantai di Tulungagung yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang tinggi sekaligus ingin mencari ketenangan.

Pantai Molang menjadi pantai yang masih belum banyak dikunjungi, padahal pesonanya tak kalah dengan pantai lainnya.

Anda harus menaklukkan medan menantang untuk bisa sampai di pantai cantik ini. Tetapi semua perjalanan Anda akan dibayar lunas dengan pesona Molang.

Bagaimana tidak, pantai dengan air laut yang jernih ini memang begitu mempesona. Dilengkapi dengan pasir putih yang lembut, Pantai Molang makin elok karena hadirnya tebing tebing kokohnya.

10. Pantai Sidem

Perjalanan bahari Anda di Tulungagung masih belum berakhir, Anda harus mengunjungi Pantai Sidem sebagai tujuan selanjutnya.

Pantai Sidem memiliki ombak yang terbilang besar yang membuat pesonanya makin menguar.

Sidem juga diberikan pasir lembut dan bersih yang sangat cocok untuk bermain pasir. Anda bisa mengajak keluarga atau pasangan untuk menikmati keindahannya.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata pantai di Tulungagung paling bagus dan terpopuler yang bisa Anda kunjungi saat musim libur tiba. Happy holiday!

Tag : #wisata tulungagung    #tulungagung    #travel    #tempat wisata    #jawa timur    #pantai tulungagung   

Baca Juga