Ribuan Jemaat Membludak di Misa Malam Natal Gereja Katedral Jakarta

Suasana misa malam natal di Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat pada Sabtu (24/12/2022) (Foto: Parboaboa/Sarah)

PARBOABOA, Jakarta – Ribuan jemaat Katolik membludak hingga memadati di keluar Gereja Katedral Jakarta dalam perayaan misa malam menyambut Natal, Sabtu (25/12/2022).

Pantauan Parboaboa, pukul 19.00 WIB, setiap jemaat yang mau masuk ke dalam gereja harus menunjukkan kartu identitas dan melewati pintu metal detector di setiap pintu masuk Katedral.

Sesuai dengan imbauan gereja, para jemaat dilarang membawa tas ransel bermuatan besar untuk mempermudah pengecekan petugas keamanan. Acara menyambut Natal digelar dalam tiga sesi secara daring dan luring, yaitu misa pertama pukul 16.30 WIB, dilanjutkan pukul 19.00 WIB dan misa ketiga pukul 21.30 WIB.

Informasi dari pihak gereja, kapasitas gereja untuk ibadat misa Natal sebanyak 730 kursi atau 100 persen dari kapasitas total Gereja Katedral. Ditambah dengan area luar yaitu Plaza Maria dan Gua Maria 530 kursi, Plaza Sumpah Pemuda 50 kursi, Ruang Tadeus 70 kursi, Halaman Aula 300 kursi, depan Gereja 500 kursi, totalnya sebanyak 2.180 kursi. 

Untuk mengikuti acara malam Natal ini pun sangat ketat, umat harus dalam keadaan sehat dan sudah terdaftar dalam website Belarasa yang disediakan oleh Keuskupan Agung Jakarta.

Anne (26), jemaat Katedral Jakarta mengatakan, sangat kagum dengan semua pihak yang berpartisipasi dalam keamanan dan kelancaran ibadah malam ini. Dia merasa aman dengan sistem yang diterapkan tersebut. 

“Seneng ya, acaranya lancar dari awal sampai akhir. Lebih ke bersyukur sih, tahun ini bisa ikut malam natal tatap muka, gak kayak tahun lalu. Apalagi, pengamanannya ketat banget. Keren sih tahun ini,” katanya kepada Parboaboa.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI, Yudo Margono juga sempat menghadiri Misa Natal Gereja Katedral Jakarta. Di depan altar, mereka satu persatu menyampaikan ucapan selamat Natal.

Rombongan TNI-Polri itu datang sekitar pukul 20.25 WIB ketika jemaat menjalani misa malam Natal. Kehadirannya diwarnai tepuk tangan dan iringan lagu “We Wish You a Merry Christmas” yang dinyanyikan seluruh umat.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku Kapolri bersama Panglima TNI mengucapkan selamat Natal 2022 kepada seluruh saudara-saudara yang terkasih,” ucap Kapolri.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS