Sholat Istikharah Lengkap: Tata Cara, Waktu Terbaik, dan Tanda Jawaban dari Allah SWT

Ratni Dewi Sawitri | Islam | 23-12-2022

Ilustrasi Sholat Istikharah. (Foto:Wajibbaca.com)

PARBOABOA, Pematang Siantar - Sholat istikharah merupakan salah satu ibadah yang disunahkan bagi setiap Muslim, ketika dihadapkan pada sebuah pilihan. Dengan harapan, setelah melaksanakan sholat istikharah seseorang akan mendapat petunjuk dari Allah SWT dan diberikan pilihan terbaik.

Waktu Terbaik Sholat Istikharah

Sholat istikharah bisa dikerjakan di waktu kapanpun baik siang maupun malam, selain waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat. Waktu yang dilarang untuk sholat sunnah itu adalah selepas sholat Subuh sampai matahari meninggi dan sesudah sholat Ashar sampai matahari tenggelam.

Berdasarkan sebuah Hadits Shahih dari Abu Said Al Khudri RA, bahwa ia mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda,” Tidak ada sholat sesudah sholat Subuh sampai matahari meninggi, dan tidak ada sholat sesudah sholat Ashar sampai matahari tenggelam”(HR.Bukhari dan Muslim).

Waktu terbaik untuk mengerjakan sholat Istikharah adalah di waktu malam hari atau sekurang – kurangnya setelah mengerjakan sholat wajib Isya, hingga sebelum masuk waktu sholat wajib Shubuh.

Berdasarkan Hadits Shahi, Riwayat Imam Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,” Di setiap malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terkahir. Dan Allah SWT berkata,” Adakah hambaku yang meminta sehingga pasti akan Aku berikan apa yang ia pinta. Adakah hambaku yang berdoa hingga pasti Aku akan kabulkan doanya. Adakah hambaku yang memohon ampunan (beristighfar) sehingga aku akan ampuni dosanya.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Tata Cara Sholat Istikharah

Secara teknis, sholat istikharah dilakukan sebanyak dua rakaat dengan niat sebagai berikut:

صلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Artinya : “Aku berniat sholat istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala.

Pada rakaat pertama, setelah membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Kafirun. Dan pada rakaat kedua usai membaca Al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas.

Tanda Jawaban Sholat Istikharah

Seperti dijelaskan oleh Imam An-Nawawi rahimahullah,” Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasakan baik untuknya. Di samping itu, hendaknya ia benar – benar bebas dari kehendak pribadi. Jadi, jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum mengerjakan sholat istikharah. Karena jika demikian, sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah.”

Setelah melaksanakan sholat istikharah hendaknya mengambil pilihan yang dirasa paling pantas di hati. Bila masih ragu, dapat kembali mengerjakan sholat istikharah atau mengulanginya dua atau tiga kali, hingga di dalam hati mulai timbul perasaan yang tenang dan yakin terhadap salah satu pilihan yang ada. Pertanda yang muncul bisa juga seperti isyarat dan simbol – simbol tertentu yang tidak biasa terjadi terkait pilihan tersebut.

Tag : #pendidikan islam    #sholat istikharah    #pendidikan    #niat sholat istikharah    #tata cara sholat istikharah   

Baca Juga