Penyebab Mata Panda (dok. health.kompas)

Mata Panda : Penyebab dan Cara Mengatasi

Regina | Kesehatan | 07-07-2022

PARBOABOA – Mata panda merupakan salah satu hal yang biasa dialami oleh banyak orang. Mata panda sendiri kerap dianggap mengganggu karena dapat merubah tampilan wajah menjadi tampak  lebih tua serta lelah dan letih.

Keberadaan mata panda sering dijadikan bahan keluhan karena menurunkan rasa nyaman dan juga percaya diri. Bahkan jarang orang tau, kalau mata panda tersebut bisa menjadi pemicu penyakit yang cukup serius lho.

Pada dasarnya, mata panda terbentuk oleh pembuluh darah yang melebar pada bagian bawah mata yang memiliki kulit yang lebih tipis.

Untuk mengenal lebih dalam, berikut adalah penyebab mata panda biasanya terjadi :

Penyebab Mata Panda  

1. Kurang Tidur

Dalam kasus ini, diketahui penyebab dari mata panda biasanya adalah kurang tidur atau jam tidur yang tidak teratur. Biasanya kalau seseorang begadang, akan tampak sekitaran bawah mata yang berubah warna menjadi gelap.

Normalnya, orang dewasa memerlukan 7-9 jam tidur setiap harinya. Selain mata panda, kurangnya jam tidur dapat membuat daerah sekitaran mata akan tampak bengkak dan menjadikan tampilan wajah tampak semakin kusam.

Mata panda sendiri sering disamakan dengan kantung mata, padahal itu 2 hal yang berbeda. Terbentuknya kantung mata disebabkan oleh beberapa hal seperti alergi dan dermatitis, rhinitis, anemia.

2. Faktor Usia

Jikalau dilihat dari usia, biasanya orang yang rentan terkena mata panda adalah orang yang sudah berumur. Pasalnya, semakin bertambah usia kulit juga semakin menipis. Dengan menipisnya kulit maka elastisitas juga akan menurun.

Hal itu berpengaruh pada pembuluh darah yang ada di bawah mata semakin kelihatan hingga akan semakin jelas munculnya mata panda tersebut.

3. Faktor Genetik

Penyebab mata panda yang satu ini biasanya mutlak. Mata panda yang muncul akibat faktor genetik akan cukup sulit untuk dihindari. Orang tua yang mempunyai mata panda akibat faktor genetik biasanya akan menurunkan hal tersebut kepada anaknya.

4. Paparan Sinar Matahari

Efek jahat yang diberikan oleh sinar matahari yang memaparkannya ke kulit bisa memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap.

Hal itu bisa mempengaruhi jika paparan sinar matahari mengenai kulit di sekitar mata, dengan begitu dapat menyebabkan pigmentasi kulit di sekitar mata menjadi lebih gelap.

5. Kebiasaan Merokok Dan Minum Alkohol

Untuk yang sering melakukan gaya hiudp yang tidak sehat ini ada baiknya berhenti ya. Dengan mengkonsumsi alkohol secara rutin dapat menyebabkan aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkaran di sekitar mata pun terlihat lebih gelap menyerupai mata panda.

Rokok juga dapat memicu kerusakan kolagen yang membuat kulit menjadi kendur dan lebih kusam.

Cara Mengatasi Mata Panda

Mata panda harus diatasi dengan segera. Selain karena mengganggu dan membuat kita tidak nyaman, kantung mata hitam tanda penyakit serius yang bisa menyerang kita. Beberapa akibat mata panda seperti penyakit anemia, hati dan tanda dehidrasi dapat mempengaruhi sirkulasi tubuh kita.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata panda, di antaranya:

1. Kompres Mata

Mengompres mata bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata panda akibat kurang tidur. Mengompres dengan air dingin atau es batu bisa membantu mengurangi pelebaran dan perubahan warna pada pembuluh darah di bawah mata.

2. Gunakan Krim

Untuk mengatasi lingkaran hitam di bawah mata kalian bisa menggunakan krim mata yang mengandung retinol, kafein, atau vitamin C. Kegunaan dari kandungan tersebut pada krim yaitu untuk mencerahkan area mata yang mulai menggelap.

3. Gunakan Make Up

Agar tampil percaya diri saat sedang di luar, kalian bisa menggunakan riasan wajah, seperti pengaplikasian concealer yang sesuai dengan tone kulit kalian. Gunakan secara tipis agar tidak terlihat mendempul.

4. Tidur Cukup

Untuk mencegah warna semakin gelap di daerah lingkaran mata, ada baiknya kamu untuk tidur yang cukup. Perbaiki jam tidur kamu agar mata dan tubuh kamu tidak kelelahan. Usahakan mendapatkan jam tidur sekitar 7-9 jam perhari.

5. Mengompres Dengan Kantong Teh Celup

Selain es batu, kantong teh celup bisa kamu jadikan bahan untuk mengompres di bagian bawah mata kamu. Teh hitam maupun teh hijau mampu membantu kalian untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Kafein dan antioksidan di dalam teh hijau mampu memperbaiki sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. Kalian hanya perlu untuk mengompres mata selama 15-20 menit dengan teh basah yang telah didinginkan di kulkas. Gampang bukan?

Nah, itu dia ulasan tentang penyebab serta cara mengatasi mata panda yang dapat parboaboa rangkum. Rawat lingkaran mata kalian agar tidak menggelap ya, supaya kamu bisa tetap nyaman dalam beraktivitas. Semoga artikel ini membantu.

Tag : #mata panda    #penyebab mata panda    #kesehatan    #lingkaran hitam   

Baca Juga