Ilustrasi (dok Halodoc)

Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegah Diare

Rini | Kesehatan | 25-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Diare adalah masalah kesehatan yang dialami seseorang dimana penderitanya akan Buang Air Besar (BAB) lebih sering dari biasanya, dengan kondisi feses encer atau berair. Kondisi ini juga kerap disebut sebagai mencret.

Diare bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak, maupun orang dewasa. Biasanya diare ini akan berhenti setelah beberapa hari, namun dalam beberapa kasus diare berkepanjangan juga bisa terjadi.

Penyebab Diare

Diare merupakan penyakit yang muncul akibat mengkonsumsi makanan dan minuman kotor yang terkontaminasi bakteri, virus, atau parasit.

Selain itu diare disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan tertentu, kemudian intoleransi terhadap makanan yang mengandung laktosa dan fruktosa, efek dari pemebedahan perut, hingga radang usus.

Diare ini juga bisa muncul akibat sumber air yang tidak bersih atau karena jarang mencuci tangan.

Gejala Diare

Biasanya diare gejalanya adalah feses encer. Selain itu ada beberapa gejala lain dari diare yaitu;

- Perut mulas

- Feses berdarah

- Sulit menahan buang air besar

- Pusing, lemas, dan kulit terasa kering

- Kehilangan nafsu makam

- Mengalami dehidrasi

Jika diare ini terjadi selama beberapa hari maka dapat memicu penurunan berat badan. Malnutrisi terutama pada anak dengan usia kurang dari 5 tahun, yang dapat mengakibatkan menurunnya kekebalan tubuh, lemas, lumpuh, hingga kejang.

Cara Mengobati Diare

Seperti disebutkan diatas, diare akan sembuh setelah beberapa hari. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan diare ini yaitu:

1. Perbanyak minum agar tidak dehidrasi

2. Jangan makan makanan pedas saat diare

3. Konsumsi makanan mengandung probiotik

4. Mencuci tangan sebelum makan

5. Minum obat diare yang tersedia di toko obat

Pencegahan Diare

Untuk mencegah diare ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu: selalu mencuci tangan, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menyentuh daging yang belum dimasak, setelah dari toilet, atau setelah bersin dan batuk, dengan menggunakan sabun dan air bersih. Kemudian mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah dimasak hingga matang sempurna, serta menghindari makanan dan minuman yang tidak terjamin kebersihannya.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai penyebab, gejala, hingga cara untuk mengobati diare. Pastikan untuk selalu melakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit ini. Jika diare berkepanjangan pastikan untuk memeriksakan diri ke puskemas atau rumah sakit terdekat.

Tag : #diare    #gaya hidup sehat    #penyebab diare    #kesehatan   

Baca Juga