Ilustrasi penggunaan HP saat tidur

Sering Bawa Hp Saat Tidur, Ini Dampak Buruknya

Dimas | Kesehatan | 11-03-2022

PARBOABOA – Saat ini manusia di berbagai kalangan hampir tidak bisa terlepas dari penggunaan ponsel atau sering disebut HP. Memang di era digitalisasi saat ini, setiap orang tak bisa lepas dari ponsel mereka dikarenakan hampir semua aktivitas dilakukan secara daring dari ponsel.

Sosial media, aplikasi belanja online, game hingga bekerja dapat dilakukan melalui ponsel pintar yang membuat orang sulit untuk jauh dari ponsel mereka. Bahkan, di saat sekarang ini banyak orang yang membawa ponselnya saat akan tidur.

Namun, banyak yang tidak menyadari banyak dampak buruk yang terjadi jika meletakkan atau membawa Hp didekat tubuh saat akan tidur. Karena ponsel akan mengeluarkan radiasi yang berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh dan masih banyak dampak buruk lainnya.

Adapun beberapa dampak buruk membawa ponsel saat hendak tidur,yakni:

1. Menyebabkan Gangguan Otak

Membawa Hp saat tidur dapat mengganggu otak yang di akibatkan oleh paparan radiasi. Seorang ilmuwan kesehatan juga mengatakan, jika terus menerus hal itu dilakukan, sel-sel pada otak akan mengalami kerusakan dan meningkatkan risiko terkena penyakit.

Gangguan kesehatan berupa kanker atau tumor juga dapat muncul, akibat sel-sel otak yang sudah rusak menyebabkan penurusan fungsi otak yang di ketahui sebagai pusat penegndalian seluruh organ tubuh.

2. Menyebabkan Insomnia

Saat ponsel di letakkan di sebelah tubuh saat hendak tidur, ponsel akan mengeluarkan cahaya biru yang dapat menghambat prosuksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai pengatur tidur.

Hal itu kemudian berdampak pada sulit untuk tidur dan tersugesti untuk memainkan ponsel secara terus menerus. Dan lambat laun akan mengubah kebiasaan menjadi sulit tidur.

3. Menyebabkan Kebakaran

Membawa HP saat tidur dapat menyebabkan kebakaran, hal ini terjadi apabila saat tidur ponsel sedang dalam keadaan mengisi daya dan lupa mencabutnya sampai ketiduran.

Akibatnya, suhu ponsel akan meningkat dan bisa terdjadi ledakan bahkan kebakaran.

Banyak hal-hal buruk lainnya yang terjadi jika membawa ponsel saat hendak tidur.

Agar terhindar dari bahaya- bahaya tersebut, bebrapa tindakan dapat dilakukan, yakni:

- Simpan ponsel di tempat yang cukup jauh dari area tidur

- Mulai mengurangi penggunaan ponsel

- Usahakan untuk tidak menggunakan ponsel minimal 1 jam sebelum tidur

- Kendalikan diri agar tidak terlalu ketergantungan terhadap HP.

Tag : #ponsel    #sosial media    #aplikasi    #otak    #insomnia    #kebakaran    #kesehatan   

Baca Juga