Usai Demo, Pemuda Pancasila Ini Malah Diamankan Polisi

Usai Demo, Pemuda Pancasila Ini Malah Diamankan Polisi

Sondang | Nasional | 25-11-2021

PARBOABOA, Jakarta – Ratusan anggota Pemuda Pancasila (PP) baru saja menggeruduk Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (25/11) siang. Usai demo, sejumlah anggota Pemuda Pancasila malah diamankan polisi.

Polisi menangkap puluhan massa Pemuda Pancasila setelah unjuk rasa yang digelar organisasi masyarakat ini membubarkan diri sekitar pukul 16.00. Belum diketahui berapa jumlah anggota ormas PP yang ditangkap, namun setidaknya ada tiga orang berseragam loreng Pemuda Pancasila yang digiring polisi masuk ke gedung DPR/MPR RI.

Penangkapan ini terjadi usai pengeroyokan terhadap salah satu aparat berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) yang mengamankan jalannya aksi unjuk rasa.

Semula, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hengky Haryadi mengambil alih mik di atas mobil komando aksi. Dari atas mobil itu, ia meluapkan amarahnya kepada massa aksi karena telah mengeroyok salah satu anak buahnya hingga luka-luka.

"Perwira kami, AKBP dikeroyok luka luka. Apakah itu tujuan rekan rekan datang kemari? Melawan kami mengeroyok kami yang mengamankan rekan rekan," kata Hengky dari atas mobil komando.

Tak lama, aparat puluhan aparat dari satuan Brimob diterjunkan dan membubarkan massa secara paksa.Di tengah pembubaran, beberapa massa aksi terlihat diamankan karena diduga melawan aparat.

Mereka kemudian digiring dan dimasukkan ke mobil tahahan. Sebagian sisanya dikumpulkan di sekitar ruas jalan depan kompleks DPR.

Komandan polisi terlihat meluapkan kekecewaannya kepada massa aksi atas insiden tersebut. Selain Hengky dari atas mobil komando, di antara para massa terlihat , Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo juga mengungkapkan kemarahannya.

Ia menunjukkan video anak buahnya yang dikeroyok saat mengamankan aksi. Seorang orator dari mobil komando sempat menginterupsi kemarahan Sambodo.

"Siapa yang mukul anak buah saya. Sini, saya komandannya," teriak Sambodo.

Sambodo pun tak terima dan lantas menunjukkan kemarahannya ketika orator perempuan yang berada di atas mobil komando mencoba menyanggahnya. Hingga berita ini ditulis, polisi telah membubarkan massa aksi.

Tag : pemuda pancasila, pemuda pancasila demo, junimart girsang, aksi demo

Berita Terkait