Lampion Imlek (dok Unsplash/@hngstrm)

Pernak-Pernik Imlek Yang Wajib Ada

Rini | Nasional | 28-01-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Tahun baru Imlek hanya tinggal menghitung hari, dimana untuk tahun ini Imlek jatuh pada hari Selasa (1/2). Masyarakat yang merayakannya pasti sudah mulai sibuk mempersiapkan makanan khas Imlek, mendekorasi rumah dengan sejumlah pernak-pernik untuk memeriahkan perayaan tahun ini.

Seperti diketahui perayaan Imlek sangat identik dengan warna merah karena masyarakat Tionghoa mempercayai jika warna merah akan membawa hal-hal positif ke dalam kehidupan.

Agar perayaan Imlek ini semakin meriah ada beberapa pernak-pernik Imlek yang harus disediakan yaitu:

1. Lampion

Lampion adalah salah satu barang yang paling umum dan harus ada saat perayaan Imlek. Lampion mempunyai makna sebagai penerang kehidupan yang akan memberikan kebahagiaan. Lampion saat Imlek khas dengan warna merahnya, dengan berbagai jenis dan ukuran. Biasanya jalan-jalan di beberapa pusat kota akan digantungi lampion, dan menunjukkan kemeriahan hari raya.

2. Petasan dan kembang api

Imlek tanpa kemeriahan dari kembang api dan petasan rasanya pasti kurang lengkap. Petasan yang dibunyikan dipercaya dapat mengusir roh jahat dan dapat mendatangkan dewa kekayaan di depan pintu rumah.

Biasanya petasan yang kecil dulu yang dinyalakan untuk menandakan selamat tinggal tahun lama kemudian bertahap ke petasan yang besar menandakan ucapan selamat datangnya tahun baru.

Namun karena cukup berbahaya, sekarang ini petasan lebih sering digantikan dengan kembang api.

3. Lilin Imlek

Lilin besar berukuran besar tentunya tak boleh ketinggalan dalam merayakan imlek. Pernak-pernik Imlek ini miliki filosofi yang berarti rezeki yang terang pada awal tahun baru. Bisa juga berarti perlambang syukur bagi mereka yang doanya terkabul.

4. Pohon Mei Hua

Sama seperti perayaan natal yang identik dengan pohon natalnya, perayaan Imlek identik dengan pohon Mei Hua. Pohon tersebut berwarna pink keputih-putihan. Biasanya diperlengkap dengan sentuhan aksesoris seperti angpao, lampion kecil dan berbagai hiasan dengan kertas emas. Pohon Mei Hua sendiri melambangkan keuletan, kebahagiaan dan kesejahteraan.

5. Makanan khas Imlek

Beberapa makanan harus ada dalam perayaan Imlek. Bahkan bagi masyarakat Tionghoa, beberapa makanan memiliki arti yang mendalam.

Banyak makanan yang tersaji yang menjadi menu wajib di dalam perayaan Imlek. Seperti mie yang merupakan menu wajib saat Imlek. Menariknya, mie tersebut disajikan dalam satu untaian tanpa putus dari ujung satu ke ujung lainnya. Hal ini dianggap agar kita berumur panjang.

Untuk camilannya, ada kue keranjang, yang berbentuk buat dan kenyal, terbuat dari tepung beras dan gula. Mempunyai filosofi sebagai lambang kesejahteraan dan keharmonisan keluarga.

Dan buah wajib di Imlek adalah jeruk mandarin yang sering dibagi-bagikan ke sanak keluarga, melambangkan sebagai buah pembawa keberuntungan. Ada juga buah naga yang juga dianggap membawa hoki. 6. Angpao

Yang tak boleh ketinggalan dan yang paling ditunggu-tunggu tentunya adalah Angpao. Angpao ini berisi uang kertas dengan amplop berwarna merah yang akan diberikan oleh pasangan yang sudah menikah kepada anak-anak atau orang yang belum menikah.

Itu dia beberapa pernak-pernik yang biasanya selalu memeriahkan perayaan Imlek ini. Selamat merayakan Imlek dan jangan lupa bagi-bagi angpau ya.

Tag : #imlek 2022    #hari raya tionghoa    #nasional   

Baca Juga