Polisi sedang meninjau lokasi longsor tambang pasir di Agam, Sumbar pada Minggu (5/9/2021).

Seorang Penambang Tewas Usai Tertimpa Reruntuhan Longsor Tambang Pasir di Agam Sumbar

maraden | Daerah | 06-09-2021

PARBOABOA, Agam Ė Peristiwa longsor yangmenelan korban jiwa terjadi di sebuah tambang pasir di Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Longsor tersebut mengakibatkan korban jiwa seorang warga yang dilaporkan tewas tertimbun material longsor.

Peristiwa longsor itu terjadi pada Sabtu (4/9/2021) sekira pukul 14.30 WIB. Longsor terjadi diduga karena tebing bukit yang tidak kuat menahan beban sehingga mengakibatkan longsor dan menimpa korban.

"Longsor terjadi pada hari Sabtu sekitar pukul 14.30 WIB," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Agam, AKP Fahrel Haris yang dihubungi, Minggu (5/9/2021).

AKP Fahrel† menambahkan, setelah korban ditemukan, warga berupaya menolong dengan membawanya ke Puskesmas. Namun naas, nyawa korban tidak dapat tertolong dan kemudian dinyatakan meninggal dunia di Puskesmas.

"Setelah longsor, tidak berapa lama kemudian ditemukan korban yang tertimpa material longsor," kata Fahrel.

Informasi yang didapat, warga yang tertimbun tersebut adalah buruh galian tanah tebing berinisial AR (50).

Selain korban jiwa, satu unit mobil Colt Diesel yang biasa digunakan untuk membawa pasir juga tertimbun reruntuhan material longsor.

Fahrel mengatakan tambang itu adalah milik rakyat yang sudah sejak lama digunakan masyarakat.

Warga melakukan penambangan dilokasi tersebut dengan tanpa menggunakan alat berat, tetapi hanya berupa alat seadanya seperti linggis, cangkul dan sekop.

"Lokasi longsor itu merupakan tambang rakyat yang sudah lama beroperasi. Penambangannya dilakukan tanpa alat berat," pungkas Fahrel.

Tag : #bencana-alam   

Baca Juga