Profil Zinidin Zidan (Foto: Instagram/@zin_zidann111)

Profil dan Biodata Zinidin Zidan, Penyanyi yang Dihujat karena Hina Andika Kangen Band

Juni | Biografi | 25-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Zinidin Zidan adalah seorang penyanyi muda yang tengah digandrungi karena mengcover lagu ‘Buih Jadi Permadani’ bersama Nabila Maharani dan Tri suaka. Tak sedikit dari penikmat musik yang menikmati lagu-lagu yang di cover olehnya.

Namun akhir-akhir ini, Zinidin Zidan justru menuai berbagai hujatan dari para netizen setelah membuat video dengan memparodikan cara bernyanyi Andika Kangen Band. Dalam unggahan video yang beredar, Zidan tidak sendiri. Ia tampak bersama Tri Suaka yang terlihat seolah meledek dengan menirukan mimik wajah dan gestur sang vokalis saat manggung.

Dalam video viral tersebut, terlihat mereka menyanyikan lagu milik Kangen Band yang berjudul ‘Penantian yang Tertunda’. Sambil memainkan gitar, Tri Suaka menyanyi dan sesekali tersenyum. Sementara Zidan yang duduk di belakang terlihat sempat tertawa setelah Tri Suaka menyanyi kemudian tampak langsung menutup mulutnya. Akibatnya, mereka dibanjiri hujatan oleh warganet.

Akan tetapi, mungkin banyak yang belum mengetahui siapa sosok Zidan ini. Berikut adalah profil dan biodata lengkap dengan agama Zinidin Zidan yang dikutip dari berbagai sumber.

Profil Zinidin Zidan

Zinidin Zidan merupakan seorang pria berumur 23 tahun kelahiran Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Sebelumnya, Zidan hanya beraktivitas sebagai seorang mahasiswa dan penjaga warung milik keluarganya. Dalam waktu senggangnya, pria yang mengenyam pendidikan di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah ini mengunggah video bernyanyi ke akun TikToknya. Hingga akhirnya, dirinya bertemu dengan Tri Suaka dan Nabila Maharani.

Bersama dengan Tri Suaka dan Nabila Maharani kemudian Zidan berkolaboasi hingga beberapa kali menjadi trending YouTube berkat suaranya yang merdu. Nama mereka pun mulai dikenal karena cover lagunya di TikTok yang sering FYP. Alhasil, covernya bersama Nabila Maharani menyanyikan ‘Buih Jadi Permadani’ tembus hingga 24 juta viewers.

Biodata Zinidin Zidan

Nama lengkap                   : Zinidin Zidan

Nama panggung               : Zinidin Zidan

Nama panggilan                : Zidan

Tempat, Tanggal lahir        : Sulawesi Tengah, 1 Januari 1999

Kewarganegaraan            : Indonesia

Umur                                  : 23 tahun

Zodiak                                : Capricorn

Agama                                : Islam

Asal                                     : Kabupaten Parigi Moutoung, Maluku

Pendidikan                          : Universitas Tadulako

Hobi                                     : Bernyanyi

Profesi                                  : Musisi, Penyanyi, Content creator

Terkenal sejak                      : FYP Tiktok

Instagram                             : @zin_zidan111

TikTok                                   : @kopi_panas111

YouTube                               : Zinidin Zidan, Zidan Official

Karir Zinidin Zidan

Zinidin Zidan mengawali karirnya sebagai penyanyi cover. Ia kerap membawakan berbagai lagu karya musisi Indonesia lalu kemudian diunggah di akun YouTube dan TikTok miliknya. Tak jarang ia juga bernyanyi di cafe-cafe yang ada di Yogyakarta. Ia mulai dikenal pasca viralnya salah satu video mereka saat mengcover lagu berjudul ‘Buih Jadi Permadani’ yang diunggah ke TikTok dan tembus hingga 24 juta viewers.

Banyak lagu yang dicover oleh pria kelahiran 1999 tersebut yang menjadi viral. Pria yang sedang menempuh pendidikannya sebagai calon Guru tersebut kini ingin fokus mengelola channelnya sendiri yang sudah monetize.

Zidan juga diketahui sudah sering diundang ke acara TV, bahkan kemarin sempat diundang oleh Anang Hermansyah. Pada 2021, ia berhasil merilis single pertamanya yang berjudul ‘Sia-Sia Berjuang’ yang ia nyanyikan bersama Tri Suaka.

Fakta Menarik Zinidin Zidan

  • Tidak banyak diketahui, sebelum Zinidin Zidan terkenal, ia merupakan seorang penjaga warung yang tidak lain adalah warung milik ibunya sendiri yang berada di Palu, Sulawesi Tengah.
  • Zidan telah memiliki akun YouTube sejak 2018 lalu saat dirinya masih kuliah dan hanya digunakannya untuk mengirim tugas kuliah.
  • Terkenal berkat salah satu cover lagunya yang viral di aplikasi TikTok dan mulai meniti karirnya sebagai penyanyi di Yogyakarta.
  • Mempunyai ciri khas gaya rambut gondrong yang diikat ke belakang.
  • Sering berkolaborasi dengan musisi Yogyakarta seperti Tri Suaka dan Nabila Maharani.
  • Beberapa kali membuat video bersama ayahnya yang ternyata juga bersuara emas.
  • Pria ini ternyata adalah calon guru karena merupakan mahasiswa FKIP sebelum meniti karir di Yogyakarta.

Diketahui kini, subscriber YouTube Zidan turun drastis akibat memparodikan gaya menyanyi Andika Kangen Band. Kanal YouTube yang semula memiliki subscriber 5 juta, kini hanya tersisa 1 juta. Grade YouTube Zidan Official juga turun dari A menjadi B dalam hitungan kurang dari satu bulan. Ditambah lagi, total tayangan konten Zidan turun dari semula 42 juta menjadi 2 juta view saja.

Sanksi sosial ini berlaku dan berimbas pada YouTube Zidan, walaupun dirinya sudah membuat video permintaan maaf kepada Andika Kangen Band melalui akun Instagram miliknya.

Itulah ulasan tentang profil dan biodata Zinidin Zidan penyanyi cover yang sedang viral dan ramai diperbincangkan.

Tag : #zinidin zidan    #tiktokers    #biografi    #penyanyi    #cover lagu    #youtuber   

Baca Juga