Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan empat pasar Perumda Pasar Jaya, Kamis (22/9/2022). (KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL)

Perumda Akan Bangun Ulang 9 Pasar di Jakarta, Anggaran Capai Ratusan Miliar

Sondang | Metropolitan | 23-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya berencana membangun ulang dan merevitalisasi pasar di Jakarta. Tercatat, ada sebanyak 9 pasar yang akan dibangun ulang dan satu pasar direvitalisasi.

Adapun pembangunan ulang dan revitalisasi tersebut dilakukan pada Perumnas Klender, Hexagon Pasar Ikan Luar Batang, Petojo Enclek, Cilincing, Gandaria, Sumur Batu, Jati Rawasari, Kalideres, Kombongan, Kwitang Dalam.

“Yang direvitalisasi itu Perumnas Klender. Terus, dalam proses pembangunan itu Hexagon Pasar Ikan Luar Batang, Petojo Enclek, Cilincing, Gandaria, Sumur Batu, Jati Rawasari, Kalideres, Kombongan, Kwitang Dalam,” kata Manajer Humas Perumda Pasar Jaya Gatra Vaganza kepada wartawan, Kamis (22/9).

Meski demikian, bangunan Petojo Enclek dan Hexagon Pasar Ikan Luar Batang akan tetap dipertahankan sebagaimana mestinya karena merupakan cagar budaya.

“Kalau yang lain, dengan desain baru, kita bisa sesuaikan. Kalau ini, kan engga boleh ubah bangunan aslinya. Kita engga boleh ubah. Kita tetap pertahankan bangunan aslinya. Mungkin suasana yang bisa dirubah,” tambah Gatra.

Kemudian, selain Pasar Perumnas Klender, seluruhnya akan diterapkan konsep zero run off. Adapun drainase zero run off adalah konsep yang meminimalisir pembuangan air ke luar kawasan utama. Dengan demikian, pembuangan air akan langsung diturunkan ke tanah di kawasan pasar-pasar itu

“Berbeda treatnya (perlakuannya). Yang sembilan itu memang kita bangun secara berbeda. Karena ini (Perumnas Klender) sifatnya revitalisasi, umur usia bangunannya masih ada, masih bisa dioptimalkan kembali. Makanya tidak sama dengan yang lain,” jelas Gatra.

Untuk proyek ini, Gatra Vaganza mengatakan, anggaran yang diperlukan mencapai Rp15 miliar hingga Rp20 miliar per lokasiyang berasal dari penyertaan modal daerah (PMD).

"Saya coba rata-rata saja ya (anggarannya), satu pasar sekitar antara Rp 15 miliar-Rp 20 miliar per satu pasar, (anggaran) ada dari PMD," ujar Gatra, saat ditemui dalam peresmian empat pasar yang dikelola Pasar Jaya, di Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (22/9/2022).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja meresmikan empat pasar tradisional yang tersebar di wilayah Jakarta. Keempat pasar tersebut adalah Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat.

"Alhamdulillah hari ini empat pasar bisa diresmikan secara bersamaan. Pasar Cipinang Kebembem, Pasar Sawah Barat, Pasar Tanah Tinggi Poncol, dan Pasar Tebet Barat," kata Anies di lokasi, Kamis (22/9/2022).

Tag : #Jakarta    #Anies Baswedan    #Metropolitan    #Pasar Jaya    #Revitalisasi    #Perumda   

Baca Juga