Pj Gubernur DKI Minta Dinas SDA Keruk Saluran Air Untuk Cegah Banjir

Michael Siburian | Metropolitan | 18-11-2022

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono perintahkan Dinas SDA untuk mengeruk saluran air di Jakarta (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

PARBOABOA, Jakarta – Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono telah memerintahkan Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk terus melakukan pengerukan saluran air di wilayah Ibu Kota.

Heru menyebut, pengerukan itu dilakukan guna mencegah banjir karena cuaca ekstrem yang sedang terjadi di Jakarta.

"Pertama saya minta Dinas SDA segera setiap hari ngeruk saluran-saluran yang memang berpotensi untuk mengurangi banjir," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (18/11/2022).

Selain itu, Heru juga menginstruksikan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta agar membuat langkah antisipasi dalam menghadapi bencana akibat cuaca ekstrem.

"Berikutnya dari badan penanggulangan bencana daerah juga mempersiapkan semuanya. Mudah-mudahan bisa kita lewati dengan baik semua," jelasnya.

Sementara itu, Heru menghimbau masyarakat agar selalu memantau kondisi cuaca di BMKG maupun lembaga-lembaga terkait, sehingga memberi sikap waspada guna mengantisipasi dampak cuaca ekstrem.

"Selalu melihat kondisi cuaca dan perkembangan informasi dari BMKG supaya semuanya masyarakat bisa mengantisipasi dan bisa melihat dengan kondisi jika memang jalur-jalur mana yang rawan macet dan lain-lain," ucap Heru.

Sebelumnya, Dinas SDA DKI Jakarta akan mengeruk 100 titik lumpur di lima wilayah Kota Administrasi Jakarta dalam upaya untuk menghalau genangan hingga banjir.

"Tidak di sini saja (Waduk Ria Rio) Ada 100 titik di DKI yang kita lakukan pengerukan di 5 wilayah," ucap Kepala Dinas SDA, Yusmada Faisal di Waduk Ria Rio, Pulo Mas, Jakarta Timur, Kamis (17/11/2022).

Tag : #cegah banjir    #pj gubernur dki    #metropolitan    #dinas sda dki    #jakarta    #heru budi hartono    #bpbd dki   

Baca Juga